5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pelajar. Siapa bilang berinvestasi hanya bisa dilakukan orang dewasa yang telah memiliki pekerjaan tetap dan bergaji tinggi? Untuk kamu yang berstatus pelajar juga bisa kok, Sobat Phi. Nah, berikut ini PhiRadio merekomendasikan lima instrumen investasi yang cocok untuk pemula dilansir dari cekaja.com. Tinggal cocokkan saja dengan karakter dan kondisi finansial kamu. Baca sampai beres, ya!



5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pelajar

  1. Reksa Dana

Tidak hanya bagus untuk pemula atau mahasiswa, instrumen investasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar dan mengetahui dunia saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya. Reksa dana sendiri merupakan sebuah kegiatan pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa harus pusing akan instrumen-instrumen yang tersedia di pasar. Reksa dana juga termasuk investasi yang tidak membutuhkan banyak modal, lho.

  1. Emas

Investasi emas juga disebut-sebut sangat cocok bagi para investor pemula seperti mahasiswa atau pelajar. Karena emas merupakan instrumen investasi yang memiliki risiko tergerus inflasi yang rendah. Bahkan, emas juga merupakan produk investasi yang bersifat likuid, sehingga sangat mudah untuk diperjualbelikan.



  1. Deposito

Selanjutnya deposito. Selain aman, instrumen investasi ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Deposito kini merupakan sebuah produk simpanan di bank. Di mana penyetoran dan juga penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Instrumen investasi deposito juga bisa dicairkan umumnya berkisar antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun, sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan di awal.

  1. P2P Lending

Sobat Phi sudah pernah dengar investasi Peer to Peer Lending atau P2P? Instrumen investasi ini bisa menjadi populer karena P2P lending merupakan salah satu investasi yang terbilang bermodal ringan, yakni mulai dari Rp100 ribu saja. Sistem dari investasi ini adalah, di mana pemilik investasi akan bertindak sebagai pihak yang meminjamkan modal kepada pihak lain, salah satunya kepada pemilik usaha UKM (Usaha Kecil Menengah) melalui sebuah platform.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah keuntungan berupa bunga, bahkan hingga 20% yang merupakan hasil investasi. Namun, kegiatan peminjaman melalui P2P lending biasanya tidak menggunakan jaminan, sehingga bisa memiliki risiko yang cukup besar. Sehingga, di sini kamu sangat disarankan untuk memilih perusahaan yang benar-benar tepat.

  1. Trading Saham

Investasi yang cocok bagi pemula lainnya adalah investasi trading saham. Pengertian dari trading saham sendiri adalah investasi yang hanya memperjualbelikan lembar saham, yang harganya bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dengan kondisi pasar dan perusahaan tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa jenis investasi ini sangat berisiko, dan berbahaya, namun risiko yang timbul umumnya dipengaruhi oleh tingkat pengembalian yang tinggi.



5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pelajar

Nah, kalau sudah tahu jenis investasi yang cocok untuk pelajar dan pemula, kira-kira mana yang membuatmu tertarik? Apapun pilihanmu, pastikan untuk mendiskusikannya dengan yang sudah berpengalaman terlebih dahulu, ya.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Tentang MSG
Tentang MSG

Download Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SD
Download Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SD

Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 4 Agustus 2020
Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 4 Agustus 2020

Close