2022 Masih Bau Badan? Hempaskan Bau Badan dengan 9 Bahan Alami, Simak Penjelasannya. Bau ketiak atau bau badan yang menyengat tentu sangat mengganggu penampilan. Bau tak sedap pada ketiak juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena bisa mengganggu kenyamanan.

Bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan dipicu juga oleh keaktifan kelenjar apokrin yang bertanggung jawab memunculkan bau badan.

2022 Masih Bau Badan? Hempaskan Bau Badan dengan 9 Bahan Alami, Simak Penjelasannya

Saat ini ada banyak jenis produk anti bau ketiak, seperti deodorant maupun antiperspirant, yang dijual di pasaran tetapi kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia. Selain dapat merusak pakaian, tidak sedikit produk-produk ini memberikan dampak pada tubuh, mulai dari kulit ketiak yang menghitam hingga munculnya ruam.

Namun, tak perlu khawatir karena ada bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Selain menghilangkan bau ketiak, bahan-bahan alami ini juga memiliki sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Penyebab Bau Badan

Bau badan terjadi ketika bakteri pada kulit Anda bersentuhan dengan keringat. Kulit kita secara alami ditutupi dengan bakteri.  Saat kita berkeringat, air, garam, dan lemak bercampur dengan bakteri ini dan dapat menyebabkan bau. 

Baca Juga :  Makanan Untuk Penyakit Jantung dan Stroke Untuk Pria

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bau badan adalah:

  • Melakukan kegiatan atau latihan.
  • Stres atau kecemasan.
  • Cuaca panas.
  • Kelebihan berat badan.
  • Faktor Genetika.
  • Cuaca hangat atau panas
  • Kelebihan berat badan.
  • Perubahan hormon.
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, penyakit hati atau penyakit ginjal.
  • Beberapa obat seperti antidepresan.

Jika Anda menginginkan pendekatan yang lebih alami untuk mengobati bau badan ketiak, mungkin ada pilihan yang berhasil.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Berikut adalah bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau badan:

  1. Soda kue 

Buat pasta menggunakan soda kue dan air. Oleskan pasta ke ketiak Anda dan biarkan mengering. Soda kue menyeimbangkan asam pada kulit Anda dan mengurangi bau.

  1. Teh hijau

Masukkan kantong teh hijau ke dalam air hangat. Tempatkan kantong teh basah di bawah ketiak Anda selama beberapa menit sehari. Teh hijau dapat membantu menyumbat pori-pori dan mengurangi keringat.

  1. Cuka sari apel 

Campurkan cuka sari apel dengan sedikit air dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke ketiak Anda. Asam dalam cuka membantu membunuh bakteri.

  1. Jus lemon 
Baca Juga :  Patokan Normal Kadar Gula Darah Pria Usia 50 Tahun

Campur jus lemon dan air dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut di bawah lengan Anda. Asam sitrat dalam jus lemon membunuh bakteri.

  1. Rock salt

Rock salt atau garam bertekstur kasar bisa digunakan untuk mengatasi bau keringat. Garam ini bisa membunuh bakteri dan membersihkan area ketiak lebih sempurna daripada sabun biasa.

Caranya, masukkan rock salt ke dalam seember air hangat, aduk rata sampai larut, dan gunakan air rendaman tersebut untuk mandi. Lalu, gosok area ketiak lebih lama dibanding area lainnya.

  1. Tomat

Air perasan tomat atau jus tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau keringat. Tomat mengandung antiseptik alami yang dapat melawan bakteri penyebab bau ketiak.

Caranya, campurkan jus tomat dengan perasan lemon dan oleskan pada kulit ketiak. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Mengoles lidah buaya

Lidah buaya kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

Baca Juga :  Puasa Bisa Mengurangi Penyakit Asam Lambung, Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Mengaplikasikan lidah buaya secara topikal dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak. Untuk menggunakannya, aplikasikan gel lidah buaya ke ketiak. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

  1. Mengaplikasikan kentang

Kentang juga dapat membantu mengontrol keringat dan membunuh bakteri di ketiak dengan menurunkan pH kulit. Untuk menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak, potong kentang menjadi beberapa potongan tipis.

  1. Daun sirih

Untuk menggunakannya yaitu mandi dengan rebusan air daun sirih.

Selain dari bahan-bahan alami, kita juga harus menjaga kebersihan diri kita ya dengan cara mandi yang rutin agar badan kita selalu bersih.

2022 Masih Bau Badan? Hempaskan Bau Badan dengan 9 Bahan Alami, Simak Penjelasannya

Sumber: 

https://lifestyle.kompas.com

https://www.viva.co.id/amp