10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, menurut situs BanklessTimes melakukan penelitian untuk melihat deretan ponsel yang memiliki radiasi tinggi.

Ada 10 ponsel yang dimasukkan ke daftar ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar ponsel tersebut berisi merek seperti Google, Sony, OPPO, ZTE, OnePlus, dan Motorola.

10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi

Dilansir dari Gizchina, Senin (11/4/2022), hasil penelitian analis BanklessTimes memuat daftar smartphone yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menghitung nilai tingkat gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF) yang terserap ke dalam tubuh manusia.

Berikut ini adalah daftar selengkapnya:

  1. Motorola Edge: 1,79 W/Kg
  2. ZTE Axon 11 5G: 1,59 W/Kg
  3. OnePlus 6T: 1,55 W/Kg
  4. Sony Xperia XA2 Plus: 1,41 W/Kg
  5. Google Pixel 3XL: 1,39 W/Kg
  6. Google Pixel 4a: 1,37 W/Kg
  7. Oppo Reno5 5G: 1,37 W/Kg
  8. Sony Xperia XZ1 Compact: 1,36 W/Kg
  9. Google Pixel 3: 1,33 W/Kg
  10. OnePlus 6: 1,33 W/Kg
Baca Juga :  SIM KELILING Yogyakarta Kamis 29 Desember 2022

Jumlah RF-EMF yang terserap ke dalam badan manusia disebut rasio penyerapan spesifik (specific absorbtion ratio/SAR). Nilai dari SAR dihitung dengan satuan Watt per Kilogram (W/Kg).

Aturan yang menetapkan nilai aman untuk SAR berbeda-beda. Misalnya, di Amerika Serikat, nilai aman SAR yang ditetapkan oleh Komisi Federal Komunikasi berada di angka 1,6 W/Kg.

Sementara menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Hasil penelitian yang dilakukan, Motorola mencatatkan ponsel Motorola Edge sebagai ponsel dengan radiasi tertinggi dengan nilai SAR 1,79 W/Kg, diikuti dengan ZTE dengan ZTE Axon 11 5G dengan skor SAR 1,59 W/Kg.

Baca Juga :  Soal PAT SOAL Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP MTS Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban UKK 2022

OnePlus 6T berada di urutan ketiga sebagai ponsel dengan radiasi tinggi. Skornya yakni 1,55 W/Kg.

Radiasi pada ponsel sering dikaitkan menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) juga mengakui bahwa ponsel dapat memancarkan radiasi dari gelombang medan elektromagnetik (Radiofrequency Electromagnetic Fields/RF-EMF).

Kendati demikian, CDC juga belum bisa membuktikan bahwa radiasi gelombang RF-EMF mampu mempengaruhi kesehatan manusia. “Saat ini kami tidak memiliki bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa penggunaan ponsel dapat mempengaruhi kesehatan manusia,” ujar Pusat Pencegahan dan Pengendalian Wabah (Center for Disease Control and Prevention/CDC) dalam halaman resminya.

Referensi:

  • https://www.cdc.gov
  • https://www.gizchina.com
  • https://tekno.kompas.com
  • https://techno.okezone.com

Live Streaming