Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Akses www.prakerja.go.id. Simak tata cara daftar Kartu Prakerja gelombang 12 pada 2021, akses di laman resmi www.prakerja.go.id. Di tahun 2021, pemerintah resmi melanjutkan program Kartu Prakerja gelombang 12. Namun sampai saat ini, belum diketahui secara persis kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Akses www.prakerja.go.id

Pendaftaran program tersebut dibuka kembali lantaran tingginya minat masyarakat. Seperti diketahui, program tersebut dihadirkan pemerintah untuk membantu para masyarakat yang kehilangan pekerjaan lantaran terdampak pandemi Covid-19.





Nantinya para masyarakat yang mendaftar akan mendapat sejumlah insentif dapat dapat digunakan untuk mengakses pelatihan.

Selain laman www.prakerja.go.id, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tak bisa dilakukan. Sebab, jika melakukan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 di luar laman www.prakerja.go.id, dikhawatirkan dapat mencuri data pribadi calon peserta.

Kabar dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 ini langsung dibantah pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja.

“Satu minggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 Program Kartu Prakerja telah dibuka.” “Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi.”

“Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar,” ujar Head Of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/1/2021).

Laman itu menyebutkan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 bisa dilakukan melalui http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12. INI HOAKS!!.

Baca Juga : Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan segera dibuka.

Bila lolos, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000,00 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000,00 untuk tiga kali.

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 triliun untuk program tersebut. Namun di sisi lain, terdapat pengecualian bagi masyarakat yang sudah mendaftar di tahun 2020 untuk tidak dapat kembali mendaftar di tahun 2021.

Lantas seperti apa cara pendaftarannya?

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 www.prakerja.go.id

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Langkah-langkah Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 www.prakerja.go.id

  • Langkah awal yakni membuat akun Prakerja
  • Login ke laman www.prakerja.go.id kemudian klik kolom ‘Daftar Sekarang’.
  • Masukkan data diri, masukkan nama lengkap, e-mail, dan password.
  • Kemudian cek e-mail akan ada notifikasi, mengarahkan untuk proses selanjutnya yakni verifikasi.
  • Setelah verifikasi akun telah berhasil, lanjut ke proses pendaftaran.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12 www.prakerja.go.id

  1. Login ke laman www.prakerja.go.id.
  2. Masukkan e-mail dan password yang digunakan untuk mendaftar.
  3. Lantas masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik ‘Berikutnya’.
  4. Tuliskan data diri lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kerja, dan unggah swafoto dengan memegang KTP.




Tes Kartu Prakerja Gelombang 12 www.prakerja.go.id

Para pendaftar akan melalui proses tes ini, untuk menggali potensi serta kompetensi. Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, tes berisi 18 soal yang harus dikerjakan dalam waktu maksimal 25 menit.

Soal yang diujikan berupa soal matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Setelah isi tes, hasil tes akan dievaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.

Kemudian, peserta akan menerima notifikasi hasil tes lolos/gagal.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 di www.prakerja.go.id

DAFTAR PRAKERJA

Yang patut diketahui, karena Kartu Prakerja gelombang 12 adalah program pemerintah, maka alamat situsnya selalu berakhiran dengan .go.id (dotgodotid).

Jika tidak berakhiran .go.id, maka sudah dipastikan itu palsu. Akun @prakerja.go.id juga mengimbau agar para peserta tidak memberikan data pribadi seperti NIK, nomor KK, nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.





Terkait pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12 akan diumumkan melalui media sosial resmi serta media massa.

Berikut imbauan dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id:

“Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan, lho!

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id (mohon perhatikan situs diakhiri dengan go.id)

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!

Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja.

Website: www.prakerja.go.id​

Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id​

Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id.”

PMO Bersiap Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, Manajemen Pelaksana Program (PMO) tengah bersiap-siap membuka gelombang ke-12 pendaftaran program Kartu Prakerja.

“Betul sekali, program Kartu Prakerja akan berlanjut di 2021 dengan pembukaan gelombang 12,” kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).

Namun pembukaan pendaftaran belum bisa diumumkan lebih lanjut.

Louisa menyebut, saat ini manajemen tengah membahas hal tersebut.

Ia berjanji akan segera mengumumkan jadwal bila keputusan dari manajemen telah terbit.

“Jadwal pendaftaran dan mekanisme program akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja.”

“Begitu ada keputusan, akan segera kami sampaikan,” sebutnya.

Bila merujuk jadwal pendaftaran program Kartu Prakerja pada 2020, biasanya pendaftaran Kartu Prakerja dibuka pada hari Kamis. Pendaftaran program Kartu Prakerja biasanya berlangsung selama lima hari hinga Senin.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Akses www.prakerja.go.id

Read previous post:
stimulus-pln
Cara Dapat Token Listrik Gratis Januari 2021

Close