Cara Mudah Membuat Tas Anyaman Dari Eceng Gondok. Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe.

Cara Mudah Membuat Tas Anyaman Dari Eceng Gondok

Bila kita jeli mencari peluang, maka tanaman eceng gondok sangat bermanfaat untuk memberikan sebagai bahan dasar kerajinan (handy craft). Seiring dengan perkembangan iptek, bagian tumbuhan eceng gondok setelah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas wanita yang cantik, kopor, sendal, keranjang (tempat pakaian bekas), tatakan gelas, tikar, nampan dan sebagainya. Malah belakangan ini banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel den furniture, sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.



Berikut salah satu contohnya :

Cara membuat tas anyaman dari eceng gondok – Eceng gondok atau enceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan mengapung dan memiliki nama latin (Eichhornia crassipes). Eceng gondok sendiri sering dianggap tanaman pengganggu atau liar yang dapat merusak lingkungan perairan. Tumbuhan ini hidup di kolam dangkal, danau, rawa, sungai, saluran air, dan tempat penampungan air. Eceng gondok memiliki tinggi sekitar 0,4 – 0,8 meter dengan daun tunggal dan berbentuk oval, permukaan daunnya berwarna hijau dan licin. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata eceng gondok dapat di olah menjadi sebuah kerajinan tas yang cantik dan memiliki daya jual yang tinggi. Berikut adalah cara membuat tas anyaman dari eceng gondok.



Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  1. Eceng gondok
  2. Benang
  3. Jarum
  4. Gunting
  5. pensil
  6. Kertas
  7. Cat minyak berwarna
  8. Kuas
  9. Aksesoris tambahan seperti kancing, mata, pita dan lain-lain

 

Cara membuat tas eceng gondok :

  1. Cari eceng gondok disekitaran sungai atau anda dapat mencarinya di pengepul eceng gondok.
  2. Cuci dan semprot eceng gondok sampai bersih hingga kotoran dan baunya hilang.
  3. Pisahkan eceng gondok dari tangkai dan daunnya dengan menggunakan gunting.
  4. Setelah anda melakukan pemilahan, jemur eceng gondok di bawah terik matahari.
  5. Mulai lah melakukan penganyaman.
  6. Tentukan pola atau desain tas yang akan dibuat dengan cara menggambarnya pada kertas maupun koran dengan menggunakan pensil. Untuk ukuran dan modelnya disesuaikan dengan selera anda masing-masing.
  7. Dari pola atau desain yang telah dibuat, gunting lah eceng gondok sesuai dengan pola lalu dijahit. Jangan lupa anda cat dengan cat minyak dan berikan aksesoris tambahannya untuk mempercantik tampilan.
  8. Tas cantik dari eceng gondok pun sudah jadi dan siap untuk dipakai sendiri maupun untuk dipasarkan.



Bagaimana? Cukup mudah sekali kan cara membuat tas anyaman berbahan eceng gondok, anda pun dapat membuat kerajinan tas anyaman dari eceng gondok sendiri dirumah. Sekian ulasan kami mengenai cara membuat tas anyaman dari eceng gondok yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda semua yang ingin membuat tas anyaman dari eceng gondok.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Upah dan Produktivitas Kerja Jangan di Abaikan oleh Pengusaha
Upah dan Produktivitas Kerja Jangan di Abaikan oleh Pengusaha

Cara-Menggunakan-Google-Cendekia,-Aplikasi-Google-untuk-Pelajar-dan-Mahasiswa
Cara Menggunakan Google Cendekia, Aplikasi Google untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 17 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 17 Mei 2020

Close