Video Fenomena Alam di atas Gunung Arjuno 13 Desember 2021, Muncul Kilat dan Langit Merah. Cuaca cerah Malang Raya hari ini membuat penampakan langit merah di Malang Jatim disertai kilatan terlihat jelas mulai petang hari.

Video fenomena langit memerah dan kepulan asap disertai kilat menyambar-nyambar diduga di atas pegunungan Welirang-Arjuno viral di medsos. Warga mengaku khawatir dan was-was.

Baca Yuk :

Video Fenomena Alam di atas Gunung Arjuno 13 Desember 2021, Muncul Kilat dan Langit Merah

Dikutip dari detik.com, “Kilatan dengan awan berwarna merah terlihat jelas, kalau dilihat arahnya di bawah Gunung Arjuno,” kata M Irfak (45), warga Junrejo, Kota Batu, Senin (13/12/2021).

Irfak menduga penampakan terjadi di sekitaran Gunung Arjuno. Namun, dari banyak informasi yang diterima, Penampakan berada di atas Gunung Welirang.

“Kata orang-orang banyak yang menduga di atas Gunung Welirang, kalau melihat posisinya,” ujarnya.

Fenomena tak biasa tersebut juga ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak dari warganet khawatir dan berharap fenomena itu tidak disusul bencana alam.

Muncul Kilat dan Langit Merah di Sekitar Gunung Arjuno, Ini Penjelasan BMKG

Sebuah foto dan video menampilkan kondisi Gunung Arjuno pada malam hari viral di media sosial. Foto dan video tersebut menampilkan kilat dan langit merah yang menyelimuti Gunung Arjuno.

Mendengar isu tersebut, Kepala Stasiun Klimatologi, BMKG Malang, Anung Suprayitno menjelaskan, kilat yang terlihat di sekitar Gunung Arjuno merupakan fenomena kemunculan awan cumulonimbus (CB). Awan ini salah satunya bisa menimbulkan guntur atau petir. Jika jaraknya dekat, maka akan terdengar gelegar dan tampak pula kilatnya.”Jika jaraknya cukup jauh, maka yang sampai ke kita hanya kilatnya saja,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (13/12) malam.

Sementara itu, BMKG Juanda merilis fenomena awan yang terlihat berwarna merah merupakan hal yang biasa terjadi. Hal tersebut merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer.

Warna kemerahan pada awan dan langit di sekitarnya dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer. Fenomena ini menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan. Semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai.

Fenomena langit kemerahan biasanya terjadi pada sore menjelang malam hari. Pada sore menjelang malam, BMKG Juanda memantau banyak pertumbuhan awan cumulonimbus di sekitar Gunung Arjuno. Awan cumulonimbus termasuk satu-satunya jenis awan yang dapat menghasilkan petir. Sambaran kilat dari awan ini menambah cahaya kemerahan dari langit tersebut.

Video Fenomena Alam di atas Gunung Arjuno 13 Desember 2021, Muncul Kilat dan Langit Merah

Berikut video Fenomena Langit Membara Diduga di Atas Gunung Arjuno

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now