Sobat Phi sudah siapkah kamu untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi? Sekarang ini pasti kamu lagi semangat-semangatnya belajar. Sambil belajar simak info tentang jalur UTBK SBMPTN 2020 yuk Sobat Phi.

UTBK SBMPTN 2020

UTBK SBMPTN 2020 Menjadi Syarat Utama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Jalur masuk perguruan tinggi sebenarnya beragam Sobat Phi, salah satunya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).



SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui tes tertulis sebagai syarat masuk universitas pilihan Sobat Phi.

Sebelum tahun 2019 SBMPTN dilaksanakan untuk menguji sekaligus menyeleksi masuk siswa-siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang layak masuk universitas pilihannya sesuai kriteria masing-masing. Namun sistem pelaksanaan semenjak 2019 mulai berubah.

SBMPTN 2020 hanya digunakan untuk mendaftar universitas pilihan pelamar saja, sesuai dengan hasil nilai kemampuan yang diujikan. Nilai ini berasal dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk PeguruanTinggi (LTMPT). Sehingga nilai UTBK menjadi syarat utama bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN.

Ketentuan UTBK 2020 hanya bisa diikuti satu kali saja dengan ketentuan mengerjakan soal UTBK kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran (Saintek dan Soshum). Berbeda dengan UTBK di tahun 2019 dimana kamu mempunyai kesempatan 2 kali untuk mengikuti UTBK ini.

Jadi sebelum mendaftar SBMPTN 2020, pastikan bahwa Sobat Phi sudah terlebih dahulu mengikuti UTBK 2020.

 Jenis Tes (UTBK) Ujian Tulis Berbasis Komputer

Kalau sudah bicara soal tes ujian, biasanya kita dihadapkan pada rasa gugup karena khawatir tidak maksimal ketika mengerjakan soal-soal yang diberikan. Sobat Phi tidak perlu khawatir, informasi ini bisa menjadi acuan bagi kamu supaya lebih mengenal jenis tes UTBK yang akan diujikan nantinya.

Pada dasarnya tes UTBK 2020 terdiri dari dua jenis tes yaitu :

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS) dan
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta.

Soal TPS akan menguji kemampuan secara kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum. Kemampuan ini juga meliputi

  • kemampuan penalaran umum,
  • kemampuan kuantitatif,
  • kemampuan dan pengetahuan umum, serta
  • kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara soal TKA akan mengukur pengetahuan dan keilmuan serta pemahaman kognitif tentang konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, sesuai bidang masing-masing yang diambil oleh peserta tes.

Peserta yang mengambil kelompok ujian Saintek akan mendapatkan materi ujian TPS dan TKA meliputi

  • Matematika Saintek,
  • Fisika,
  • Kimia dan
  • Biologi.

Jika kamu memilih kelompok ujian Sosial dan Humaniora akan mendapatkan materi ujian TPS dan TKA meliputi

  • Matematika Soshum,
  • Geografi,
  • Sejarah,
  • Sosiologi dan
  • Ekonomi.

Sementara peserta  yang memilih kelompok ujian campuran akan mendapatkan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum. *** (Prabowo Wisnu Dwiyono Asmoro)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Acara HUT ke 7 Forum OSIS Jawa Barat 2020
Acara HUT ke 7 Forum OSIS Jawa Barat 2020

Perangkat Dasar Radio FM
Perangkat Dasar Radio FM

Omnibus Law Di Berbagai Negara
Omnibus Law Di Berbagai Negara

Close