Trik Mencari Kerja di Luar Gelar karena Pandemi. Fresh Graduate Wajib Tahu. Apakah Sobat Phi merasa semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan? Memang, pandemi covid-19 memengaruhi macetnya roda beberapa industri. Sebagai orang yang baru lulus, kerja tidak sesuai jurusan di masa pandemi bisa jadi solusinya, lho!



Trik Mencari Kerja di Luar Gelar karena Pandemi

Hal ini bisa dilakukan, terutama bagi lulusan jurusan yang industrinya tengah kesulitan. Dengan mencoba melamar banyak lowongan di luar gelar, peluang kamu diterima kerja bisa menjadi lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa berkesempatan mendapat pekerjaan yang lebih aman krisis atau resesi. Lantas, bagaimana cara memulainya? Inilah deretan hal yang bisa kamu lakukan seperti yang sudah PhiRadio lansir dari situs Glints. Simak, yuk!

  1. Pilih Industri yang Tepat

Ketika ingin mencari kerja di luar gelar, perhatikan ke mana kamu ingin pindah. Melansir The Muse, kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan gaya kerjamu. Misalnya, kamu lebih suka berada di lapangan langsung. Pilih pekerjaan jurnalis atau pekerjaan lapangan lainnya. Jika kamu suka berada di kantor, kamu bisa memilih karier marketing atau IT.

  1. Lihat Skill yang Dibutuhkan

Kamu kebingungan memilih industri? Wajar kok jika mengubah haluan karier secara tiba-tiba bisa membuatmu hilang arah. Akan tetapi, ada trik yang bisa kamu lakukan. Melansir CBS, fokuslah pada skill yang kamu miliki, alih-alih memilih industri secara spesifik. Setelah itu, pilih pekerjaan berpeluang besar yang selaras dengan kemampuanmu. Lewat trik ini, memilih bidang kerja baru yang tidak sesuai jurusan kuliah di masa pandemi tentu lebih mudah.

  1. Manfaatkan Kelas Online

Kamu sudah memilih industri dan pekerjaan, namun merasa kemampuanmu belum cukup? Kelas atau bootcamp online adalah solusinya! Di masa kini, ada banyak sekali seminar dan pelatihan yang digelar secara daring. Kamu bisa belajar banyak dari sana.

  1. Bangun Portofolio

Segudang ilmu dari kelas online memang bisa memberimu teori. Akan tetapi, tetap saja, kamu harus memberikan bukti nyata bahwa kamu bisa. Coba mulai bangun portofoliomu, yuk! Ini bisa mengantarkanmu menuju bidang kerja baru yang tidak sesuai jurusan di masa pandemi. Misalnya, kamu ingin bidang kerja kepenulisan. Kamu bisa mulai berkarya sekarang. Terapkan ilmu dari kelas online dan mulai menulis sekarang. Jika kamu bingung, apa yang ingin kamu tulis, mulai saja dari apa yang kamu rasakan. Misalnya, keluh kesah dan tantangan memulai karier di tengah pandemi.

  1. Maksimalkan CV

Sudah siap dengan portofolio cantik? Kamu sudah selangkah lebih siap untuk mendapat pekerjaan baru! Akan tetapi, tetap perhatikan pintu lain menuju hati recruiter, yakni curriculum vitae alias CV. Ingat, kamu sedang mencari pekerjaan yang tidak sama dengan bidangmu. Oleh karena itu, harus ada penyesuaian di dalam CV-mu.

  1. Mulai dengan Magang

Sudah punya ilmu, portofolio, dan CV? Saatnya mulai melamar kerja! Sayangnya, mencari kerja yang tidak sesuai jurusan di masa pandemi tidak mudah. Belum lagi, kamu adalah seorang fresh graduate. Oleh karena itu, kamu bisa memilih lowongan kerja magang dulu, alih-alih langsung mencari lowongan pekerja tetap. Pasalnya, melansir Forbes, pengalaman sering kali dianggap lebih penting dari bidang studi. Kamu yang baru memulai karier, bisa memulainya dari magang. Siapa tahu, kerja magangmu bisa jadi pintumu untuk menjadi pegawai tetap, kan?



  1. Bangun Koneksi

Tahukah kamu, koneksi merupakan salah satu hal penting dalam karier. Ia bisa membuat gaung namamu terdengar di industri yang kamu geluti. Selain itu, kamu juga bisa menemukan mentor-mentor baru. Jadi, jangan lupa lakukan ini, ya! Siapa tahu, orang-orang baru ini juga bisa menjadi orang yang memberimu pekerjaan baru. Dengan keadaan pandemi, kamu bisa networking menggunakan media sosial atau komunitas online. Misalnya, LinkedIn atau Glints Komunitas.

Itulah trik-trik saat mencari kerja yang tidak sesuai jurusan di masa pandemi. Terapkan semua satu per satu, ya!

Trik Mencari Kerja di Luar Gelar karena Pandemi

*sumber: https://glints.com/id/lowongan/kerja-tidak-sesuai-jurusan-di-masa-pandemi/#.XzuM5-gzbIU

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Download PDF Jadwal Program Belajar dari Rumah di TVRI 24-30 Agustus 2020
Download PDF Jadwal Program Belajar dari Rumah di TVRI 24-30 Agustus 2020

Informasi Beasiswa Terbaru dengan Batas Waktu 31 Agustus 2020
Informasi Beasiswa Terbaru dengan Batas Waktu 31 Agustus 2020

Tips Penting untuk Lulusan 2020
Tips Penting untuk Lulusan 2020

Close