Mengenal Profesi Software Architect. Bagi Sobat Phi yang berminat untuk bekerja di perusahaan IT ternama, karier sebagai software architect mungkin adalah jawaban dari keinginan tersebut. Sebagian besar perusahaan startup dan perusahaan IT membutuhkan seorang software architect. Ia diharapkan memiliki keterampilan khusus dalam hal desain, pengambilan keputusan, mengerti bahasa pemrograman, dan keterampilan khusus lainnya.



Mengenal Profesi Software Architect

Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui dengan apa saja tugas, skill sampai dengan jenjang karier seorang software architect. Untuk informasi lengkapnya, simak uraian berikut ini seperti yang sudah Phi Radio lansir dari situs Glints.

Benarkah adalah Profesi yang Menjanjikan?

  1. Pengertian Software Architect

Software architect adalah orang yang ahli dalam menciptakan desain high-level, mengembangkan suatu software dan merekomendasikan software tersebut kepada klien atau perusahaan tempat seorang software architect bekerja. Menurut Indeed, software architect adalah software developer dengan kemampuan tingkat ahli. Ia akan berkomunikasi dengan klien dalam proses perancangan dan dengan tim software engineer saat eksekusi. Untuk bisa menjadi seorang software architect, setidaknya harus memiliki latar belakang ilmu komputer, teknik informatika, dan manajemen informatika. Dengan ketiga hal tersebut, kamu bisa bekerja di perusahaan IT dan mendesain serta mengembangkan aneka software yang dibutuhkan.

 

  1. Tugas dan Tanggung Jawab Software Architect

Saat bekerja sebagai software architect, ada beberapa tugas yang harus kamu lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • berkomunikasi dengan tim lain yaitu, tim manajemen produk, pengembang, dan juga klien untuk membuat desain awal berdasarkan keinginan klien tersebut.
  • menciptakan sebuah desain high-level berdasarkan permintaan klien.
  • mengembangkan produk software.
  • memberikan rekomendasi teknologi yang sesuai dengan desain tersebut.
  • menentukan standar software development untuk diterapkan oleh tim developer atau programmer.
  • membuat dan mengawasi setiap desain software serta proses pengembangannya mulai secara menyeluruh.

Dengan tugas yang diembannya, maka tanggung jawab seorang software architect adalah sebagai berikut:

  • memberikan dukungan teknis secara keseluruhan, mulai dari awal proyek, saat produk dirilis, sampai dengan mengembangkan desain dan memberikan software
  • merancang suatu sistem secara keseluruhan berdasarkan persyaratan yang diajukan
  • memilih teknologi paling tepat yang akan digunakan
  • mengontrol sinkronisasi software dengan system software, system architect, kualitas kerja, waktu pengerjaan dan batas waktu
  • menyelesaikan setiap permasalahan timbul dan memberikan solusi yang tepat
  • bila diperlukan, menciptakan suatu teknologi baru yang sesuai dengan rancangan software



  1. Skill yang Harus Dimiliki

Sebagai seorang software architect yang profesional, kamu harus memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam mengikuti berbagai pelatihan. Selain itu, kamu juga harus berpengalaman dalam hal desain software dan pengembangannya.

Mengenal Profesi Software Architect

Itulah pengenalan mengenai profesi software architect. Jadi, apakah kamu siap berkarier di bidang IT seperti software architect? Kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan IT secara online. Langsung saja daftar dan temukan karier impianmu.

 

*sumber: https://glints.com/id/lowongan/software-architect-adalah/#.XzuFbOgzbIU

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Trik Mencari Kerja di Luar Gelar karena Pandemi
Trik Mencari Kerja di Luar Gelar karena Pandemi

Download PDF Jadwal Program Belajar dari Rumah di TVRI 24-30 Agustus 2020
Download PDF Jadwal Program Belajar dari Rumah di TVRI 24-30 Agustus 2020

Informasi Beasiswa Terbaru dengan Batas Waktu 31 Agustus 2020
Informasi Beasiswa Terbaru dengan Batas Waktu 31 Agustus 2020

Close