Bagi sebagian orang, menjadi penyiar radio merupakan salah satu profesi idaman. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan nih, Sobat Phi. Terutama kalau Sobat Phi masih pemula. Berikut Tips Menjadi Penyiar Radio bagi Pemula yang wajib dimiliki penyiar radio.

Tips Menjadi Penyiar Radio bagi Pemula

  1. Percaya Diri
    Tips jadi Penyiar Radio diantaranya yaitu harus percaya diri, dalam berbagai kondisi dan situasi saat siaran, seorang penyiar harus mampu membawa suasana siaran agar menjadi suatu hal yang menarik bagi para pendengarnya. Itulah mengapa percaya diri menjadi hal yang penting. Jika memiliki masalah dalam hal ini, Sobat Phi bisa mempelajari dan melatihnya.



  1. Berbekal Pengetahuan Dasar Radio
    Seorang penyiar radio harus membekali dirinya dengan berbagai hal seputar aktivitas siaran. Bekal pengetahuan dan teknis tentu menjadi hal yang utama. Hal ini untuk menunjang kegiatan siarannya agar tidak sekedar berbicara tanpa arah.
  1. Berpengetahuan Luas
    Seorang penyiar haruslah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, haus akan pengetahuan dan hal-hal baru serta update dalam berbagai hak terbaru yang sedang kekinian. Hal ini diperlukan guna menjadi bahan pembicaran yang tak ada habisnya pada saat On Air.
  1. Menyukai Musik
    Dunia penyiaran radio tentu tidak bisa terlepas dari musik, karena merupakan daya tarik sendiri bagi pendengar. Oleh sebab itu, seorang penyiar haruslah memiliki kecintaan terhadap musik serta memiliki pengetahuan yang baik tentangnya.
  1. Sikap yang Baik
    Pekerjaan seorang penyiar tentu tak hanya siaran dan cuap-cuap semata. Lebih dari itu, Tips jadi Penyiar Radio harus menjaga tingkah lakunya baik saat berbicara secara on air maupun dalam berbagai aktivitasnya. Seorang penyiar harus mampu menyaring hal-hal yang pantas dan tidak pantas untuk dibicarakan pada saat siaran.

Itulah Tips Jadi Penyiar Radio bagi Pemula yang perlu dimiliki seorang penyiar. Saat ini sudah banyak sekolah penyiaran. Pilihlah yang kurikulumnya sesuai keinginan. Sobat Phi bisa daftar dan mengembangkan potensi di sana. (Cili Tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya
Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya

Talkshow With SMA BPPI Baleendah
Talkshow With SMA BPPI Baleendah Bandung

Inovasi Dosen UGM Ciptakan Lidah Elektronik Multi Fungsi
Inovasi Dosen UGM Ciptakan Lidah Elektronik Multi Fungsi

Close