Sobat Phi, bagi kalian yang sebentar lagi menghadapi ujian nasional dan ingin mendaftar SNMPTN 2020 juga SBMPTN 2020, alangkah lebih baik jika kalian berpikir matang-matang mengenai jurusan kuliah yang akan kalian ambil. Ada banyak jurusan kuliah favorit anak IPS dan ada banyak juga jurusan kuliah favorit anak IPA. Kali ini kita membahas tentang Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Beserta Prospek Kerjanya. Yuk di simak ya sobat Phi!

Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS
Beserta Prospek Kerjanya

Bagi kalian sobat phi yang mengambil jurusan IPS di SMA, beberapa jurusan kuliah favorit anak IPS ini mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk menjadi rekomendasi dalam mendaftarkan di SBMPTN dan SNMPTN 2020.



Sangat penting bagi kalian sobat phi yang saat ini masih duduk di bangku SMA jurusan IPS untuk mengenali jurusan favorit anak IPS yang cocok dengan passion dan prospek karier kalian kedepannya. Diantaranya adalah:

  1. Sastra
    Sastra merupakan salah satu jurusan kuliah favorit anak IPS. Meski tidak terlalu sejalan dengan ilmu Ips, jika di SMA kamu suka belajar bahasa baru, maka Program Studi (Prodi) yang cocok buat kamu adalah Sastra. Karena ada banyak macam pilihan yang bisa dipelajari, seperti: Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa dan masih banyak lagi sastra lainnya yang bisa kalian temukan di Universitas-universitas di Indonesia.
    Prospek karier yang mengambil jurusan sastra juga cukup bagus. Kamu bisa mengembangan karier sebagai: Penerjemah, Media, Guru, Dosen, Guide, kerja di kedubes. Seru kan sobat phi.
  2. Psikolog
    Jika kamu senang mengamati perilaku orang-orang sekitar dan punya rasa penasaran, jurusan Psikologi adalah jurusan kuliah favorit anak IPS lainnya yang bisa jadi opsi yang sangat cocok bagi kalian sobat phi.Jurusan yang satu ini punya banyak peminatan atau konsentrasi yang bisa diambil, misalnya: Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan dan Psikologi Industri
    Jurusan Psikologi juga memiliki cakupan ilmu yang cukup luas, kalian bisa bekerja sebagai: HRD, Market research, Peneliti, Psikolog.
  3. Bisnis dan Manajemen
    Jurusan yang satu ini bisa membawa kalian bekerja di perkantoran sobat phi, selain itu kalian juga bisa menjadi pengusaha besar dengan mendalami ilmu di jurusan ini.Tak heran jika jurusan ini juga merupakan jurusan kuliah favorit anak IPS yang memiliki peminat cukup banyak karena prospek kerjanya cukup bagus.Setelah lulus, kamu bisa menjadi: Akuntan, Analis investasi, Penasihat keuangan, Manajer pajak, Konsultan bisnis dan Wirausaha.
  4. Ilmu Politik
    Ilmu Politik juga menjadi salah satu jurusan kuliah favorit anak IPS sobat phi. Setelah lulus dari jurusan yang satu ini.kalian sobat phi yang mau mengambil jurusan Ilmu Politik tak serta merta menjadi politikus, namun kamu bisa mengembangkan karier sebagai: Analis politik, Dosen, Peneliti, Aktivis LSM, Jurnalis politik dan Humas.
  5. Jurnalistik
    Seperti yang diketahui, pada era ini perkembangan dunia digital dan internet sangat mendorong media-media untuk terus tumbuh dan melebarkan sayapnya. Jurusan jurnalistik merupakan jurusan kuliah favorit anak IPS yang suka menulis dan terjun ke lapangan sobat phi.Seiring perkembangan zaman, masyarakat juga akan membutuhkan informasi berita yang jelas dan akurat.
    Ketika kalian tertarik bekerja di industri media, maka kalian wajib mempelajari ilmu pengetahuan seputar jurnalistik. Yakni Analis Media, Ilmu Komunikasi, Creative Writing, Press Release, riset, dan sebagainya.Profesi atau prospek karier jurnalistik juga cukup luas seperti: Wartawan TV/koran/media online, Editor, Penulis, Copy editor, Dosen, Analis media dan juga Peneliti.
  1. Hubungan Internasional
    Di jurusan yang satu ini, kalian bisa belajar banyak tentang relasi, interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional dan lain-lain sobat phi.Setelah lulus kuliah, kamu bisa kerja sebagai: Pejabat diplomatik, PNS, Dosen, Peneliti, Jurnalis internasional dan juga Aktivis NGO.Dengan prospek kerja tersebut, jurusan kuliah favorit anak IPS yang satu ini juga memiliki peminat yang cukup banyak sobat phi.
  1. Ilmu Hukum
    Jurusan kuliah favorit anak IPS yang satu ini selalu memiliki banyak peminat. Sebab, Sarjana Hukum memiliki prospek pekerjaan yang cukup cemerlang,prospek pekerjaan Ilmu hukum diantaranya: Pengacara, Konsultan hukum, Jaksa, Notaris, Hakim, HRD dan juga bisa menjadi Legal auditor.
  1. Ilmu Komunikasi
    Jurusan yang ilmu komunikasi ini juga punya peluang karier yang begitu luas. Bahkan hampir di semua bidang kehidupan. Oleh karena itu Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu jurusan kuliah favorit anak IPS.
    Selain menjadi jurnalis, kalian juga bisa menjajal pekerjaan lain sobat phi, seperti: Market research analyst, Penyiar radio, Presenter berita, Fotografer dan Penulis. Selain itu, profesi lain di bidang periklanan, publikasi, sampai bisnis dan manajemen juga menunggu kalian calon sarjana ilmu komunikasi.
  1. Ekonomi & Akuntansi
    Peminat di jurusan kuliah favorit anak IPS satu ini juga cukup banyak. Sebab, kedua disiplin ilmu ini sangat dibutuhkan sobat phi.Prospek karier jurusan yang satu ini juga cukup menjanjikan, kalian bisa bekerja di perusahaan BUMN maupun swasta, atau bisa juga menjadi: Akuntan, Dosen, Analis keuangan, Pembuat kebijakan, Pemeriksa keuangan dan Auditor. *** Arya Baginda Pangestu

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow With SMA BPPI Baleendah
Talkshow With SMA BPPI Baleendah Bandung

Inovasi Dosen UGM Ciptakan Lidah Elektronik Multi Fungsi
Inovasi Dosen UGM Ciptakan Lidah Elektronik Multi Fungsi

Kelebihan Radio Streaming
Kelebihan Radio Streaming

Close