UN atau Ujian Nasional adalah saat yang dinantikan untuk menguji kemampuan siswa-siswi seluruh Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan juga telah mengumumkan jadwal Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2020 ini.

Tips Hadapi UN 2020 Agar Kamu Percaya Diri

Walaupun Ujian Nasional sudah bukan lagi menjadi tolak ukur kelulusan, namun hasil dari Ujian Nasional ini penting untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.



Sobat Phi biasanya akan belajar sungguh-sungguh demi mendapatkan nilai yang terbaik. Ujian Nasional memang bukan hal yang mudah untuk dihadapi dan tidak sulit untuk dikerjakan.

Kecemasan dan kekhawatiran biasanya akan muncul menjelang Ujian Nasional yang semakin dekat. Ini disebabkan karena kurangnya persiapan. Bahkan tidak sedikit pula yang bingung dan tidak tahu apa yang harus dipersiapkan.

Sobat Phi tidak perlu khawatir dan cemas menghadapi Ujian Nasional 2020, karena Feby Restu Dyastika dari Edutore.com melalui situs resmi Kompas bersedia membagikan tips untuk menghadapi Ujian Nasional nanti. Simakya!

Buat Rencana Belajar Sobat Phi

Feby menyampaikan hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional adalah dengan membuat rencana belajar selama beberapa hari bulan kedepan menjelang Ujian Nasional.

Sobat Phi bisa melakukannya dengan membuat to-do-list tentang apa yang harus dikerjakan. Kurang lebih to-do-list tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut :

  • Materi yang akan dipelajari setiap hari
  • Durasi belajar dari masing-masing materi
  • Target/goals yang ingin dicapai setelah mempelajari materi
  • Refleksi atau catatan setelah belajar tentang apa yang harus diperbaiki atau ditingkatkan

Rencana yang Sobat Phi buat bisa juga mengacu pada jadwal pelajaran yang ada di sekolah. Dengan rencana ini diharapkan kamu jadi bisa tahu perkembangan belajar kamu menjelang Ujian Nasional.

Menjaga Pola Tidur

Hal ini sebenarnya sangat sederhana, namun biasanya dianggap remeh. Padahal pola tidur yang baik dapat mempengaruhi kinerja otak kamu. Dengan pola tidur yang baik otomatis kinerja otak Sobat Phi pun akan meningkat.

Dokter biasanya akan merekomendasikan pola tidur yang sehat dan teratur sekitar 7-8 jam per hari. Lebih dari hal tersebut, kualitas tidur yang baik juga akan mempengaruhi kinerja otak kamu.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pola dan kualitas tidur  yang baik :

  • Minum air hangat sebelum tidur
  • Berhenti bermain gawai 30 menit sebelum tidur
  • Usahakan mengurangi konsumsi kafein dari kopi dan sejenisnya
  • Buatlah suasana tidur menjadi lebih nyaman, misalnya menyalakan instrumen penenang tidur, mematikan lampu, atau menggunakan aroma terapi

 

Konsumsi Makanan Sehat

Pola belajar ketika menjelang Ujian Nasional tentu akan menghabiskan banyak energi. Namun terkadang para siswa terlalu bersemangat belajar hingga akhirnya mengenyampingkan persoalan makan.

Makanan yang bernutrisi sangat penting untuk energi dan suplai otak kamu. Selain mengurangi potensi terserang sakit, makan makanan yang bergizi juga akan membantu meningkatkan kinerja otak.

Biasakan untuk makan makanan berserat seperti sayur dan buah.Vitamin juga bisa Sobat Phi konsumsi untuk agar terhindar dari penyakit.

Untuk meningkatkan daya ingat ketika belajar, kamu juga bisa mengonsumsi jenis ikan yang mengandung omega-3 ataupun buah-buahan seperti strawberry, blackberry dan juga blueberry.

Nah kalau misalnya Sobat Phi dalam keadaan jenuh ketika belajar, mengonsumsi coklat dapat membantu memperbaiki mood kamu yang sedang menurun.

 

Konsultasi ke Guru Terkait

Disela-sela pembelajaran kamu tak ada salahnya untuk coba bertanya seputar mata pelajaran terkait terhadap ahlinya.

Sobat Phi bisa bertanya seputar mata pelajaran yang sulit untuk dikerjakan kepada guru yang menguasai bidang materi tersebut. Sobat Phi juga bisa mengkonsultasikan hasil catatan to-do-list yang pernah dibuat demi meningkatkan kapasitas ilmu.

Tentu guru yang ada disekolah kamu dengan senang hati akan membantu menyelesaikan persoalan yang Sobat Phi anggap sulit untuk dikerjakan.

Jika dirasa perlu kamu juga bisa konsultasi seputar cara belajar kamu atau sekedar pelepas stress dengan curhat melalui guru bimbingan konseling di sekolah.

Perbanyak Latihan Soal

Ungkapan practice makes perfect sangat cocok untuk menghadapi Ujian Nasional 2020. Menghadapi Ujian Nasional memerlukan amunisi yang cukup, salah satunya dengan mengerjakan latihan soal sebanyak mungkin.

Dengan mengerjakan berbagai macam tipe soal, kamu bisa mendalami materi pembelajaran. Sobat Phi bisa melakukannya dengan cara mengerjakan butir-butir soal yang telah disiapkan. Kemudian periksa kembali soal-soal yang telah dikerjakan. Dengan begitu kamu bisa mengukur sampai batas mana kemampuanmu dalam menghadapi ujian Nasional.

Selain itu materi yang dikerjakan secara berulang akan membuat Sobat Phi menjadi lebih paham. Pastikan mengerjakan latihan soal dari sumber yang terpercaya seperti tautan soal-soal di bawah ini seperti ini Contoh soal-soal latihan Ujian Nasional 2020 SMA/SMK/MA/Sederajatdan SMP/MTS/Sederajat.

Terakhir, Sobat Phi jangan lupa untuk selalu berdoa dan menyerahkan apa yang telah diusahakan kepada Sang Pencipta. Semoga sukses.***PrabowoWisnuDwiyonoAsmoro

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Kursi Terapi Penghilang Stres Raih Juara di ajang ASEAN Innovation 2020
Kursi Terapi Penghilang Stres Raih Juara di ajang ASEAN Innovation 2020

Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung
Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung

Tahap Registrasi Akun LTMPT Untuk SBMPTN 2020
Tahap Registrasi Akun LTMPT Untuk SBMPTN 2020

Close