Pandemi Covid-19 yang melanda dunia kini bukan main-main, lho Sobat Phi. Sebagai generasi muda, kita harus mengerti situasi sambil tetap rasional. Meskipun kegiatan sekolah diliburkan, Sobat Phi tetap harus belajar di rumah. Nah, berikut ada 4 tips belajar di rumah lebih maksimal.

Tips Belajar di Rumah

  1. Atur Jadwal

Kalau di rumah bawannya memang ingin rebahan terus. Sobat Phi bisa kok punya waktu untuk rebahan, sekaligus waktu untuk belajar. Asalkan kamu sudah menetapkan jadwal khusus. Pasang alarm supaya kamu nggak lupa dan berhentilah menunda-nunda apa yang seharusnya kamu kerjakan.



Nantinya, kebiasaan akan terbentuk karena setiap hari kamu melakukan hal yang sama di jam yang sama pula. Dengan demikian, Sobat Phi akan terbiasa belajar pada waktu yang telah ditentukan tanpa merasa terpaksa.

  1. Simpan Semua Gawai

Gawai semacam smartphone sudah jadi bagian dalam hidup kita sehari-hari. Nah, tetapi saat waktunya belajar, ada baiknya kamu menyingkirkan sejenak semua gawai. Jika perlu, taruhlah gawai di tempat yang tidak terlihat. Terapkan mode silent agar kamu tidak mudah tergoda untuk mengutak-atiknya.

  1. Belajar di Tempat Khusus

Tidak perlu meja yang mahal untuk bisa belajar. Kamu bisa melakukannya di tengah rumah, di ruang tamu, di atas karpet, di manapun asal nyaman. Tapi hindari belajar di kasur, karena akan membuatmu cepat merasa ngantuk. Kemudian kalau belajar jangan sambil menyalakan televisi, ya! Karena ini akan mengurangi konsentrasimu.

  1. Ajak Orang Lain

Tidak ada salahnya melibatkan anggota keluarga dalam proses belajarmu. Misalnya, kakak, tetangga atau orangtua. Sesekali, mintalah bantuannya untuk menjadi guru dadakanmu, minimal sebagai teman berdiskusi. Tanyakan pula hal-hal yang belum kamu pahami supaya proses belajarmu menjadi lebih mudah. Jika tidak ada anggota keluarga yang membantumu karena mereka sibuk, kamu bisa memanfaatkan jasa les privat online.

Jadi, cara belajar di rumah adalah suatu cara atau teknik belajar yang dilakukan oleh siswa di rumah atau tempat tinggalnya untuk memudahkan dalam penguasaan atau penyerapan materi pembelajaran yang dipelajari oleh siswa tersebut. Cara belajar di rumah merupakan suatu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Selain cara belajar di rumah, kebiasaan belajar dan kelengkapan fasilitas belajar juga sama pentingnya untuk dapat meraih prestasi yang baik.

Jika Sobat Phi terbiasa belajar kelompok, maka untuk saat ini hal itu harus ditunda. Kesehatan adalah hal yang paling penting saat ini. Kalau kamu sakit, jadi tidak bisa belajar, kan?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
platform-belajar-online
Platform Pembelajaran dari Kemdikbud

UNESCO-APRESIASI-MODEL-PENDIDIKAN-JARAK-JAUH-DI-TENGAH-WABAH-COVID-19---2
Unesco Apresiasi Model Pendidikan Jarak Jauh Di Tengah Wabah Virus Corona Covid – 19

Disdik Jabar Menerbitkan Pedoman KBM dalam Jaringan
Disdik Jabar Menerbitkan Pedoman KBM dalam Jaringan

Close