Tetap Peringkat Satu, UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, lembaga pemeringkatan universitas dunia Webometrics Ranking Web of Universities kembali melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia maupun Indonesia.

Sebanyak 2.585 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2022.


Tetap Peringkat Satu, UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Webometrics adalah  salah satu lembaga pemeringkatan universitas dunia merilis daftar kampus terbaik di Indonesia edisi Januari 2022.

Dan hasilnya, Universitas Indonesia kembali menempati peringkat pertama di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Webometrics Rangking of World Universities. Selain itu UI juga berhasil menempati peringkat 9 Asia Tenggara, dan 649 dunia, naik 80 peringkat dari pemeringkatan sebelumnya.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 3 Desember 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

“UI adalah satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam peringkat sepuluh besar di Asia Tenggara,” kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia dalam keterangannya pada Rabu, 2 Februari 2022.

Pada edisi Januari 2022, selain tetap berada pada posisi teratas di Indonesia, Amelita mengatakan UI mencapai peningkatan yang luar biasa dengan menempati peringkat 649 seluruh dunia.

Posisi itu melesat 80 peringkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu. UI juga berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat ke-9 se-Asia Tenggara.

Jika ditinjau lebih rinci pada setiap indikator, pada Impact Rank UI naik 77 peringkat menjadi 359 di dunia, pada indikator Openness Rank UI tetap berada pada peringkat ke-761 dunia, dan pada indikator Excellence Rank UI naik 73 peringkat menjadi 1177 dunia.

Baca Juga :  Download LINK Nonton One Piece Red Full Movie Subtitle Indonesia, GRATIS, Cek Segera

Amelita mengatakan pencapaian di awal 2022 tersebut diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator, yaitu visibility atau web contents impact yang berbobot 50 persen, merupakan jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi.

Kedua transparency atau openness dengan bobot 10 persen, merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles dan yang ketiga excellence atau scholar dengan bobot 40 persen, merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Baca Juga :  Kode Kupon Game The Spike Volleyball Story 3 Desember 2022 Terbaru Terupdate

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info.

Sumber: tempo.co, antaranews.com


Tags : , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming