TalkShow kali ini kita kedatangan tamu yaitu Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI., yang akan membahas tentang Perbankan Ekonomi Syariah dari UPI dan ICMI. Beliau biasa dipanggil dengan Kang Amir yang  akan menjelaskan tentang Perbankan Perekonomian Syariah.

Ekonomi Syariah adalah Ekonomi yang berbasis pada syariah yang implementasinya berpedoman pada  Alquran, hadist, dan ijma.

Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI.,

Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI.,

Perbankan adalah bagian dari ekonomi keuangannya. Pada saat manusia bermuamalah dan saling berhubungan dalam satu aktifitas kerja sama ekonomi, maka muncul keuangan syariah.

Talkshow Perbankan Perekonomian Syariah Bersama Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI.,

Talkshow Perbankan Perekonomian Syariah Bersama Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI.,

Keuangan Syariah ini di bedakan menjadi:

  • Perbankan
  • Non Bank



Dalam pelaksanaannya terdapat :

  • Perbankan Konvensional
  • Perbankan Syariah

Perbankan Syariah semua pelaksanaan operasionalnya berpedoman pada  Alquran, hadist, dan ijma yang jauh dari masalah:

  • Maysir
  • Gharar
  • Riba

Sedangkan dengan Bank konvensional operasionalnya, apapun kebutuhan anda baik menabung atau pinjam uang maka berhubungan dengan bunga. Dan bunga tersebut adalah riba. Riba tersebut yang harus kita hindari.

Talkshow Perbankan Perekonomian Syariah

Talkshow Perbankan Perekonomian Syariah

Perbedaan antara bank konvensional dan bank syariah ada 4 variabel yaitu:

  • Struktur organisasi bank syariah terdapat dewan syariah nasional sehingga segala sesuatu akan dikaji dulu oleh dewan syariah.
  • Operasionalnya semua perbankan ada 2 fungsi yaitu menghimpun dan menyalurkan, dalam bank konvensional ada bunga
  • Lingkungan kepegawaiannya untuk bank syariah harus sesuai dengan syariat islam
  • Pada bank syariah boleh atau tidak boleh untuk mengajukan sesuatu akan di pertimbangkan terlebih dahulu. Sehingga akan lebih Maslahat.

Perbankan ekonomi syariah di era financial digital industri 4.0 pada financial tecnogy (Fintech) sekarang ini belum ada syariah fintech. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati agar tidak terjebak pada riba. Selama uang tidak diperjual belikan, Fintech akan bermanfaat jika konsumtif menjadi produktif. Dan kembali lagi kepada diri sendiri, karena Perbankan ekonomi syariah bukan sebagai pilihan tapi menjadikan solusi, karena islam adalah solusi untuk keberkahan umat.

Indonesia sebagai Pusat Keuangan syariah, artinya Prospek Perbankan ekonomi syariah untuk masa yang akan datang akan spektakuler, dengan adanya KNKS ( Komite Nasional  Keuangan Syariah). Dengan menjamurnya bisnis industri Halal, sehingga sangat optimis industri keuangan syariah akan menjadi peluang yang sangat besar dan luar biasa.

Demikian Sobat Phi penjelasan dari Bapak Assoc. Prof. Dr. Amir Machmud, S.E, MSI., yang membahas tentang Perbankan Ekonomi Syariah,  Sobat Phi juga bisa request lagu suka suka hanya di www.phiradio.net. Gaya – juara.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Bahaya Sampah Sedotan Plastik
Bahaya Sampah Sedotan Plastik

INFLASI-01
Inflasi

IMPULSE MOMENTUM-01
Impulse Momentum

Close