Soal PAI Kelas 7 SMP MTS Halaman 235 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 10.6 Kunci Jawaban. Sebelum melihat kunci jawaban PAI kelas 7 SMP halaman 235 semester 1 Kurikulum Merdeka siswa dapat menelaah perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Spanyol terlebih dahulu.

Simak berikut ini kunci jawaban soal Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 7 SMP halaman 235 semester 1 Kurikulum Merdeka. Kunci jawaban soal PAI kelas 7 SMP halaman 235 semester 1 Kurikulum Merdeka ini dapat dijadikan bahan atau referensi siswa untuk belajar di rumah.

Soal PAI Kelas 7 SMP MTS Halaman 235 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 10.6 Kunci Jawaban

Soal buku Kemendikbud pelajaran PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 meminta siswa untuk menuliskan nama ilmuwan dan bidang keahlian di masa Bani Umayyah di Spanyol.

Tujuan pembuatan alternatif jawaban pada ulasan kunci jawaban Pendidikan Agama Islam kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 adalah agar siswa dapat menjadikannya referensi belajar.

Ulasan tentang kunci jawaban untuk soal PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 Aktivitas 10.6 tentang menelaah perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Spanyol. Adapun ulasan kunci jawaban PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 ini memberikan alternatif jawabannya.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Valorant 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Soal PAI Kelas 7 SMP MTS Halaman 235 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 10.6 Kunci Jawaban

Bani Umayyah di Spanyol

Bani Umayyah di Spanyol merujuk pada periode sejarah di mana dinasti Umayyah, yang berasal dari khalifah Islam pertama, Muawiyah I, mendirikan kekuasaan di Al-Andalus, wilayah yang sekarang dikenal sebagai Spanyol dan Portugal. Periode ini berlangsung sekitar abad ke-8 hingga abad ke-11.

Pada tahun 711 M, pasukan Muslim yang dipimpin oleh Tariq ibn Ziyad menyeberangi Selat Gibraltar dan berhasil mengalahkan pasukan Visigoth di Spanyol. Ini merupakan awal dari penaklukan Islam di Semenanjung Iberia. Pasukan Islam kemudian terus maju ke utara dan mendirikan kekuasaan Muslim di wilayah tersebut.

Puncak kejayaan Bani Umayyah di Spanyol adalah selama masa pemerintahan Abd al-Rahman I (756-788 M). Abd al-Rahman I adalah keturunan Umayyah yang melarikan diri dari pembantaian yang dilakukan terhadap Bani Umayyah di Suriah oleh Abbasiyah. Ia berhasil mendirikan emirat independen di Al-Andalus, dengan ibu kotanya di Cordoba.

Selama beberapa abad berikutnya, Al-Andalus menjadi pusat peradaban Islam yang makmur dan berkembang pesat. Kehidupan intelektual, ilmiah, dan seni mekar di bawah pemerintahan Muslim di Spanyol. Kota Cordoba menjadi salah satu pusat kebudayaan terkemuka di Eropa pada masa itu.

Baca Juga :  Kisi-kisi Tes Kesehatan IPDN 2024, Pahami Sebelum Daftar

Namun, pada abad ke-11, terjadi disintegrasi politik dan konflik internal di Al-Andalus, yang menyebabkan pecahnya kekuasaan menjadi beberapa negara kecil yang disebut sebagai taifa. Pada saat yang sama, Reconquista, usaha untuk merebut kembali wilayah dari tangan Muslim, juga meningkat. Pada tahun 1492, Granada, yang menjadi pusat terakhir kekuasaan Muslim di Spanyol, jatuh ke tangan pasukan Katolik yang dipimpin oleh Raja Ferdinand II dari Aragona dan Ratu Isabella I dari Castile, menandai akhir dari kekuasaan Muslim di Spanyol.

Inilah ulasan kunci jawaban sebagai alternatif jawaban untuk soal PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 BAB 10 di bawah ini.

Soal PAI Kelas 7 SMP MTS Halaman 235 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 10.6 Kunci Jawaban

Aktivitas 10.6

Lakukan telaah terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah di Spanyol! Tuliskan nama ilmuwan dan bidang keahliannya! Jawaban kalian ditulis dalam bentuk tabel di buku tugas.

Jawaban: (salin jawaban di bawah dalam bentuk tabel)

  1. Nama Ilmuwan: Al-Farabi
    Bidang Keilmuan: Ilmu Filsafat
  2. Nama Ilmuwan: Al Zahrawi
    Bidang Keilmuan: Ilmu Kedokteran
  3. Nama Ilmuwan: Ibnu Bajjah
    Bidang Keilmuan: Fisika, filsafat, dan psikologi
  4. Nama Ilmuwan: Abbas Ibnu Firnas
    Bidang Keilmuan: Ilmu penerbangan
  5. Nama Ilmuwan: Maslama Majriti
    Bidang Keilmuan: kimia, matematika, astronomi, dan ulama
  6. Nama Ilmuwan: Umar Bin Abdul Aziz
    Bidang Keilmuan: Ilmu Agama
  7. Nama Ilmuwan: Ali Al-Qali
    Bidang Keilmuan: Ilmu Bahasa dan Sastra
  8. Nama Ilmuwan: Ibnu Bajjah
    Bidang Keilmuan: Ilmu Fisika
  9. Nama Ilmuwan: Abu Ishaq az-Zarqali
    Bidang Keilmuan: Ilmu Astronomi
  10. Nama Ilmuwan: Ali Ibnu Hazm
    Bidang Keilmuan: Ilmu Sejarah
Baca Juga :  Nilai Minimal Masuk Kuliah di PKN STAN 2024 Wajib Ikut UTBK

Demikian artikel ulasan kunci jawaban Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 235 tentang nama ilmuwan dan bidang keahlian masa Bani Umayyah di Spanyol.

Soal PAI Kelas 7 SMP MTS Halaman 235 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 10.6 Kunci Jawaban

Sumber :