Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi. Kunci jawaban hanya boleh dijadikan referensi jawaban siswa untuk mempermudah sarana belajar mengajar. Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban IPA SMA kelas 10 Kurikulum Merdeka pada halaman 150.

Sebelum melihat kunci jawaban, ada baiknya siswa memahamami materi IPA SMA kelas 10 Kurikulum Merdeka pada materi tenaga panas bumi dengan seksama, dan mengerjakan soal latihan IPA SMA kelas 10 pada halaman 150 dengan jujur dan teliti terlebih dahulu.

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Soal & Kunci Jawaban IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi. Pembahasan soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Siswa diminta untuk mengerjakan latihan yang ada pada halaman 150 di buku IPA kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Belajar. Simak kunci jawaban IPA kelas 10 SMA/MA halaman 150 Kurikulum Merdeka Belajar.

Pada halaman 150 mata pelajaran IPA kelas 10 SMA/MA, siswa akan belajar Bab 6 yang berjudul “Energi Terbarukan”. Berikut ini kunci jawaban IPA kelas 10 SMA halaman 150 Kurikulum Merdeka Belajar:

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Tentukanlah pernyataan berikut benar atau salah

a. Terdapat sekitar 977 gunung api di dunia.

Jawabam: Benar

b. Sekitar 46% gunung api di Indonesia sudah dipantau dengan peralatan seismik.

Jawaban: Salah

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

c. Prinsip kerja generator pembangkit listrik tenaga panas bumi sama dengan prinsip kerja dinamo mobil mainan yang menggunakan baterai untuk memutar roda.

Jawaban: Salah

d. Indonesia memiliki potensi geotermal sekitar 23.966 MW.

Jawaban: Benar

2. Pada teks tersebut, penulis menyatakan bahwa “ciri-ciri daerah yang dilalui oleh sabuk sirkum pasifik adalah memiliki banyak gunung api aktif dan sering terjadi aktivitas seismik”. Pesan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca melalui pernyataan tersebut adalah …..

Baca Juga :  Kisi-kisi Tes Kesehatan IPDN 2024, Pahami Sebelum Daftar

a. Daerah yang dilalui oleh sabuk sirkum pasifik tidak layak dihuni.

b. Begitu banyaknya gunung api di daerah sabuk sirkum pasifik.

c. Masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

d. Gempa bumi tidak akan mungkin terjadi di daerah yang tidak dilalui oleh sabuk sirkum pasifik.

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Jawaban: c. Masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

3. Berdasarkan skema Gambar 6.7 dan penjelasan yang tersedia pada teks, alat-alat yang perlu disediakan pada pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk menghasilkan energi listrik?

Jawaban:

Pipa besi (mengalirkan uap dan air panas), separator, turbin, generator, kondenser, pompa, pengukur tekanan, menara pendingin, dan lain-lain.

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Gunung Berapi Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah wilayah yang dikenal dengan aktivitas gunung api yang tinggi. Sebagian besar dari lebih dari 130 gunung api di Indonesia masih aktif, dan beberapa di antaranya memiliki sejarah letusan yang signifikan. Berikut adalah beberapa gunung api terkenal di Indonesia:

  1. Gunung Merapi: Merapi adalah salah satu gunung api paling aktif di Indonesia dan terletak di Pulau Jawa, dekat Yogyakarta dan Solo. Gunung ini sering meletus dan memiliki sejarah aktivitas vulkanik yang kuat. Merapi juga dikenal sebagai “Gunung Merapi” yang berarti “Gunung Api yang Menyala.”
  2. Gunung Krakatau: Krakatau adalah salah satu gunung berapi paling terkenal di dunia. Letusan dahsyatnya pada tahun 1883 mengakibatkan tsunami besar dan menyebabkan hilangnya pulau tersebut. Saat ini, Krakatau terletak di Selat Sunda dan terus mengalami aktivitas vulkanik.
  3. Gunung Tambora: Tambora terletak di Pulau Sumbawa dan dikenal karena letusan hebatnya pada tahun 1815. Letusan Tambora adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah manusia dan mengakibatkan “tahun tanpa musim panas” di seluruh dunia.
  4. Gunung Rinjani: Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok dan adalah salah satu gunung api terbesar di Indonesia. Ini adalah gunung yang sangat populer untuk pendakian dan terletak dalam Taman Nasional Gunung Rinjani.
  5. Gunung Agung: Terletak di Pulau Bali, Gunung Agung adalah gunung api yang sangat suci dalam agama Hindu Bali. Letusan gunung ini memiliki dampak besar pada Bali dan pulau-pulau sekitarnya.
  6. Gunung Bromo: Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Ini adalah salah satu gunung berapi paling ikonik di Indonesia dan sering dikunjungi oleh wisatawan.
  7. Gunung Semeru: Terletak di Jawa Timur, Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini sering disebut “Mahameru” atau “Gunung Agung.”
Baca Juga :  Kode Kupon The Spike Volleyball Story 25 Maret 2024 Terbaru

Selain tujuh gunung api ini, Indonesia memiliki banyak gunung api lainnya yang tersebar di seluruh kepulauan. Perlu diingat bahwa aktivitas vulkanik dapat berubah, dan pendaki serta masyarakat di sekitar gunung-gunung berapi harus selalu mengikuti perkembangan dan peringatan dari otoritas yang berwenang untuk memastikan keselamatan mereka.

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Generator pembangkit listrik tenaga panas bumi

Generator pembangkit listrik tenaga panas bumi, juga dikenal sebagai pembangkit listrik geotermal, adalah instalasi yang menggunakan panas bumi untuk menghasilkan listrik. Prosesnya melibatkan ekstraksi panas bumi dari dalam bumi dan mengonversinya menjadi tenaga listrik. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam operasi generator pembangkit listrik tenaga panas bumi:

  1. Sumber Panas Bumi: Generator panas bumi memanfaatkan panas yang berasal dari dalam bumi. Panas ini dapat berasal dari endapan radioaktif, aktivitas geotermal alami, atau panas residual dari pembekuan mantel bumi.
  2. Bor Sumur Panas Bumi: Biasanya, sumur bor digali untuk mencapai sumber panas bumi di bawah permukaan bumi. Kedalaman dan jenis sumur bervariasi tergantung pada lokasi geotermal.
  3. Uap atau Air Panas: Ketika air mendekati sumber panas bumi, tekanan dan suhu naik, dan air berubah menjadi uap. Sebagian besar pembangkit listrik tenaga panas bumi menggunakan uap untuk menggerakkan turbin. Beberapa juga menggunakan air panas langsung untuk memutar turbin.
  4. Turbina: Uap panas atau air panas mengalir melalui turbin, yang terhubung ke generator. Ketika uap atau air memasuki turbin, itu memutar bilah-bilah turbin, mengubah energi panas menjadi energi mekanik.
  5. Generator: Turbin terhubung ke generator listrik. Gerakan mekanis dari turbin memutar rotor generator, yang menghasilkan arus listrik bolak-balik.
  6. Transformator: Arus listrik yang dihasilkan oleh generator memiliki tegangan rendah. Transformator digunakan untuk meningkatkan tegangan listrik ke tingkat yang lebih tinggi agar sesuai dengan distribusi listrik.
  7. Distribusi Listrik: Listrik yang dihasilkan oleh generator panas bumi disalurkan melalui jaringan listrik untuk digunakan oleh konsumen.
Baca Juga :  Syarat Beasiswa KIP 2024 serta Manfaat Prioritas Penerima PIP

Pembangkit listrik tenaga panas bumi merupakan sumber energi terbarukan yang dapat beroperasi sepanjang waktu tanpa mengandalkan cuaca. Ini memiliki keuntungan lingkungan karena menghasilkan emisi karbon yang rendah dan memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan energi dalam beberapa wilayah di seluruh dunia yang memiliki sumber panas bumi yang cukup. Meskipun demikian, pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi memerlukan investasi modal awal yang signifikan, dan lokasi geotermal yang tepat harus ditemukan untuk memanfaatkannya secara efisien.

*) Disclaimer:

1. Pembahasan di atas hanya sebagai referensi belajar.

2. Soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku di atas.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban. Siswa dapat mengembangkan jawaban yang lebih baik.

Soal IPA SMA Kelas 10 Halaman 150 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban : Mengenal Energi Tenaga Panas Bumi

Sumber :