Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Jumat 26 Februari 2021. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.



Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Jumat 26 Februari 2021

Memasuki penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama dalam menentukan pola pembelajaran baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Untuk mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) serta sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi, Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut akan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Kamis s.d. Kamis, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.



Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 s.d. 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 s.d. 09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, SD kelas 5 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 s.d. 11.30 WIB. “Tayangan untuk SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter,” terang Jumeri.

Selain pembelajaran melalui TVRI, Kemendikbud menyediakan kanal pembelajaran secara dalam jaringan (daring) yang dapat diakses melalui akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Tayangan pembelajaran juga dapat disaksikan TV Edukasi dan Radio Edukasi. Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Sumber pembelajaran secara daring juga disediakan di aplikasi Rumah Belajar dan para pendidik juga dapat saling berbagi pola pembelajaran yang dapat diakses melalui laman Guru Berbagi. Selain itu, bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja juga tersedia pada laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Jumat 26 Februari 2021

  • 08.00 – 08.30 : Anak Tangguh (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Cara Menjaga Siklus Air (SD Kelas 1)
  • 09.00 – 09.30 : Menjaga Siklus Air (SD Kelas 2)
  • 09.30 – 10.00 : Ayo Jaga Siklus Air (SD Kelas 3)
  • 10.00 – 10.30 : Tindakan Penyelamatan Diri Ketika Bencana (SD Kelas 4)
  • 10.30 – 11.00 : Tanggap dan Tangguh Menghadapi Bencana (SD Kelas 5)
  • 11.00 – 11.30 : Siapkan Buku Sakumu (SD Kelas 6)

Pada materi pembelajaran TVRI 26 Februari 2021 ini, para siswa tidak mendapat tugas atau soal, namun hanya materi saja.

Materi BDR TVRI 26 Februari 2021

SD Kelas 1

Daffa sedang membantu ayah membersihkan selokan. Saat Daffa lihat ada banyak sampah plastik, ayah memberi tahu bahwa plastik tidak ramah lingkungan. Ayah mengingatkan Daffa bahwa menjaga selokan tetap bersih adalah salah satu cara untuk menjaga siklus air. Kita juga bisa menghemat air dan menanam pohon untuk menjaga siklus air.

SD Kelas 2

Si kembar Aira dan Aura kembali hadir, kali ini untuk mempelajari cara yang baik dalam menjaga siklus air. Ibu mengajak si kembar bergantian membaca puisi berjudul “Jagalah Siklus Air” dan menanyakan apakah keduanya paham tentang isinya. Pada Intuisi Bilangan, Ibu memberikan sebuah soal sambil mengajarkan Aira dan Aura membuat jawaban perkiraan dengan mencari bilangan yang dekat dan mudah dijumlahkan (pembulatan).

SD Kelas 3

Kak Jo memberitahu cara menjaga siklus air kepada Dodi dan Shinta, yaitu dengan cara menghemat air, tidak mengotori sungai dan parit, menjaga kelestarian pohon, serta tidak mengotori pantai dan laut. Kemudian Kak Jo mengajak untuk menulis tematik tentang perjalanan siklus air dan menjaga siklus air. Dodi dan Shinta lalu melakukan percobaan sederhana tentang terbentuknya awan dan turunnya hujan. Selain itu, Dodi juga belajar cara menghitung perkalian melalui media toples yang diisi dengan air.




SD Kelas 4

Teman-teman pemirsa diajak membaca buku berjudul “Kakak Ompong”. Kisahnya tentang seorang kakak yang menolong orang- orang yang sedang tertimpa bencana. Kakak dan Adik lalu belajar memahami tabel kebakaran hutan, menjawab pertanyaan sesuai tabel dengan pembulatan angka desimal, serta memberikan rekapitulasi data kebakaran hutan sesuai dengan tabel. Oya, Kakak juga memberi tugas membuat buku saku berisi tindakan penyelamatan diri ketika menghadapi bencana.

SD Kelas 5

Topik pada hari ini masih seputar menghadapi bencana. Kak Angga akan memberikan info tentang pusat gempa yang disebut episentrum dan hiposentrum. Kita bisa lho, menentukan episentrum suatu gempa. Ada pula cerita menarik dari buku berjudul “Itam dan U”, tentang Itam yang hampir tersapu gelombang air laut! Ada pun proyek kreatif membuat buku saku tanggap bencana di hari ke- 5 minggu ini tiba pada tahap membuat laporan.

SD Kelas 6

Dania dan Ibu bertemu Siwi di kafe. Siwi penasaran, karena melihat Dania membawa buku saku. Ibu Dania pun menjelaskan apa itu buku saku dan cara membuat buku saku penyelamatan diri ketika menghadapi bencana. Siwi dan Dania juga membahas buku “Burung Kolibri Telah Bicara” yang dibawa Dania. Mereka membahas bencana banjir, dan Ibu bilang, luas daerah banjir bisa dihitung dengan rumus lingkaran.

Demikianlah informasi seputar materi pembelajaran BDR TVRI hari Kamis, 26 Februari 2021, semoga bermanfaat.

Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 26 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 22 – 26 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI




Manfaat Belajar dari Rumah

  1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua.
  2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif belajar.
  3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak.
  4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.
  5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 26 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 22 – 26 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud


Read previous post:
Jadwal Tempat Layanan SIM dan STNK Keliling
Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini Jumat 26 Februari 2021

Close