Soal Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA SMK Halaman 162 dan 163 Perbedaan Puisi dan Kunci Jawaban. Dalam artikel tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini kami menyajikan informasi dengan lengkap dan jelas.

Berikut kunci jawaban pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 162 dan 163 Kurikulum Merdeka, tentang perbedaan kedua teks pada sebuah tabel.

Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk kelas 10 SMA SMK Kurikulum Merdeka, pada Bab 6 masuk pada Bab tentang Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi.

Puisi merupakan salah satu karya sastra, selain prosa dan drama. Biasanya digunakan seseorang untuk mengungkapkan pikiran, gagasan dan perasaan dalam kata-kata indah.

Untuk memahami konsep puisi, para siswa kelas 10 bisa mencermati teks puisi pada buku Bahasa Indonesia. Selanjutnya menjawab pertanyaan pada buku halaman 162 163.

Jika diperlukan, Anda diperkenankan untuk mengembangkan kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 25 Maret 2024 Update Terbaru Valid

Kali ini kami akan menuliskan kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen.

Selain itu, kami juga memaparkan informasi dalam kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini secara urut dan rinci.

Artikel yang berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini kami tulis berdasarkan Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X.

Sebelum menjawab pertanyana, siswa kelas 10 diminta untuk membaca teks 1 yang berisi puisi karya Sapardi Djoko Damono berjudul Pada Suatu Hari Nanti, dan teks 2 karya Widlan Pradistya Putra berjudul Setelah Dibada ke Ruangan Besar.  Selanjutnya, siswa menuliskan perbedaan dari kedua teks antara teks 1 dan teks 2, dan memasukkan kepada tabel 6.2.

Untuk lebih memahami tema ini, maka alangkah baiknya jika siswa kelas 10 mengerjakan tugas ini secara mandiri terlebih dahulu. Atau meminta bantuan teman, orang tua atau guru pendamping.

Baca Juga :  Info Jadwal Libur Sekolah Lebaran 2024 di 38 Provinsi

Kami berharap kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini dapat membantu Anda dalam mencari jawaban.

Maka, simaklah kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen ini dengan teliti.

Berikut kami uraikan kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen.

1. Bentuk

Teks 1 berbentuk baris/larik atau bait

Teks 2 berbentuk paragraf/alinea

2. Pengaturan bunyi akhir

Teks 1 memiliki akhir bunyi -i

Teks 2 tidak ada pengaturan bunyi akhir

3. Bahasa

Teks 1 menggunakan gaya bahasa yang bervariasi

Teks 2 memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami

4. Makna

Teks 1 makna disampaikan secara tersirat

Teks 2 makna disampaikan secara tersurat

Kesimpulan:

1. Berdasarkan tabel perbedaan di atas, teks manakah yang disebut sebagai teks puisi? Jelaskan alasan dan buktinya!

Jawaban:

Teks puisi adalah teks 1 karena terdiri atas bait-bait, memiliki pengaturan bunyi akhir, memiliki gaya bahasa yang padat, dan memiliki makna yang disampaikan secara tersirat.

Baca Juga :  Update Link Mirror Pengumuman Hasil SNBP 2024 dan Cara Cek Hasilnya

Bukti:

Pada suatu hari nanti,
Jasadku tak akan ada lagi,
Tapi dalam bait-bait sajak ini,
Kau tak akan kurelakan sendiri

2. Berdasarkan pemahaman kalian sendiri, apa yang maksud dengan puisi? Jelaskan beserta ciri-cirinya!

Jawaban:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang digunakan seseorang untuk menyampaikan gagasan atau pikiran dengan kata-kata kiasan dan indah.

Ciri-ciri puisi:

– berbentuk baris/larik atau bait

– memiliki pengaturan bunyi akhir

– menggunakan gaya bahasa yang indah

– memiliki makna tersirat

Sekian pemaparan kunci jawaban Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas 10 SMA/SMK halaman 162 dan 163 perbedaan puisi dan cerpen yang telah kami lakukan.