Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA SMK halaman 58 59 Kegiatan 2 Datu Mabrur, Hikayat Sa-ijaan Ikan Todak Beserta Kunci Jawaban. Bagi sebagian siswa mungkin terasa cukup sulit untuk memahami cerita dalam suatu hikayat, sebab ada beberapa kosakata yang tidak familiar dan kalimatnya sedikit berbeda.

Meskipun sudah tersaji alternatif jawaban dari pembahasan ini, siswa sangat dianjurkan untuk menuliskan jawaban kembali dengan menggunakan kalimat dan gaya bahasa yang berbeda.

Soal Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 58 59 Kurikulum Merdeka membahas tentang Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 diperuntukkan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA SMK halaman 58 59 Kegiatan 2 Datu Mabrur, Hikayat Sa-ijaan Ikan Todak Beserta Kunci Jawaban

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 58 59 Kurikulum Merdeka.

Sebelum melihat kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 58 59 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.

Simak kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 58 59 Kegiatan 2 sifat Datu Mabrur dalam penggalan cerita Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak.

Oleh karena itu, siswa dapat melihat kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 58 59 Kegiatan 2 tentang sifat Datu Mabrur dalam cerita Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak di sini.

Mengenal Ikan Todak

Ikan todak, yang juga dikenal sebagai “barracuda” dalam bahasa Inggris, adalah jenis ikan laut yang dapat ditemukan di berbagai perairan di seluruh dunia. Beberapa karakteristik umum ikan todak meliputi:

  1. Bentuk Tubuh yang Panjang dan Silinder: Ikan todak memiliki tubuh yang panjang dan silinder dengan sirip ekor yang bercabang dan gigi tajam di rahang atas dan bawahnya.
  2. Gigi Tajam: Ikan todak dikenal karena memiliki gigi yang sangat tajam dan kuat yang digunakan untuk menangkap mangsa. Gigi ini dapat tumbuh hingga beberapa sentimeter panjangnya.
  3. Warna Tubuh yang Umumnya Abu-Abu atau Abu-Abu Kebiruan: Ikan todak biasanya memiliki warna tubuh abu-abu atau abu-abu kebiruan dengan serangkaian bercak hitam atau garis pada sisiknya.
  4. Cepat dan Kuat: Ikan todak dikenal sebagai perenang yang cepat dan kuat. Mereka sering berenang di kelompok kecil atau soliter di perairan terbuka.
  5. Pemangsa: Ikan todak adalah pemangsa yang aktif dan memangsa ikan kecil, udang, dan makhluk laut lainnya. Mereka memburu mangsa mereka dengan cepat dan dengan presisi.
Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Ikan todak dapat ditemui di berbagai habitat, termasuk perairan pantai, karang, terumbu karang, dan laut lepas. Mereka adalah ikan yang menarik untuk disaksikan dalam kehidupan bawah laut, namun di beberapa wilayah, mereka juga merupakan target bagi para pemancing. Penting untuk berhati-hati ketika berenang atau menyelam di perairan di mana ikan todak berada, karena mereka dapat menjadi pemangsa yang kuat.

Kunci jawaban ini bisa dipakai sebagai referensi. Para orang tua dapat menjadikannya sebagai sumber belajar tambahan ketika sedang membimbing putra putri saat belajar di rumah.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA SMK halaman 58 59 Kegiatan 2 Datu Mabrur, Hikayat Sa-ijaan Ikan Todak Beserta Kunci Jawaban

Inilah pembahasan jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 SMA halaman 58 dan 59:

Kegiatan 2

1. Berdasarkan penggalan cerita pada Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak berikut, sifat Datu Mabrur apakah yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca?
Siang-malam ia bersamadi di batu karang, di antara percikan buih, debur ombak, angin, gelombang dan badai topan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Pembahasan:
Penulis telah mendeskripsikan sifat Datu Mabrur lewat apa yang dia lakukan. Datu Mebrur adalah seorang Datu yang sakti mandraguna. Dia juga adalah sosok yang tekun, taat kepada sang pencipta, bijaksana, dan baik hati.

Namun khusus dari penggalan cerita yang ada pada soal, penulis ingin mengungkapkan sifat Datu Mabrur sebagai sosok yang tekun.

2. Bagaimana perasaan Ikan Todak saat muncul ke permukaan dan memperkenalkan dirinya kepada Datu mabrur?

Pembahasan:
Saat datang menghampiri Datu Mabrur, sang raja Ikan Todak merasa sangat marah sebab rakyatnya telah dikalahkan dan dia juga kalah. Raja Ikan Todak marah karena samadhi yang dilakukan datu membuat kerajaannya bergelora.

3. Apakah kalian setuju dengan sikap Raja Ikan Todak yang menyerang Datu Mabrur?

Setuju
Tidak setuju (pilih tidak setuju)

Alasan:
Sebenarnya raja Ikan Todak bisa datang baik-baik menghampiri Datu Mabrur untuk mempertanyakan apa yang telah membuat kerajaannya bergelora, dengan demikian tidak akan ada korban dari golongan para rakyat.

4. Tentukan apakah pernyataan berikut ini benar atau salah.

a. Datu Mabrur ingin memiliki pulau yang dapat ia tinggali dan kuasai (SALAH)
Alasan: Datu Mabrur ingin memiliki pulau untuk ditinggali oleh anak cucunya kelak, bukan untuk dia kuasai sendiri.

b. Datu Mabrur dapat mengatasi serangan Ikan Todak (BENAR)
Alasan:
Saat diserang oleh rakyat Ikan Todak secara bertubi-tubi, Datu Mabrur bisa menangkisnya tanpa bergerak ataupun berpindah posisi. Para ikan berjatuhan ke laut dan luka-luka.

c. Ikan Todak menyerang Datu Mabrur karena telah sengaja menyakiti pasukannya (SALAH)
Alasan:
Datu Mabrur tidak sengaja mengusik ketenangan kerajaan ikan karena samadhinya. Hal itu membuat raja Ikan todak dan rakyatnya marah. Setelah diserang barulah Datu menangkis serangan para ikan dan membuat mereka terluka.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Super Sus 25 Maret 2024 Terbaru dan Valid, SImak Cara Mainnya

d. Sa-ijaan berarti saling membantu. (SALAH)
Alasan:
Sa-ijaan artinya semufakat, satu hati dan se-iya sekata.

e. Proses munculnya daratan baru dari dasar laut terjadi sejak tengah malam hingga pagi hari (BENAR)
Alasan:
Proses terbentuknya pulau dimulai sejak sebelum tengah malam, kemudian bersamaan dengan terbitnya matahari pagi, daratan itu telah timbul sepenuhnya.

5. Bagaimana hubungan pesan moral yang disampaikan dengan kondisi masyarakat pada saat ini?

Pembahasan:
Dalam hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak mengajarkan jika kita perlu membantu sesama makhluk ciptaan Tuhan, bekerja sama, dan tekun jika menginginkan sesuatu.

Sebagai catatan, artikel materi ini merupakan pendamping bagi para orang tua untuk pembelajaran anaknya, jawaban bersifat terbuka. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 58 59 Kegiatan 2 sifat Datu Mabrur dalam penggalan cerita Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA SMK halaman 58 59 Kegiatan 2 Datu Mabrur, Hikayat Sa-ijaan Ikan Todak Beserta Kunci Jawaban

Sumber :