Skenario AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Dunia Pendidikan. Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan dan Physical Distancing. Penerapan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sektor pendidikan tengah dibahas oleh pemerintah. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Menurutnya, pemerintah masih membahas panduan maupun aturan tatanan normal baru, yang nantinya diterapkan kepada pelajar.

Skenario AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Dunia Pendidikan



Seperti yang sudah kita tahu Sobat Phi, new normal adalah kebijakan baru terkait aktivitas warga di tengah pandemi covid-19. Aturan new normal akan mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah sebaran virus corona, sehingga siswa bisa belajar dan terhindar dari covid-19. Nah, poin utamanya sebagai berikut.

  1. Waktu Sekolah Lebih Pendek

Jika biasanya masuk sekolah jam 7.00 dan pulang dan 13.00, maka hal ini tidak berlaku lagi di era new normal. Dipastikan kamu akan belajar paling lama hanya empat jam dalam sehari. Namun, tergantung sekolah masing-masing. Bisa jadi sekolahmu menerapkan waktu yang lebih singkat lagi untuk belajar di sekolah.

  1. Sekolah hanya Seminggu Sekali



Salah satu aturan yang ditekankan di era new normal ini adalah frekuensi berangkat ke sekolah. Setiap siswa hanya dipersilakan masuk sekolah seminggu sekali. Meski begitu, siswa tetap diberikan tugas untuk belajar di rumah.

  1. Menerapkan Physical Distancing

Meski nanti harus masuk sekolah, tetap dilarang berkerumun dan kamu harus tetap menerapkan physical distancing. Nantinya Sobat Phi akan diarahkan untuk masuk dan keluar kelas secara bergiliran, satu per satu, agar tidak berpapasan. Di dalam kelas pun, tempat duduk diberi jarak antar siswa.

  1. Bergiliran Pergi ke Sekolah

Di era kenormalan baru, tidak semua siswa serentak ke sekolah. Tapi digilir, agar tidak menimbulkan kerumunan. Dalam satu hari, paling banyak 10 siswa untuk satu kelas, atau disesuaikan dengan kebijakan sekolah.

Skenario AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Dunia Pendidikan



Itulah beberapa poin penyesuaian di sektor pendidikan dalam era kenormalan baru. Pemerintah tak ingin terburu-buru menentukan panduan tatanan normal baru di bidang pendidikan, namun diperlukan kajian dan diskusi agar penerapan new normal berjalan dengan baik. Menurut Sobat Phi bagaimana?

*sumber: kompas.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020
Materi Dan Pembahasan Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020

KPAI Apresiasi PPDB 2020 di Jabar
KPAI Apresiasi PPDB 2020 di Jabar

Close