Menilik Rencana AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah-sekolah Jabar. Provinsi Jawa Barat bersama wilayah lainnya di Indonesia terpaksa meliburkan siswa dalam proses kegiatan belajar di sekolah selama pandemi covid-19. Namun, siswa tetap belajar di rumah untuk mencegah penularan virus Corona di lingkungan tempat tinggalnya. Nah, kini akan ditetapkan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan sekolah. Kita intip yuk rencana skenario new normal di sekolah-sekolah yang ada di kawasan Jawa Barat.

Menilik Rencana AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah-sekolah Jabar

Bekasi

Sejumlah protokol atau pengaturan untuk mencegah merebaknya covid-19 sedang dimatangkan Pemkot Bekasi untuk persiapan penerapan kenormalan baru di sekolah pada Juni mendatang. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Inayatullah menjelaskan bahwa akan ada perubahan dibandingkan masa sebelum pandemi Corona. Misalnya, tempat duduk antar siswa diatur dengan jarak tertentu sehingga kapasitas kelas berkurang hingga lama waktu kegiatan belajar mengajar yang kemungkinan akan lebih pendek.

Bogor

Di Bogor, proses belajar mengajar di sekolah era new normal dilakukan dengan sejumlah pembatasan. Seperti jumlah siswa setiap kelas dibatasi 50 persen dan jam belajar hanya empat jam per hari. Siswa juga diatur masuk bergilir. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin mengatakan, saat ini Disdik Bogor masih membuat formulasi tentang skema kegiatan belajar mengajar (KBM) ketika new normal. Sebab, selain mengikuti protokol kesehatan ketat, banyak hal yang harus dimodifikasi.

Bandung

Dinas Pendidikan Kota Bandung sudah menyiapkan sejumlah skenario andai Kota Bandung ikut menerapkan new normal awal Juni 2020. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Disdik Kota Bandung, Edy Suparjoto mengatakan, bila Kota Bandung menerapkan new normal, protokol kesehatannya harus sangat ketat. Selain itu, sekolah harus menyediakan perlengkapan pendukung penanggulangan Covid-19.

Di Kabupaten Bandung, Kadisdik Kabupaten Bandung Juhana menyampaikan, akan memberikan edukasi pada orang tua dan menyiapkan model pembelajaran daring maupun guru kunjung. Sebab, diketahui masih banyak orang tua yang enggan memberangkatkan anaknya ke sekolah di era new normal. Sementara soal kesehatan tenaga didik, pihaknya memprioritaskan tes covid-19 bagi ribuan guru di Kabupaten Bandung yang berada di dalam zona merah.

Di sisi lain, kebijakan new normal di Jabar untuk sementara berlangsung di 15 daerah. Meski begitu, Pemprov Jabar belum memperbolehkan ada kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, pemerintah masih akan meneliti terlebih dahulu terkait risiko penyebaran covid-19 di wilayah sekolah. “Kami akan meneliti lebih dalam karena jumlahnya jutaan. Ini keselamatan anak-anak harus kita utamakan,” tuturnya.

Menilik Rencana AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah-sekolah Jabar

Itulah sedikit gambaran mengenai penerapan new normal di tiga kawasan di Jawa Barat. Jika kamu memutuskan untuk pergi ke sekolah di tengah pandemi, ikuti protokol kesehatan yang ada dan jaga kesehatan, ya!

*sumber: prfm, tribun, radar bogor.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Skenario AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Dunia Pendidikan
Skenario AKB Adaptasi Kebiasaan Baru di Dunia Pendidikan

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020
Materi Dan Pembahasan Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Juni 2020

Close