Siswa Berprestasi, Siswi SMP di Pangandaran, Raih Juara 1 Baca dan Tulis Aksara Sunda se-Jawa Barat, Siswi bernama Silvi Octaviani kelas 9 di SMP Negeri 2 Kalipucang Pangandaran, menjadi juara 1 dari 27 peserta, mengenai baca dan tulis aksara Sunda pada festival tunas bahasa ibu 2021 jenjang SMP se-Jawa barat yang digelar di satu hotel di Soreang Kabupaten Bandung.

Siswa Berprestasi, Siswi SMP di Pangandaran, Raih Juara 1 Baca dan Tulis Aksara Sunda se-Jawa Barat

Baca Yuk :

Dikutip dari tribun jabar, Kepala SMPN 2 Kalipucang, Endang Budiana mengaku, sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Silvi.

“Karena belakangan ini, kan, banyak anak remaja yang bermain gadget dan terbawa era (zaman) atau lainnya. Tapi alhamdulilah, masih ada anak yang mencintai dan menyukai budaya Sunda khususnya di aksara baca, tulis bahasa Sunda,” ujarnya.

Menurut Kepala SMPN 2 Kalipucang, Endang Budiana, Silvi itu berbeda dengan anak yang lain. Tidak seperti pergaulan anak-anak remaja sekarang yang lebih banyak bermain gadget daripada belajar.

“Dia belajarnya sangat tekun, anaknya rajin dan mennurut dengan apa yang diperintahkan oleh bapak ibu gurunya,” ujarnya.

“Dan saya kira, setelah komunikasi dengan pihak orang tua, menurutnya, Silvi itu kesehariannya terpaku dengan buku. Jadi, mungkin dia hobi membaca buku, khususnya pada bahasa Sunda,” ujarnya.

Silvi mengatakan, awalnya putus asa, karena Lomba Nulis Jeung Maca Aksara Sunda, susah. Tapi berkat motivasi dari keluarga dan teman-teman, Silvi terus berusaha belajar dan bisa menguasai baca tulis aksara Sunda. Tidak menyangka bisa sampai meraih juara.

Silvi juga mengaku sangat terharu dengan penyambutan yang dilakukan warga, sekolah, dan Muspika Kalimpucang.

Referensi : inews.id, tribunnews.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now