Greeone

Sejuta Manfaat Kesehatan Pada Ikan Toman. Ikan toman memiliki nama ilmiah Channa micropeltes. Dikutip dari artikel di situs UNAIR, ikan toman merupakan salah satu jenis ikan perairan sungai, rawa, parit, dan danau.

Ikan toman ini biasa menjadi bahan makanan di negara-negara Asia tropis, misalnya Semenanjung Malaysia, Sungai Menam, Sungai Meikong, Pulau Sumatera, dan lain sebagainya. Selain itu, ikan toman banyak ditemukan di wilayah Kalimantan Barat.

Baca Yuk :

Dikutip dari situs cabi.org, ikan toman adalah ikan yang dapat bertahan hidup di luar air dalam waktu yang lama. Spesies ini disebut bisa bermigrasi ke lingkungan perairan yang baru dan bertahan hidup di area kering.



Belakangan ini banyak penelitian tentang zat gizi dan senyawa-senyawa bioaktif yang terkandung di dalam ikan toman. Dapat  diperkirakan  bahwa  daging  ikan-ikan marga  Channa  mengandung  protein  yang tinggi. Hebatnya, Ikan toman ini juga sangat kaya akan albumin, yaitu salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Kandungan albumin ini akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya berat dan ukuran ikan.

Kandungan Dari Ikan Toman

Asam-asam  amino  esensil  dan  asam-asam lemak  esensil,  di  antaranya  asam  linoleat  (C18:2)  dan  asam arakhidonat  (C20:4),  yang  termasuk  dalam  kelompok  asam lemak omega-3 dan omega-6 juga terkandung dalam daging ikan toman. Dalam sebuah penelitian yang dikemukakan oleh Pratama et al. (2020), ikan toman memiliki jenis asam-asam amino yaitu : Threonine, valine, methionine, L-leusin, leusin, fenilalanin, histidin, lisin, arginin, asam aspartat, serin, glutamat, glisin, alisin, dan tirosin.

Di samping itu, daging ikan ini terbukti mengandung banyak mineral, antara lain Zn (seng), Fe (zat besi), K (kalium), dan Ca (kalsium). Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi ikan Ikan toman memiliki dampak medis yang penting dalam berbagai perawatan seperti mempertahankan tekanan osmotik, mempercepat proses penyembuhan luka, sebagai potensi antihiglikemik, dan sangat baik bagi penderita hipoalbuminemia. Namun demikian, ikan ini juga dikonsumsi untuk menyembuhkan luka pada kulit, untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pasca operasi.



Harga Ikan Toman

Dari segi nilai ekonomi, pastinya ikan ini memiliki nilai yang tinggi. Di daerah asalnya, yaitu Kalimantan dan Sumatera, Ikan toman liar hasil tangkapan dari sungai, danau dan rawa-rawa kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Ikan toman asin menjadi salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Tak hanya diasinkan, ikan toman segar atau hidup juga diperjual belikan untuk dikonsumsi rumah tangga. Bahkan, banyak kolektor ikan hias berani membayar mahal untuk ikan ini.

Sejuta Manfaat Kesehatan Pada Ikan Toman

Sumber : http://news.unair.ac.id/2020/05/04/ikan-toman-ikan-liar-dengan-gizi-tinggi-dan-sejuta-manfaat-kesehatan/

Baca Yuk :

Streaming Now