Sejarah TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi), Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) adalah istilah yang menggambarkan pemrosesan umum dan komunikasi informasi melalui teknologi. Perkembangan peradaban manusia dari zaman pra-sejarah hingga zaman modern tidak terlepas dari bidang komunikasi dan informasi

Sejarah TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak yang begitu besar dalam peradaban manusia.



Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah istilah yang lebih luas untuk Teknologi Informasi (TI), yang mengacu pada semua teknologi komunikasi, termasuk internet, jaringan nirkabel, ponsel, komputer, perangkat lunak, middleware, konferensi video, jejaring sosial, dan lainnya.

TIK adalah aplikasi dan layanan media yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengambil, menyimpan, mengirim, dan memanipulasi informasi dalam bentuk digital.

TIK juga digunakan untuk merujuk pada konvergensi teknologi media seperti jaringan audio-visual dan telepon dengan jaringan komputer melalui sistem perpaduan kabel yang terpadu (termasuk distribusi dan manajemen sinyal) atau sistem tautan. Berikut ini Sejarah TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) diantaranya adalah:



  • Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan Televisi untuk pertama kalinya dengan bentuk tabung dan berukuran cukup besar, dengan pewarnaan yang masih hitam putih.
  • Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sebuah pengkodean menggunakan sistem hypertext.
  • Tahun 1946  berhasil dikembangkan sebuah komputer digital pertama didunia yang diberi nama ENIAC I.
  • Tahun 1948  sekelompok peneliti disebuah perusahaan bernama Bell Telephone berhasil mengembangkan Transistor.
  • Tahun 1957 Jean Hoerni berhasil mengembangkan kembali Transistor yang sudah ada dan diberi nama Transistor planar.
    Teknologi inilah yang menjadi titik awal pengembangan jutaan Transistor agar dapat dimasukan ke dalam kepingan kecil kristal silikon. Pada masa ini pula, USSR (Nama Rusia pada masa itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit buatan pertama dengan tugas sebagai mata-mata. Untuk membalas tindakan dari USSR tersebut, Amerika juga akhirnya membentuk ARPA  (Advance Research Projects Agency) yang dikomandoi oleh Departemen Pertahanan Amerika. Tujuan mereka saat itu adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
  • Tahun 1962  Rand Paul Barand salah satu ilmuwan perusahaan RAND ditunjuk untuk mengembangkan sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan bom dan peluru kendali berbahan nuklir.
  • Tahun 1969 University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah berhasil mengembangkan sistem jaringan internet yang pertama dengan menghubungkan 4 titik dengan kekuatan 50Kbps.
  • Tahun 1972  Ray Tomlinson berhasil menciptakan sebuah program pengiriman surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima dalam waktu yang hampir bersamaan yang kita kenal dengan nama e-mail.
  • Tahun 1973 internet mulai diperkenalkan kedalam sebuah tulisan TCP/IP (Transmission Control Protocol) yang kemudian dikembangkan oleh sebuah grup dari DARPA yang dikenal dengan nama TCP/IP.
  • Tahun 1976 Apple Diluncurkan, Steve Wozniak merancang Apple I, sebuah single-board computer. Dengan spesifikasi di tangan dan pesanan untuk 100 mesin seharga $ 500 masing-masing dari Byte Shop, ia dan Steve Jobs memulai bisnis mereka. Sekitar 200 mesin terjual sebelum perusahaan mengumumkan Apple II sebagai komputer lengkap.
  • Tahun 1980 Hard Disk Drive Pertama (HDD), Seagate Technology menciptakan hard disk drive pertama untuk mikrokomputer, ST506. Disk menampung 5 megabyte data, lima kali lipat dari floppy disk standar, dan sesuai dengan ruang drive floppy disk.
  • Tahun 1981 National Science Foundation mengembangkan backbone dengan kapasitas 56 Kbps yang disebut CSNET.  CSNET dipakai untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
  • Tahun 1986 IETF  berhasil mengembangkan sebuah server sebagai alat koordinasi dan penyambung komunikasi antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
  • Tahun 1991 sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali dimulai sebuah perusahaan bernama CERN menanggulangi
  • Tahun 1992 dibentuklah komunitas internet pertama kali oleh CERN dan pada saat itu juga diperkenalkanlah istilah WWW (World Wide Web).
  • Tahun 1993 NSF membentuk InterNIC yang menyediakan jasa internet untuk keperluan direktori, penyimpanan data menggunakan database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc), dan jasa informasi (General Atomics/CERFnet).
  • Tahun  1994 internet berkembang dengan sangat cepat dan masuk kedalam setiap lapisan kehidupan manusia dan tidak terpisahkan lagi.
  • Tahun 1995 banyak perusahaan yang menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone, yang pada akhirnya digunakan sebagai bagian untuk mengembangkan teknologi internet, dan pengembangan penelitian lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan sistem dan alat yang lebih canggih lagi.
  • Tahun 1998 Google Diluncurkan, Google awalnya hadir pada Januari 1996 sebagai proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka berdua adalah mahasiswa PhD di Stanford University di California.
  • Tahun 2004 Facebook Hadir, Facebook adalah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004, dioperasikan dan dimiliki secara pribadi oleh Facebook Inc. Facebook saat ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif dan nilai sekitar 41 miliar dolar AS.

Sejarah Perkembangan Tik di Indonesia

Sejarah TIK di Indonesia dimulai dengan kehadiran radio pada tahun 1925. Kehadiran radio ini kemudian memunculkan banyak stasiun radio yang menyiarkan berita di Indonesia.



Tahun 1988, internet hadir dan mulai digunakan masyarakat Indonesia kala itu. Hingga tahun 2000-an dan sekarang internet mulai menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia

Kini teknologi informasi seolah tidak bisa dibendung lagi dan akan terus melaju dengan pesat, untuk itu kita harus tetap berani mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan teknologi informasi. Karena perkembangan teknologi pada dasarnya memiliki tujuan untuk mempermudah setiap kegiatan dan aktifitas manusia.  Demikian Sejarah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, semoga bermanfaat.

Source :qwords.com, kamiwebdevelopment.com


Read previous post:
snmptn
Tips Memilih Prodi Pertama dan Kedua di SNMPTN 2021

Close