Hari Bahasa Ibu Internasional 2021, Setiap Tanggal 21 Februari adalah peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional atau dikenal dengan International Mother Language Day.

Hari Bahasa Ibu Internasional 2021

Dilansir dari pandi.id, PANDI dan Para Pegiat Bahasa Sunda Semarakkan Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional secara Virtual

foto: pandi.id

Sejumlah komunitas dan lembaga pegiat bahasa Sunda akan menyelenggarakan berbagai acara untuk menyambut Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII), 21 Februari 2021. HBII merupakan salah satu program UNESCO untuk melestarikan dan melindungi semua bahasa yang digunakan oleh masyarakat di dunia.



Ada beberapa acara yang akan diselenggarakan pada Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2021. Salah satunya yaitu Selebrasi Lomba Pembuatan Website dengan Konten Aksara Sunda, yang diselenggarakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia sejak Juli 2020. Tidak hanya melakukan kegiatan lomba membuat website namun ada banyak kegiatan lagi yang rencana nya akan memeriahkan acara ini, seperti Olimpiade Bahasa Sunda, 1.000 Video Bahasa Ibu dan lainnya. Informasi lengkapnya pada laman pandi.id.

Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional

Hari Bahasa Ibu Internasional berasal dari pengakuan internasional terhadap Hari Gerakan Bahasa yang dirayakan di Bangladesh. Resolusi bahasa internasional ini disarankan oleh Rafiqul Islam, seorang Bangli yang tinggal di Vancouver, Kanada.

Ia menulis surat kepada Kofi Annan pada tanggal 9 Januari 1998, memintanya untuk mengambil langkah untuk menyelamatkan bahasa dunia dari kepunahan dengan mendeklarasikan Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day).



Bahasa Ibu dalam bahasa Inggris disebut native language adalah bahasa pertama yang dikuasai atau diperoleh anak. Di mana pun anak itu lahir, kemudian ia memeroleh atau menguasai bahasa pertamanya maka bahasa yang dikuasai itu merupakan bahasa Ibu.

Apakah itu bahasa daerah, bahasa Nasional, hingga bahasa Internasional misalnya bahasa Inggris umumnya, bahasa pertama yang dikuasai seorang anak adalah bahasa Ibu (bahasa daerahnya) bukan bahasa Nasional atau Internasional. Akan tetapi tidak menuntut kemungkinan bahasa pertama yang ia tahu dan gunakan adalah bahasa negaranya dan bahasa Internasional. Bergantung pada siapa, di mana, dan atas kepentingan apa bahasa tersebut dibelajarkan.

Hari Bahasa Ibu Internasional adalah peringatan tahunan seluruh dunia yang diadakan pada 21 Februari, untuk mempromosikan kesadaran akan keanekaragaman bahasa dan budaya serta mempromosikan multibahasa.

 Bahasa Ibu adalah bahasa yang pertama kali dipelajari seseorang sejak kecil secara alamiah dan menjadi dasar sarana komunikasi serta pemahaman terhadap lingkungannya. Menurut data di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah bahasa terbanyak kedua di dunia.



Penggunaan bahasa daerah dapat meningkatkan toleransi budaya. Seseorang yang menguasai bahasa daerah tertentu harus memiliki sifat toleran terhadap orang lain di luar sukunya agar tidak timbul perpecahan di masyarakat. Karena dengan mengenal budaya lain, seseorang juga belajar untuk memaknai keragaman dan bisa menerima perbedaan lebih bijaksana

Untuk itu, pemerintah bersama pemerintah daerah dan masyarakat mempunyai kewajiban untuk melindungi bahasa daerah sebagai bagian dari kekayaan takbenda yang sangat berharga dan tidak ternilai harganya. Demikian artikel tentang Hari Bahasa Ibu Internasional 2021, semoga bermanfaat.

Source:  itjen.kemdikbud.go.id, pandi.id, febykurniawatirejeki.com

Read previous post:
Cara Daftar BPUM BLT UMKM Rp 2,4 Juta
Cara Daftar UMKM Secara Online Login www.depkop.go.id Rp 2,4 juta Februari 2021

Close