Sederet Tantangan Sistem Pembelajaran Online. Semenjak pandemi covid-19 melanda, hampir semua sistem pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Nah, kunci efektivitas dari sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran secara menyenangkan dan mudah dimengerti. Sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.



Sederet Tantangan Sistem Pembelajaran Online

Berikut ini PhiRadio akan mengulas sederet tantangan bagi pelajar dan guru dalam sistem pembelajaran online.

  1. Belajar Lebih Melek Teknologi

Pembelajaran daring menuntur guru untuk memanfaatkan media teknologi. Yang paling umum misalnya presentasi melalui Zoom, penugasan via Google Classroom, pre-test atau post-test dengan kuis, dan pemberian tugas proyek dengan pemanfaatan Google Drive, presentasi interaktif dengan peardeck, dan lain-lain. Hal ini brsifat mutlak untuk mentransfer pengetahuan kepada peserta didik secara menarik dan efektif. Dalam hal ini, siswa juga dituntut untuk tahu cara menggunakan semua aplikasi dalam pembelajaran online.

  1. Waktu yang Terbatas

Tantangan selanjutnya adalah menyajikan dan menerima pembelajaran yang terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu. Guru perlu mengatur jam belajar agar siswa tidak perlu terlalu lama menatap monitor. Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail. Guru dan siswa dapat menetapkan tujuan pembelajaran sesuai ketersediaan waktu dan memilih materi yang akan disampaikan dengan langkah-langkah yang tepat dan akurat.



  1. Menyamakan Visi

Dalam melakukan pembelajaran online, menyatukan persepsi dan konsentrasi anak-anak didik yang serba berjauhan adalah perkara yang tidak mudah. Ini hanya bisa dilakukan oleh guru yang memiliki visi yang jelas dalam pembelajaran dan mampu menjalin ikatan batin dengan siswa dengan melakukan perannya sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator.

  1. Memantapkan Kolaborasi

Mendorong kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah adalah tantangan berikutnya. Guru harus kreatif dalam meramu materi, menggunakan metode yang menyenangkan, dan memberikan tugas-tugas yang dapat menstimulasi siswa untuk bertanya kepada baik kepada guru, teman sekelas, maupun orang tua mereka. Hal ini dapat mendorong kolaborasi antara orang tua dan siswa dalam membantu kebutuhan belajar siswa.



Sederet Tantangan Sistem Pembelajaran Online

Pembelajaran secara daring sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi sebagian sekolah di Indonesia. Namun, di masa sulit ini, tentu menjadi tantangan sendiri bagi guru dan murid karena harus dilalui dengan mental yang kuat.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal-Dan-Materi-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Jumat-19-Juni-2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 19 Juni 2020

Cek 7 Kuliah Jurusan Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari
Cek 7 Kuliah Jurusan Kesehatan yang Lulusannya Banyak Dicari

GMC
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020

Close