Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya. Jerman juga memiliki reputasi sebagai pusat inovasi global dan merupakan rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia.

Menurut data dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman terdapat sekitar 8.000 pelajar Indonesia yang ada di Jerman untuk melanjutkan studi.

Jerman dikenal sebagai salah satu tujuan studi terkemuka di dunia, terutama dalam bidang teknik dan sains. Dengan biaya pendidikan yang terjangkau bahkan gratis, Jerman menawarkan peluang pendidikan yang sangat kompetitif bagi mahasiswa internasional.

Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya

Kuliah di Jerman dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk:

  1. Pendidikan Berkualitas Tinggi: Jerman dikenal dengan sistem pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi. Universitas-universitas Jerman menawarkan beragam program akademik yang didukung oleh penelitian terkemuka. Anda akan mendapatkan pendidikan yang kuat dan bermutu.
  2. Biaya Kuliah Rendah atau Gratis: Banyak universitas di Jerman menawarkan kuliah yang rendah atau bahkan gratis untuk mahasiswa internasional. Ini membuat Jerman menjadi salah satu negara tujuan pendidikan yang terjangkau.
  3. Kemampuan Bahasa Jerman: Kuliah di Jerman memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki kemampuan berbahasa Jerman Anda. Memiliki kemampuan bahasa Jerman yang baik adalah aset berharga dalam dunia kerja, terutama jika Anda ingin bekerja di Jerman atau dalam perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan Jerman.
  4. Kemampuan Multikultural: Jerman adalah tuan rumah bagi banyak mahasiswa internasional. Anda akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang dari berbagai negara, memperluas wawasan budaya, dan membangun jaringan yang luas.
  5. Kesempatan Riset: Jerman adalah pusat penelitian yang kuat, dan Anda dapat memiliki akses ke fasilitas penelitian canggih dan berkolaborasi dengan para ilmuwan terkemuka dalam bidang Anda.
  6. Pintu Masuk ke Pasar Kerja Eropa: Dengan gelar dari Jerman, Anda dapat memiliki akses ke pasar kerja Eropa yang luas. Jerman adalah salah satu ekonomi terbesar di Uni Eropa, dan memiliki gelar Jerman dapat membuka pintu bagi karier internasional di Eropa.
  7. Kehidupan Budaya dan Sosial: Jerman memiliki banyak aspek budaya dan sosial yang menarik. Anda dapat menikmati kehidupan budaya yang kaya, festival, makanan yang lezat, dan berbagai kegiatan sosial.
  8. Sistem Pendidikan Berorientasi Praktek: Banyak program di Jerman memiliki pendekatan yang kuat terhadap praktek dan kerja lapangan. Anda dapat mendapatkan pengalaman kerja nyata sepanjang studi Anda.
  9. Kualitas Hidup yang Tinggi: Jerman dikenal dengan kualitas hidup yang tinggi, sistem kesehatan yang baik, dan infrastruktur yang modern.
  10. Peluang Mobilitas Internasional: Kuliah di Jerman dapat membuka pintu bagi mobilitas internasional. Anda dapat bekerja di Jerman atau negara-negara lain setelah menyelesaikan studi Anda.
Baca Yuk! :  Link Nonton Streaming Film Makmum Full Movie Resmi Disini

Namun, perlu diingat bahwa proses pendaftaran dan persyaratan berbeda-beda di setiap universitas di Jerman. Anda juga harus mempertimbangkan biaya hidup, biaya transportasi, dan pembiayaan selama masa studi Anda. Pilihan program dan universitas yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dari pengalaman kuliah di Jerman.

Melansir dari lembaga persiapan belajar ke luar negeri, Schoters, berikut informasi tentang 3 kampus paling bergengsi di Jerman.

Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya

1. Technical University of Munich (TUM)

TUM mendapatkan posisi ke-37 pada pemeringkatan QS World University Rankings 2024.

Bidang terbaik di kampus ini, yaitu TUM Fisika dan Astronomi, Teknik Listrik dan Elektronik, serta Teknik Mesin, Penerbangan, dan Manufaktur.

Universitas ini memiliki fasilitas penelitian yang luar biasa dan menjalin kemitraan dengan banyak perusahaan terkemuka di industri.

Biaya kuliah S1 di sini rata-rata menghabiskan 2.000-3.000 euro atau setara dengan Rp 33 juta – Rp 49 juta per semesternya.

Lalu, untuk studi S2 dan S3 biaya kuliahnya berkisar 4.000 – 6.000 euro yang setara dengan Rp 66 juta – Rp 99 juta per semester.

Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya

Sementara biaya akomodasi di sini rata-rata sebesar 400 – 600 euro yang setara dengan Rp 6 juta – Rp 9 juta per bulan. Dengan biaya hidup sekitar 1.039 euro atau setara dengan Rp 17 juta per bulan, tetapi biaya ini bervariasi sesuai gaya hidup.

Baca Yuk! :  Fakta Unik Golongan Darah Yang Belum Diketahui, Ternyata Ada yang Rentan Terkena OCD!

Rekomendasi beasiswa:

  • TUM Asia Scholarship untuk S2 (hanya untuk gelar Master of Science)
  • Erasmus Scholarship untuk S2
  • LPDP untuk S2 dan S3
  • DAAD EPOS Scholarship untuk S2 dan S3
  • Beasiswa Indonesia Maju untuk S1 dan S2

2. Ludwig-Maximilians Universitat Munchen

LMU Munich adalah salah satu universitas riset terkemuka di Jerman dan merupakan salah satu dari universitas tertua di negara ini. Saat ini, LMU menempati posisi ke-54 dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2024.

Bidang terbaik di kampus ini, yaitu Biologi Molekuler dan Genetika, Imunologi
dan Fisika.

Biaya kuliah di LMU gratis, tetapi mahasiswa harus membayar daftar ulang setiap semester ke Munich Student Union sebesar 85 euro atau setara Rp 1,4 juta.

Biaya tempat tinggal di LMU juga bervariasi. Jika tinggal di asrama maka biaya rata-ratanya sebesar 300 – 370 euro yang setara dengan Rp 4,9 juta – Rp 6 juta per bulan.

Sementara itu, jika tinggal di luar asrama, biaya rata-ratanya sebesar 350 – 650 euro atau setara dengan Rp 5,7 juta – Rp 10 juta per bulan.

Biaya hidup di sini juga bervariasi sesuai gaya hidup, tetapi biaya rata-rata yang dihabiskan per bulannya sebesar 900 – 1.039 euro yang setara dengan Rp 14 juta – Rp 17 juta per bulan.

Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya

Rekomendasi beasiswa:

  • SIST LMU Study Scholarship untuk S3
  • Erasmus Scholarship untuk S2
  • LPDP untuk S2 dan S3
  • DAAD EPOS Scholarship untuk S2 dan S3
  • Beasiswa Indonesia Maju untuk S1 dan S2

3. Heidelberg University

Universitas Heidelberg, atau Ruprecht-Karls-Universit├Ąt Heidelberg, adalah salah satu institusi pendidikan tertua dan paling bergengsi di Jerman. Terletak di kota Heidelberg, universitas ini didirikan pada tahun 1386.

Baca Yuk! :  Contoh Soal Ulangan PPKN Kelas 2 SD Arti dan Makna Lambang Pancasila Kurikulum Merdeka 2023

Saat ini, Heidelberg University menempati posisi ke-87 versi QS World University Rankings 2024.

Universitas ini juga dihormati sebagai pusat riset terkemuka di Eropa. Bidang terbaik di kampus ini, antara lain Radiologi, Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Medis, Onkologi, serta Biologi dan Biokimia.

Biaya kuliah S1 dan S2 di sini sebesar 1.500 euro atau setara Rp 24 juta per semester. Lalu, untuk biaya tempat tinggal di asrama berkisar 200 – 400 euro yang setara dengan Rp 4,4 juta – Rp 6,6 juta per bulan.

Sementara itu, jika tinggal di luar asrama, biayanya rata-rata sebesar 400 – 500 euro atau setara dengan Rp 6,6 juta – Rp 8 juta per bulan.

Selanjutnya, untuk biaya hidup sendiri rata-rata sebesar 900 – 1.000 euro yang setara dengan Rp 14 juta – Rp 16 juta per bulan, sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

Rekomendasi beasiswa:

  • Hans – Peter Wild Talent Scholarship untuk S1 dan S2 (didapatkan ketika menjadi mahasiswa)
  • Erasmus Scholarship untuk S2
  • LPDP untuk S2 dan S3
  • DAAD EPOS Scholarship untuk S2 dan S3
  • Beasiswa Indonesia Maju untuk S1 dan S2

Rekomendasi Kampus Paling Bergengsi di Jerman Beserta Beasiswanya

Nah, itu dia 3 kampus paling bergengsi di Jerman beserta dengan rekomendasi beasiswanya. Kamu tertarik mendaftar yang mana?

Sumber : https://www.kompas.com/


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming