Rabu Tanggal 20 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional. Tanggal 20 Desember 2023 akan ada peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional yang rutin dirayakan setiap tahunnya. Di bawah ini ada sejarah dari peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional setiap tanggal 20 Desember.

Simak tanggal 20 Desember 2023 memperingati hari apa? Cek sejarah Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional di sini. Sejarah dari adanya Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional ini penting unutk diketahui oleh masyarakat agar mengetahui latar belakang sebuah peringatan internasional.

Tanggal 20 Desember 2023 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 20 Desember 2023.

Rabu Tanggal 20 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Tanggal 20 Desember 2023 terdapat peringatan yaitu Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).  Melansir dari situs resmi Dinsos Riau, peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Menteri Sosial, H. Moeljadi Djojomartono pada 20 Desember 1958.

Kemudian, pada 20 Desember 1976, Hari Sosial diubah menjadi Hari Kebaktian Sosial oleh Menteri Sosial, HMS Mintaredja. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada 20 Desember 1983, Menteri Sosial Nani Soedarsono mengubah Hari Kebaktian Sosial menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang kini berlangsung sampai sekarang.

Peringatan HKSN merupakan peringatan yang bertujuan untuk mengenang segala sesuatu tentang perjuangan membangun kesejahteraan sosial. Terdapat kata kesetiakawanan karena menggambarkan ungkapan rasa persaudaraan, solidaritas sesama kawan.

Baca Juga :  KODE REDEEM Free Fire 8 Januari 2024 Terbaru

Selain itu HKSN juga mengandung prinsip kehidupan rakyat Indonesia yang selalu berperilaku sosial. Hal ini untuk mengingatkan agar generasi mendatang menjaga perilaku bersosial dengan baik. Ini juga sebagai pengingat agar enerasi muda tidak hidup sebagai masyarakat egosentris.

Untuk tahun 2023, HKSN mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Bangsa” bertujuan untuk mendorong satu sama lain ke arah yang lebih baik, demi terwujudnya cita-cita indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Rabu Tanggal 20 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Sejarah Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Peringatan internasional tentang kemanusiaan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2023. Peringatan internasional tahunan yang jatuh pada 20 Desember tersebut adalah Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Dikutip dari Awareness Days, Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 2005 untuk mempromosikan konsep solidaritas sebagai nilai fundamental bagi kemajuan umat manusia.

Tujuan diadakannya peringatan internasional Hari Solidaritas Kemanusiaan ini untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat di seluruh dunia betapa pentingnya solidaritas.

Dilansir dari PBB, oleh karena itu, Majelis Umum PBB, yakin bahwa peningkatan budaya solidaritas dan semangat berbagi adalah penting untuk memerangi kemiskinan, mencanangkan tanggal 20 Desember sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Pada kesempatan peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional tersebut pula PBB sebagai organisasi internasional membuka donasi untuk dana solidaritas kemanusiaan.

Tujuan dari penggalangan dana donasi kemanusiaan dari PBB dalam peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan membantu pembangunan sosial manusia di negara berkembang.

Baca Juga :  KIP Kuliah Februari 2024 Dibuka? Siapkan Berkas dan Bukti Ini

Pada peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional 2023 kali ini masyarakat dapat mendukung kegiatan kemanusiaan yang diadakan untuk merayakan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional tersebut.

Dilansir dari Awareness Days, merayakan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional melibatkan keterlibatan dalam kegiatan yang mempromosikan persatuan, empati, dan kerja sama.

Oleh karena itu masyarakat di seluruh dunia dapat ikut dalam berbagai kegiatan kemanusiaan yang diadakan untuk memperingati Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Rabu Tanggal 20 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Serba-serbi Peringatan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional 20 Desember

PBB menjabarkan Hari Solidaritas Manusia Internasional sebagai:

  • Hari untuk merayakan persatuan kita dalam keberagaman;
  • Hari untuk mengingatkan pemerintah agar menghormati komitmen mereka terhadap perjanjian internasional;
  • Hari untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya solidaritas;
  • Hari untuk mendorong perdebatan tentang cara-cara mempromosikan solidaritas demi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan termasuk pengentasan kemiskinan;
  • Hari aksi untuk mendorong inisiatif-inisiatif baru dalam pengentasan kemiskinan.

Tujuan Hari Solidaritas Kemanusian Internasional

Dilansir situs PBB (United Nations/UN), solidaritas diidentifikasi dalam Deklarasi Milenium sebagai salah satu nilai dasar hubungan internasional di abad ke-21. Di mana mereka yang paling menderita atau paling tidak diuntungkan berhak mendapatkan bantuan dari mereka yang paling diuntungkan.

Dalam konteks globalisasi dan tantangan ketidaksetaraan yang semakin meningkat, penguatan solidaritas internasional sangat diperlukan. Oleh karena itu, Majelis Umum PBB, yang yakin bahwa promosi budaya solidaritas dan semangat berbagi penting untuk memerangi kemiskinan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Valorant 14 Januari 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Dalam semangat solidaritas inilah, organisasi PBB mengandalkan “kerja sama dalam memecahkan masalah internasional yang bersifat ekonomi, sosial, budaya, atau kemanusiaan”. Pada tanggal 22 Desember 2005, Majelis Umum PBB melalui resolusi 60/209 meresmikan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Resolusi tersebut mengidentifikasi solidaritas sebagai salah satu nilai fundamental dan universal yang harus mendasari hubungan antar manusia di abad ke-21. Dan dalam hal ini memutuskan untuk menyatakan tanggal 20 Desember sebagai Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional.

Sebelumnya, pada tanggal 20 Desember 2002, melalui resolusi 57/265, Majelis Umum PBB membentuk Dana Solidaritas Dunia (World Solidarity Fund/WSF), yang didirikan pada bulan Februari 2003. Keberadaan badan Dana Solidaritas Dunia sebagai dana perwalian dari Program Pembangunan PBB.

Tujuan PBB membentuk badan Dana Solidaritas Dunia adalah untuk memberantas kemiskinan dan mempromosikan pembangunan manusia dan sosial di negara-negara berkembang, khususnya di antara segmen-segmen termiskin dari populasi mereka.

Melalui berbagai inisiatif seperti pendirian Dana Solidaritas Dunia untuk memberantas kemiskinan dan pencanangan Hari Solidaritas Manusia Internasional, konsep solidaritas dipromosikan sebagai sesuatu yang penting dalam memerangi kemiskinan dan keterlibatan semua pemangku kepentingan yang relevan.

Rabu Tanggal 20 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional

Sumber : news.detik.com/berita/d-7094479/serba-serbi-peringatan-hari-solidaritas-kemanusiaan-internasional-20-desember

Live Streaming