Greeone

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Wajib Disimak Mahasiswa Pembangunan beragam infrastruktur di Indonesia gencar dilakukan oleh pemerintah dan juga pihak swasta kini dan nanti. Tidak heran jika lulusan Teknik Sipil akan menjadi incaran banyak perusahaan dengan potensi karier dan gaji tinggi.

Melansir laman resmi ITB di itb.ac.id, Kamis (11/11/2021), ITB menyediakan prodi Teknik Sipil di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Hasil karya lulusan Teknik Sipil akan dengan mudah dilihat ketika melintas di jalan raya, berjalan di kawasan gedung pertokoan atau pun ketika mengagumi konstruksi suatu bandara.

Baca Yuk :

Hal ini terjadi karena Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Bangunannya mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.

Pada prinsipnya, ilmu yang akan dipelajari mahasiswa pada prodi ini akan banyak berkaitan dengan ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Makanya mahasiswa juga dituntut untuk menguasai prinsip-prinsip matematika dengan baik.

Walau kini banyak perangkat lunak tersedia untuk membantu proses penghitungan, mahasiswa akan tetap ditekankan mengenai pentingnya penguasaan pengetahuan dan pemahaman prinsip-prinsip dasar keteknikan.

Selain mempelajari ilmu-ilmu teknis untuk keperluan merancang, membangun dan memelihara struktur bangunan, pada program studi Teknik Sipil juga akan dipelajari berbagai aspek manajemen konstruksinya.

Mahasiswa nantinya akan diberi pengetahuan dan dilatih untuk dalam mengelola pelaksanaan konstruksi dengan baik. Seperti, mengatur jadwal kerja, mengatur pekerja, bahan dan peralatan), sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas dalam pengunaan berbagai sumberdaya, serta tetap menjaga dan memenuhi ketentuan lingkungan.

Sampai di sini sudah jelas ya gambaran apa yang akan dipelajari di Teknik Sipil. Sekarang, seperti apa ya prospek kerja lulusannya jurusan ini? Simak 12 prospek kerja lulusannya seperti dirangkum dari laman resmi Go Kampus di gokampus.com berikut ini.

1. Surveyor Pengendalian Bangunan
Prospek kerja Teknik Sipil yang pertama adalah sebagai surveyor pengendalian bangunan. Profesi ini cocok bagi yang senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi.

Bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau menemukan bangunan yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugas sebagai surveyor pengendalian bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi klien.

Surveyor juga akan membantu mengurus dokumen perizinan jika memang diperlukan, dan wajib mengecek pondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Tentunya pekerjaan ini akan memiliki tujuan untuk menjadi keamanan bagi semua pihak sehingga saat pembangunan sebuah gedung berjalan, tidak ada persyaratan yang bermasalah.

2. Konsultan Konstruksi Bangunan
Prospek kerja Teknik Sipil yang kedua adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada bidang ini,sebagai lulusan Teknik Sipil bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya bisa mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.

Tentunya prospek kerja Teknik Sipil satu ini membutuhkan kreativitas lebih banyak dan kemampuan untuk mendesain apa yang klien inginkan.

3. Kontraktor Insinyur Sipil
Prospek kerja Teknik Sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klien yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugas dari profesi ini nanti mengharuskannya untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencanaanmu sendiri.

4. Insinyur Situs Pembangunan
Prospek kerja yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Insinyur situs pembangunan. Tugasnya nanti adalah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait di atas maupun yang ada di bawah tanah. Selain itu juga profesi ini bisa membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan selain itu juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut,

5. Insinyur Struktural
Prospek kerja yang berikutnya adalah menjadi seorang insinyur struktural yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah.

Tugas sebagai seorang insinyur struktural harus merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar serta dari penggunaan manusia nanti. Kamu juga harus memastikan bahwa bangunan tersebut tidak berbelok, berputar, atau bergetar serta tidak hancur selama penggunaanya.

6. Insinyur Air
Profesi ini mungkin bagi sebagian orang terbilang unik. Namun pekerjaan ini cocok bagi yang senang dengan tantangan terkait pemecahan masalah global warming, berbagai infrastruktur yang menua, serta perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait perairan.

Proyek yang akan bisa dikerjakan misalnya saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang pasti, di prospek kerja Teknik Sipil ini, pekerjaan utamamu adalah untuk manajemen aset. Contohnya, perbaikan serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

7. Manajer Konstruksi
Bagi yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, prospek kerja Teknik Sipil sebagai manajer konstruksi patut dipertimbangkan.

Sebagai manajer, tentunya tanggung jawabmu akan lebih besar, dan lebih banyak hal pula yang akan dituntut dari kamu. Kerja bareng dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya juga akan dilakoni seorang manajer konstruksi.

Manajer konstruksi juga bertugas untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, juga memastikan semua anggota tim mu bekerja sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama.

Proyek yang kamu kerjakan akan seputar tempat tinggal, bangunan komersil, industri, infrastruktur, atau juga lingkungan. Jangan lupa, kemampuan komunikasi juga dituntut harus baik dalam prospek kerja Teknik Sipil ini. Baik itu komunikasi dengan anggota tim, dengan klien, ataupun pihak-pihak terkait pembangunan.

8. Pengacara Hak Paten
Jangan bingung dengan judul pengacaranya, pekerjaan ini justru bisa menjadi referensimu nih. Buat kamu lulusan Teknik Sipil dan punya ketertarikan di bidang hukum, prospek kerja sebagai pengacara hak paten ini bisa jadi buatmu.

Pengacara hak paten, bertugas untuk menilai apakah suatu hal itu baru dan inovatif, sehingga layak diberikan hak paten. Tentunya karena terkait ranah tambahan di luar Teknik Sipil, kamu akan mendapat pelatihan juga terkait hak paten dan pengetahuan mengenai properti intelektual.

9. Drafter
Drafter merupakan profesi yang bertugas membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Drafter bisa memperoleh gaji mulai dari Rp 5 juta tiap bulan.

10. Project Manager
Project manager menjadi salah satu peluang atau prospek kerja yang banyak difavoritkan. Sesuai dengan namanya Kamu akan berperan sebagai manajer dalam sebuah proyek

11. Perencana Struktur
Prospek kerja Teknik Sipil selanjutnya adalah bekerja menjadi Perencana struktur bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Profesi ini bisa mendapat penawaran gaji kurang lebih Rp 7 juta.

12. Site Manager
Prospek kerja Teknik Sipil yang terakhir adalah menjadi Site Manager. Site manager merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam perencanaan teknis dan operasional pengendalian sebuah proyek. Gaji yang bisa diterima oleh profesi ini adalah Rp 15 juta per bulan.

Sekian deskripsi mengenai jurusan Tehnik Sipil beriikut juga prospek kerjanya. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat untuk meniti studi di perguruan tinggi dan juga karier.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Wajib Disimak Mahasiswa

Sumber: https://www.sindonews.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now