Pilihan Jurusan untuk Berkarir di Dunia Kuliner selain Tata Boga. Makan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tapi bisa juga jadi hobi. Nah, dari hobi ini bisa dikembangkan jadi mata pencaharian atau sampingan yang bisa menghasilkan uang. Untuk meniti karier di bidang makanan, alangkah lebih baik jika didukung dengan pendidikan yang sesuai. Jika Sobat Phi hobi mencicipi beragam masakan, maka 5 jurusan kuliah ini mungkin cocok untuk kamu.



Pilihan Jurusan untuk Berkarir di Dunia Kuliner selain Tata Boga

  1. Bisnis Kuliner

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari makanan serta cara mengembangkan bisnis kuliner. Kamu akan mendapatkan ilmu seputar seni kuliner  makanan serta manajemennya.  Umumnya, program studi yang ditawarkan adalah jenjang S1. Mata kuliahnya sendiri terdiri dari manajemen bisnis, pengetahuan tentang makanan, statistik, akuntansi, dan masih banyak lagi.

  1. Manajemen Kuliner

Jurusan manajemen kuliner juga sering disebut dengan culinary management. Di sini kamu akan diajarkan tentang mengelola bisnis kuliner, di antaranya cara mendapatkan costumer hingga jadi pelanggan setia, menghasilkan menu baru, mendapatkan menu yang menjawab pasar, dan lain sebagainya. Prospek karir untuk jurusan ini pun beragam. Kamu bisa menjadi supervisor restoran, supervisor hotel bagian catering, bahkan kamu bisa mendirikan restoranmu sendiri.



  1. Baking dan Seni Pastry

Suka berburu dessert atau kue dan pastry? Jika iya, jurusan ini cocok untukmu. Kamu akan mendapatkan ilmu seputar pengetahuan dasar patiseri baik itu bahan utama, teknik pengolahan, penggunaan alat. Tentu saja kamu juga akan belajar tentang teknik membuat kue, teknik menghias kue, serta teknik pembuatan dessert.

  1. Seni Kuliner

Culinary art atau seni kuliner membuka jenjang D3 dan juga S1. Di sini, kamu akan diajarkan cara memasak makanan dari berbagai negara. Mulai dari bahan pembuatan, proses pengolahan, hingga cara penggunaan mesin industri kuliner. Selain itu, Sobat Phi juga akan belajar teknik penyajian seperti hotel, dasar-dasar patiseri, bartending, dan tata boga.



  1. Teknologi Pangan

Pada dasarnya, pembelajaran jurusan ini lebih mengarahkanmu secara teoretis. Di sini kamu akan belajar tentang seluk beluk makanan, pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan sampai distribusi, pemilihan bahan pangan, kandungan gizi. Kamu juga dituntut paham tentang kimia dan biologi, ya. Ke depannya kamu akan bersinggungan dengan fermentasi makanan, biotekologi pangan, mikrobiologi.

Nah, dari 5 Jurusan untuk Berkarir di Dunia Kuliner selain Tata Boga di atas, mana yang paling menarik minatmu, Sobat Phi?

*sumber: swara.tunaiku



Chat Bersama Kami
Read previous post:
Cara Dapat Beasiswa dengan Mudah? Coba Tips Ini Yuk
Cara Dapat Beasiswa dengan Mudah? Coba Tips Ini Yuk

Mendikbud : Pembukaan Sekolah dan Metode Belajar Sesuai Pertimbangan Gugus Tugas
Mendikbud : Pembukaan Sekolah dan Metode Belajar Sesuai Pertimbangan Gugus Tugas

4 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia
4 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

Close