Pertimbangkan Gigi Implan Dibanding Gigi Palsu. Saat gigi rusak, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memeriksanya kemudian dokter akan memutuskan perawatan selanjutnya. Beberapa masih bisa diperbaikin, namun tidak sedikit yang harus dicabut.

Pertimbangkan Gigi Implan Dibanding Gigi Palsu.

Baca Yuk :

Bagi sebagian orang gigi yang hilang membuat tidak percaya diri. Maka tak jarang orang-orang menggunakan gigi palsu agar mampu percaya diri dan mengkonsumsi makanan seperti sedia kala. Selain gigi palsu ternyata ada gigi implan yang mampu menjadi pertimbangan Sobat Phi jika akan mengganti gigi.

Melansir dari Alodokter, Mengingat efek samping memakai gigi palsu non-permanen sangat beragam, hadirlah solusi terbaru yang lebih efektif dan minim risiko, yakni implan gigi.

Implan gigi adalah prosedur penanaman akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada rahang untuk menopang mahkota gigi buatan. Implan gigi umumnya terbuat dari logam khusus, seperti titanium.

Prosedur ini terdiri dari sejumlah tahap. Setiap tahapnya membutuhkan waktu penyembuhan, sehingga keseluruhan proses implan gigi dapat memakan waktu sampai beberapa bulan.

Pada dasarnya, gigi palsu yang diimplan terdiri dari tiga bagian, yaitu implan gigi yang berperan sebagai akar gigi, mahkota gigi buatan, dan abutment (penyangga) yang menjadi penghubung antara implan dan mahkota gigi. Dengan penyatuan tulang rahang dan implan gigi, gigi palsu menjadi lebih kokoh untuk digunakan.

Dikatakan oleh drg. Wiena Manggala Putri, salah satu keunggulan yang didapat dari memasang implan gigi adalah tingkat kenyamanan yang lebih baik dibanding gigi palsu konvensional.

Di samping itu, pasien bahkan tidak perlu khawatir jika implan gigi longgar atau lepas. Ini karena alat tersebut ditanam di dalam rahang dan bersifat permanen. Penggunaan implan gigi pun tidak akan mengubah rasa makanan yang Anda konsumsi.

Selain itu, diperlukan juga jaringan dan struktur tulang yang sehat untuk mendukung implan yang akan ditanam. Oleh sebab itu, kondisi gigi dan jaringan sekitarnya, serta kesehatan tubuh Anda harus diperiksa secara keseluruhan sebelum perawatan implan gigi dilakukan.

Jadi, jika ditanya mana yang terbaik antara pasang gigi palsu atau implan gigi, jawabannya sangat bergantung dari kondisi medis serta kebutuhan Anda. Jika Anda sepenuhnya sehat dan punya dana lebih, pilihlah metode implan gigi.

Akan tetapi, jika Anda mengalami masalah sistemik atau tidak rela merogoh kocek agak dalam, manfaatkanlah gigi palsu non-permanen. Terlepas dari metode yang hendak dipilih, pastikan Anda tidak lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi.

Pertimbangkan Gigi Implan Dibanding Gigi Palsu

Sumber: Klikdokter , Alodokter

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , , ,

Streaming Now