Sobat Phi, Kehadiran teknologi radio memegang peranan yang penting dalam masa peperangan. Sobat Phi bisa menemukan peran radio di buku-buku sejarah. Sebagai alat komunikasi, hingga media untuk mengumumkan kemenangan setelah perang, seperti yang terjadi di Indonesia. Sobat Phi, Yuk kita bahas tentang Peran Radio di Masa Perang!



Peran Radio di Masa Perang

Nah, ternyata awalnya Radio mulai jamak digunakan pada sektor maritim untuk mengirimkan pesan telegraf memakai sandi morse.

Sandi morse yang terdiri dari titik dan garis ini dikirimkan antara kapal dan darat. Salah satu contoh populer dari pemakaian radio di zona maritim adalah penggunakan radio oleh Angkatan Laut Jepang. Mereka menggunakan radio sebagai alat untuk memata matai pasukan Rusia di masa Perang Tsushima.

Selanjutnya kapal-kapal komersial juga menggunakan radio sebagai alat komunikasi antar kapal maupun kapal dengan operator di darat.

Alat Komunikasi Tercepat Pada Masanya

Pemakaian radio di kapal yang cukup populer adalah peristiwa tenggelamnya kapal Titanic di tahun 1912. Pada peristiwa tersebut, dilakukan komunikasi antara kapal Titanic dengan kapal lain yang dekat dan komunikasi dengan stasiun di darat.

Siaran radio mulai muncul di sekitar tahun 1920-an. Radio menjadi cukup popular di kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Sebelum masa perang, radio banyak digunakan untuk riset, pencarian koordinat pesawat dan kapal dengan memakai radar.

Saat ini, radio lebih banyak digunakan untuk menyebarkan informasi, memutar lagu, dan sarana edukasi. Demikian penjelasan tentang Peran Radio di Masa Perang, semoga bermanfaat sobat Phi.(Cili Tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
kisi kisi un 2020
Kisi Kisi UN 2020

Pemenang Padjajaran Cup Open 2019
Pemenang Padjajaran Cup Open 2019

Talkshow IoT SMKN 11 Bandung
Talkshow IoT SMKN 11 Bandung

Close