dLuz.club

Penyebab Sering Buang Air Kecil Setelah Sahur, frekuensi buang air kecil yang lebih sering sebenarnya normal saja terjadi setelah Anda mengonsumsi banyak cairan. Kendati demikian, beberapa orang justru lebih sering buang air kecil setelah sahur hingga sering bolak-balik ke kamar mandi.

Seseorang juga bisa sering kencing karena minum kopi atau makan lobak. Keduanya bersifat diuretik atau membuat Anda kencing terus.

Baca Yuk :

Penyebab Sering Buang Air Kecil Setelah Sahur

Beberapa orang memang banyak yang sering buang air kecil setelah sahur. Namun demikian, anda tak perlu khawatir karena memang ini hal yang wajar. Intensitas seseorang buang air kecil memang dipengaruhi oleh asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh.

Hal yang berbahaya itu adalah saat terlalu sering buang air kecil karena minum minuman berkafein seperti teh atau kopi. Minuman-minuman ini justru membuat tubuh dehidrasi.

Setelah sahur, banyak orang melaporkan sering kencing atau buang air kecil. Ternyata kondisi ini tidak berbahaya, namun tentunya cukup mengganggu.

Sementara saat sahur, orang akan bangun dini hari dan akan minum air cukup banyak hingga waktu imsak tiba.

Kendati kemungkinan untuk kencing besar, tetap disarankan minum minimal dua gelas saat sahur. Selain itu, agar kencing tidak semakin sering setelah sahur, sebaiknya hindari minum kopi atau teh, yang dianggap mempunyai daya untuk mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak.

Selain minuman, ada juga makanan yang bersifat diuretik, seperti wortel, buncis, terong, lobak, tomat, mentimun, atau makan makanan yang mengandung banyak cairan, seperti sup, serta makanan tinggi garam dan makanan pedas.

Dan juga jika anda mengonsumsi obat diuretik selama berpuasa. Obat diuretik umumnya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, masalah hati, dan ginjal.

Maka dari itu,  jika tak mau sering-sering buang air kecil, Anda bisa menghindari makanan serta minuman yang bersifat diuretik saat sahur.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Setelah Sahur

Referensi:

  • https://www.klikdokter.com
  • https://www.cnbcindonesia.com
  • https://www.kompas.com
  • https://www.netdoctor.co.uk
Baca Yuk :


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now