DISDIK JABAR , Pengoperasian Gedung Teaching Factory Berbasis IoT di SMK Kartika XIX-1 Bandung, Gedung Teaching Factory di SMK Kartika XIX-1 Bandung  Berbasis  IoT (sistem internet of things),  gedung tersebut baru saja diresmikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Ibu Dewi Sartika resmi dioperasikan, Rabu (18/12/2019).

Pengoperasian Gedung Teaching Factory Berbasis IoT 

Kepala SMK Kartika XIX-1 Bandung, Bapak Abdurahman menuturkan,“pemanfaatan IoT di gedung tersebut meliputi otomatisasi fungsi ruangan, seperti lampu, saklar, kipas, dan smartkey atau pengamanan ruangan serta tong sampah”.



Seluruhnya dioperasikan berbasis Android”.”Ada juga alat pengontrol tabung oli. Jadi, kalau pengisian oli sudah penuh, otomatis ada pemberitahuan,”.

Pengoperasian Gedung Teaching Factory Berbasis IoT tersebut, menurut  Bapak Abdurahman, tak lepas dari amanat pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengharuskan sekolah rujukan atau penerima bantuan pendidikan untuk melaksanakan program pembelajaran yang selaras dengan perkembangan zaman, yakni revolusi industri 4.0. “Programnya dibuat oleh guru dan melibatkan siswa di sekolah,” ucapnya.

Ke depan, pihaknya berkomitmen membangun dan menerapkan teaching factory dengan sistem serupa. “Selanjutnya, kami akan berupaya menghadirkan hal serupa bagi jurusan lain dengan dukungan pemerintah dan pihak industri,” tuturnya.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Bandung Lautan Literasi
Bandung Lautan Literasi

Komunitas 1000 kebun
Komunitas 1000 Kebun

Disdik Jabar Gelar Festival Anak dan Remaja 2019
Disdik Jabar Gelar Festival Anak dan Remaja 2019

Close