DISDIK JABAR, Sebanyak 43 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia mengikuti Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2019.

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran 2019

Acara  Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran 2019 di hadiri juga oleh Mendikbud Nadiem Makarim, mendikbud pun  mengunjungi beberapa stan pameran yang  digelar di Gedung A Graha Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jln. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).



Dari 43 SMK yang diundang dalam pameran ini, lima di antaranya berasal dari Jawa Barat (Jabar). Yaitu, SMKN 1 Ciomas, SMKN 11 Bandung, SMK TI Pembangunan Cimahi, SMKN 2 Cimahi, dan SMK Pariwisata Metland School.

Tiga sekolah pertama masuk kategori SMK yang menjalankan revolusi industi 4.0, sedangkan sekolah terakhir masuk kategori SMK pencetak wirausaha.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Valorant 13 Februari 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Guru Pembimbing Perwakilan SMKN 1 Ciomas, Januar Ashari mengatakan, pameran tersebut penting sebagai wadah memperkenalkan produk atau karya siswa SMK kepada masyarakat

Melalui pameran ini, lanjut Januar, sekolah juga bisa menunjukkan proses teaching factory di sekolah masing-masing. “Sekolah dengan pengelolaan teaching factory itu bagus dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran,” ujarnya.

Ketua Program Jurusan Animasi SMKN 1 Ciomas itu menjelaskan, materi dalam pameran yang dibawakan oleh siswanya adalah game development. Salah satu game yang dipamerkan, yakni game “Kids Jaman Now”, game edukasi yang dikemas ringan serta menyenangkan dan sudah bisa diakses melalui Playstore.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMK, Bakrun menegaskan, pameran ini harus menjadi pelecut bagi sekolah untuk terus berinovasi guna menghadapi revolusi industri 4.0 yang penuh disrupsi. “Dari pergelaran ini, peserta mendapatkan best practice dari SMK yang menghadirkan karyanya.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 25 Maret 2024 Update Terbaru Valid

Ia pun mengimbau, pameran ini juga harus dimanfaatkan sebagai ajang berbagi dan belajar antara satu sekolah dengan sekolah lain.


Live Streaming