Mengenal White Balance Pada Kamera, white balance adalah fitur yang ada pada kamera digital untuk menyesuaikan warna pada gambar menjadi terlihat sebagaimana warna aslinya.

Warna aslinya disini adalah warna yang terlihat real, misal warna putih ya akan terlihat putih walau dalam kondisi pencahayaan yang berbeda-beda.

Mengenal White Balance Pada Kamera

Menurut Photography Life, white balance, atau disingkat WB, adalah proses menyeimbangkan color temperature atau temperatur warna dalam fotografi. Proses ini menghilangkan color casts atau warna tidak sesuai dari sebuah objek foto dalam gambar yang diambil dikarenakan color temperature yang kurang seimbang.

Sehingga, objek di dalam foto akan terlihat dengan komposisi warna seperti aslinya setelah diberikan proses ini. Proses terjadi karena lensa kamera tidak bisa beradaptasi dengan cahaya seperti mata manusia.

Sehingga, apabila sebuah objek terkena cahaya dengan temperatur warna yang hangat seperti lampu pijar, maka akan terlihat oranye atau kekuningan di dalam foto.

Kamera sudah menyiapkan setingan khusus untuk mengimbangi warna dari pencahayaan pada situasi tertentu, seperti pada di siang hari, saat mendung, pada malam hari, dan termasuk pencahayaan dalam ruangan. Pengaturan untuk menangani situasi tersebut itulah yang dinamakan White Balance (WB).

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 18 Februari 2024 Terbaru

Warna dari pencahayaan di siang hari, saat mendung, dan warna dari pencahayaan bantuan lampu (bohlam dan neon) memiliki temperatur yang berbeda-beda dan kamera telah menyiapakn pilihan-pilihan white balance untuk menangani masing-masing dari situasi tersebut, dengan cara menyusaikan temperatur pada masing-masing situasi tersebut.

Ketika Anda memotret di siang hari maka Anda bisa menggunakan white balance yang dikhususkan untuk menangani warna dari pencahayaan di siang hari. Begitupula dengan situasi lainnya.

Dikutip dari kelasfotografi, jenis-jenis white balance (WB) yang secara umum ada pada semua jenis kamera yaitu:

  • Auto White Balance (AWB)
    White balance ini akan mengenali secara otomotis situasi pencahayaan yang di hadapi oleh kamera, entah itu siang, mendung, atau malam hari. Kemudian program akan merekomendasikan setingan terbaiknya untuk menyusaikan diri dengan temperatur warna pada situasi tersebut.
  • Daylight / Direct sunlight – Temperatur 5200K
    White balance ini dikhususkan untuk menangani temperatur warna dari pencahayaan di siang hari terlebih lagi ketika Anda berada di bawah sinar matahari langsung. Jadi Anda bisa menggunakan white balance ini bila memotret di siang hari.
  • Shade – Temperatur 7000K
    White balance ini memiliki fungsi untuk menangani situasi yang sama seperti WB di atas yaitu siang hari. Namun white balance ini ditekankan untuk digunakan pada tempat yang ternaungi dari sinar matahari seperti dalam rumah atau di bawah pohon dan bukan di bawah sinar matahari langsung.
  • Cloudy – Temperatur 6000K
    White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan saat mendung.
  • Tungsten / Incandescent – Temperatur 3200K
    White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber dari
  • bohlam / lampu pijar yang warna cahayanya agak kekuning-kuningan.
  • Fluorescent ( Lampu Neon Putih) – Temperatur 4000K
    White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber dari lampu neon yang cahayanya berwarna putih. Sama seperti Tungsten, white balance ini juga bisa Anda gunakan untuk memotret dalam ruangan dengan sumber cahaya dari lampu neon.
  • Flash
    White balance ini berfungsi untuk mengimbangi pencahayaan dari lampu flash pada kamera Anda. Ketika Anda akan menggunakan flash saat memotret maka gunakan white balance ini.
  • Custom
    Sedangkan white balance yang satu ini bisa Anda bentuk sendiri temperaturnya dengan mengambil referensi dari temperatur warna pencahayaan yang ada di foto lain. Nah! Kalau ada foto di kamera Anda yang Anda sukai warna pencahayaannya maka Anda bisa menjadikan warna pencahayaan foto tersebut untuk diset ke white balance Custom.
Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 25 Maret 2024 Terbaru

Fungsi white balance adalah untuk objek berwarna putih tampak putih pada berbagai macam kondisi cahaya. Kita memerlukan white balance karena kondisi cahaya waktu kita memotret kadang berubah-ubah.

Pengaturan white balance biasanya disesuaikan dengan kondisi cahaya saat kita memotret. Namun, kamu juga dapat menggunakan white balance untuk menambahkan torehan warna dalam foto.

Referensi:

  • https://www.kelasfotografi.com
  • https://www.keeindonesia.com
  • https://glints.com