Teknologi kini sudah sangat canggih. Mendengarkan radio pun tidak perlu punya radio. Cukup lewat ponsel melalui aplikasi, atau streaming langsung di situsnya, seperti Phi Radio. Nah, Sobat Phi tahu tidak sejarah Radio?, Yuk kita Mengenal Sejarah Radio.



Mengudara Berkat Tiga Cendikiawan

Cikal bakal perkembangan radio berawal dari ditemukannya gramofon atau phonograph. Penemu lampu adalah penemu phonograph juga, Thomas Alfa Edison. Dia berhasil menemukan phonograph di tahun 1877.

Setelah itu, ada  dua ilmuwan cerdas yaitu Helmholtz Hertz dan James Clerk Maxwell, melakukan riset mengenai fenomena elektromagnetik. Mereka melakukan eksprimen tentang gejala elektromagnetik dan berhasil menemukan gelombang radio.

Mereka berkesimpulan bahwa gelombang radio mampu merambat dengan bentuk bulatan. Di tahun 1887, Heinrich Hertz mampu melakukan pengiriman dan penerimaan gelombang radio.

Hingga akhirnya di tahun 1901, ilmuwan bernama Guglielmo Marconi berhasil mengirimkan sinyal dan diterima oleh suatu alat penerima.

Marconi mengirim sinyal berupa titik dan garis dari suatu pemancar menggunakan gelombang elektromagnetik.

Dengan penemuan inilah, banyak yang menasbihkan Marconi sebagai penemu radio. Radio kemudian berkembang sebagai media massa.

Diawali di Amerika Serikat (AS) dengan dilakukannya pengembangan penemuan Marconi oleh Dr. Lee De Forest pada tahun 1906, karena itu pula ia dijuluki “The Father of radio”.

Nah, sejak saat itu, radio di AS mulai mengalami perkembangan yang pesat. Pada bulan Maret 1923 telah berdiri 556 stasiun radio.

Baru pada tahun 1926 berdirilah NBC (National Broadcasting Radio) sebagai badan siaran radio yang luas dan besar, lalu muncul pesaingnya yaitu CBS (Columbia Broadcast System).

Sejak saat itu pula, radio terus berkembang di beberapa negara seperti Inggris, Perancis, Uni Sovyet, Jepang dan Tiongkok.

Selain mengalami perkembangan, radio juga telah memasuki tahap penyempurnaan. Prof. E H Amstrong dari Universitas Columbia pada tahun 1933 memperkenalkan sistem Frequency Modulation (FM) sebagai penyempurnaan dari Amplitudo Modulation (AM).

Demikian Sobat Phi tentang Mengenal Sejarah Radio, semoga Bermanfaat.*** (cili tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Restoran Produk Lokal Yang Kerap Dianggap Sebagai Brand Luar Negeri
Restoran Produk Lokal Yang Kerap Dianggap Sebagai Brand Luar Negeri

Inovasi Bantal Sensor Anti Ngantuk dari Siswi SMKN 1 Soreang
Inovasi Bantal Sensor Anti Ngantuk dari Siswi SMKN 1 Soreang

Self Sabotages
Self Sabotages

Close