Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Menakjubkan, NASA Tangkap Gerhana Matahari dari Jarak Paling Dekat, Baru-baru ini NASA membagikan serangkaian foto gerhana Matahari luar biasa yang diambil dengan jarak terdekat di luar angkasa. Foto itu diambil oleh pesawat ruang angkasa sungazing pada Rabu, 29 Mei.

NASA’s Solar Dynamics Observatory (SDO) menangkap peristiwa gerhana Matahari dari sudut pandang berbeda di luar angkasa. Dalam foto yang dibagikan NASA, terlihat bagaimana Bulan tiba-tiba muncul begitu dekat dan menutupi sebagian lingkaran Matahari. Rona hitam Bulan dipadu dengan jilatan api Matahari yang sangat terang terlihat sangat kontras dan menakjubkan.

Baca Yuk :

Menakjubkan, NASA Tangkap Gerhana Matahari dari Jarak Paling Dekat

NASA berhasil menangkap penampakan menakjubkan gerhana Matahari dari jarak paling dekat di luar angkasa pada Rabu, 29 Mei 2022. NASA’s Solar Dynamics Observaory (SDO) menangkap gerhana dari sudut pandang yang berbeda.

Pada puncak gerhana, Bulan menutupi sekitar 67 persen Matahari. Dari gambar yang ditangkap NASA, Matahari terlihat begitu terang dan kontras ketika ditutupi Bulan.

SDO sendiri biasanya memandang matahari sebagai sumber cuaca luar angkasa atau radiasi di ruang angkasa yang mempengaruhi Bumi. Adapun aspek yang dipelajari SDO meliputi pengukuran interior matahari, atmosfer, medan magnet dan keluaran energi oleh pesawat ruang angkasa.

dari Mars, Begini Penampakannya

    “SDO mempelajari bagaimana aktivitas Matahari dibuat dan mendorong cuaca luar angkasa. Pengukuran interior matahari, atmosfer, medan magnet, dan keluaran energi oleh pesawat ruang angkasa bekerja untuk membantu kita memahami bintang yang kita tinggali,” demikian pernytaan NASA dikutip dari Livescience, Minggu (3/6/2022).

Sebagai informasi, SDO diluncurkan pada Februari 2010 dan merupakan bagian dari jaringan pesawat ruang angkasa surya dari NASA dan agen mitranya yaitu National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Matahari cukup aktif belakangan ini dan luar biasa siklusnya. Puncaknya akan terjadi sekitar tahun 2025.

NASA telah mengirim misi pengamatan jarak dekat yang disebut Parker Solar Probe untuk menyelidiki wilayah luar matahari yang sangat panas. Kemudian, setelit lain akan mengamati dari jarak jauh untuk mendapatkan informasi lain seputar fenomena langka tersebut.

Menakjubkan, NASA Tangkap Gerhana Matahari dari Jarak Paling Dekat

Referensi:

  • NASA Tangkap Gerhana Matahari Menakjubkan dari Jarak Paling Dekat, kumparan.com
  • NASA Tangkap Gerhana Matahari dari Jarak Paling Dekat, Penampakannya Menakjubkan!, indozone.id
  • NASA sun mission spots stunning solar eclipse in space,space.com
  • Nasa observatory captures incredible solar eclipse,https://www.bbc.co.uk/
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,