Greeone

Memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional 4 September 2021. Hari Solidaritas Hijab Internasional dirayakan sejak tahun 2009 oleh Federasi Organisasi Islam Eropa. Setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional atau International Hijab Solidarity Day (IHSD).

Lalu pada tahun 2010, Lingkaran Islam Amerika Utara juga ikut memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional. Tanggal 4 September memperingati hari apa? Pada tanggal 4 September 2021, masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional.

Baca Yuk :



Memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional 4 September 2021

Menyadur dari laman Islamic Circle North America (ICNA), peringatan IHSD ini berawal dari adanya pelarangan penggunaan hijab.

Pelarangan ini sempat terjadi di beberapa negara di dunia, di antaranya Turki, Inggris, Tunisia, Perancis, bahkan Amerika. Tentunya, masih ada beberapa negara lainnya yang melarang kaum wanita muslim untuk mengenakan hijab.

Dengan adanya pelarangan yang dinilai membatasi hak asasi manusia, akhirnya diselenggarakan aksi untuk memberikan rasa solidaritas kepada kaum wanita muslim dan mereka yang mengenakan hijab.

IHSD sendiri pertama kali dilaksanakan pada 4 September 17 tahun lalu, yakni pada tahun 2004 di London, Inggris.

Bahkan, IHSD yang pertama kali dilaksanakan ini menjadi langkah dan gerakan besar bagi seluruh komunitas.

Tak hanya komunitas, tercatat ada lebih dari 300 delegasi dari 102 organisari di Inggris serta 35 negara lainnya yang bergerak untuk menyelenggarakan IHSD.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada awalnya IHSD hanya dilakukan oleh empat negara seperti Jerman, Turki, Perancis, dan Tunisia.

Jika menilik pada kejadian belasan tahun lalu, banyak wanita yang mengenakan hijab mendapat diskriminasi di beberapa negara di dunia.

Tak hanya itu, karena mengenakan hijab, wanita di negara lain pun sampai diberhentikan dari sekolah.

Selain itu, wanita yang mengenakan hijab di Turki, sempat tidak mendapat perawatan medis dan akan dikeluarkan dari keperintahan apabila tetap nekat mengenakan hijab.




Sementara itu, salah satu contoh ketidakadilan yang terjadi bagi wanita yang mengenakan hijab adalah seperti beberapa kejadian di Tunisia, wanita muslim yang berhijab dibawa ke penjara dan mendapat perlakuan diskriminasi.

Sementara itu, Federasi Organisasi Islam Eropa, mempertingati IHSD pada tahun 2009.

Ini dilakukan untuk mengenang sosok Marwa el Sharbini.

Sementara itu, Islamic Circle North America (ICNA) sendiri merayakan IHSD pada tahun 2010.

Memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional 4 September 2021

Baca Yuk :

Streaming Now