Greeone

Memperingati Hari Ozon Sedunia 16 September 2021, Begini Cara Agus Bei & Mahasiwa GEMPA Meminimalisir Penipisan Ozon Hari Ozon Sedunia 16 September, begini cara Agus Bei & mahasiwa GEMPA meminimalisir penipisan ozon.


Baca Yuk :

Memperingati Hari Ozon Sedunia 16 September 2021

Hari Ozon Sedunia diperingati setiap tanggal 16 September. Tema Hari Ozon Sedunia 2021 adalah “Keeping us, our food, and vaccines cool”. Sebagaimana dilansir laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tema Hari Ozon Sedunia tahun ini didasarkan pada Protokol Montreal.

Melalui peringatan ini, masyarakat dunia diajak untuk kembali turut aktif melestarikan lapisan ozon yang melindungi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Sejarah Hari Ozon Sedunia

International Day for the Preservation of the Ozone Layer pertama kali diinisiasi pada 1987 di konvensi Wina, Austria. Konvensi di Wina ini karena adanya keresahan para ilmuwan di akhir tahun 1970-an yang menemukan bahwa umat manusia telah membuat lubang besar pada lapisan ozon.

Apabila lapisan tersebut berlubang semakin besar, tentu akan mengancam kesehatan dan kelestarian kehidupan di muka Bumi. Bahaya lapisan ozon yang berlubang bisa menyebabkan peningkatan kasus kanker kulit dan katarak, serta merusak tanaman dan ekosistem.

Berdasarkan sejarahnya, yang dikutip dari laman PBB, pemerintah dunia pun mengadopsi Konvensi Wina pada tahun 1985 untuk mencanangkan upaya Perlindungan Lapisan Ozon. Konvensi yang melahirkan Protokol Montreal tersebut pun mengajak pemerintah, ilmuwan, dan industri untuk bekerja sama memotong 99 persen dari semua zat perusak ozon.

Ketetapan ini dibuat pada 19 Desember 1994 saat berbagai negara yang tergabung dalam PBB menandatangani Protokol Montreal yang merupakan salah satu perjanjian internasional di bidang lingkungan hidup.

Adapun perjanjian ini memiliki tujuan untuk fokus melindungi lapisan ozon.

Sebagaimana kita ketahui, lapisan ozon merupakan suatu lapisan gas alami yang berada di stratosfer antara 15-30 km di atas bumi.

Fungsi lapisan ozon sebagai penyerap dan pengendali sinar Ultra Violet B (UV-B) dari radiasi matahari.

Penipisan lapisan ozon terjadi ketika ada gangguan terhadap keseimbangan alamiah antara pembentukan dan penguraian ozon akibat terlepasnya

Bahan Perusak Lapisan Ozon (BPO) ke atmosfer. BPO merupakan bahan kimia yang dapat mengurai ikatan ozon menjadi oksigen sehingga lapisan ozon menipis.

Pada tataran kehidupan sehari-hari, kita sering tak menyadari kebiasaan atau gaya hidup yang ternyata justru merusak lapisan ozon.

Misalnya saja seperti penggunaan AC di rumah secara berlebihan, tetap menyalakan listrik saat tidak diperlukan, hair spray, pengharum ruangan, dan penggunaan kendaraan meskipun jarak yang ditempuh tidak jauh.

Aktivis dan pemerhati lingkungan di Balikpapan, Agus Bei, turut angkat suara terkait dengan isu ozon.

Agus Bei sendiri merupakan pria di balik megahnya Mangrove Center di kelurahan Graha Indah Balikpapan dan menjadi satu dari 21 nama yang mendapat penghargaan Local Heroes Award yang dihelat Tribun Network dan Tribun Institute.

Sejak 20 tahun lalu, Agus Bei telah berupaya untuk menyiapkan ruang hijau bagi masyarakat Balikpapan dengan cara mengelola Mangrove Center yang dapat dinikmati masyarakat pesisir dan nelayan lokal Balikpapan.

Kendati demikian, Agus Bei mengatakan, pemerintah dan masyarakat sudah harus fokus pada permasalahan lingkungan ini termasuk di antaranya mengelola hutan Mangrove dengan tidak hanya mengharapkan upaya dari aktivis lingkungan seperti dirinya.




Memperingati Hari Ozon Sedunia 16 September 2021, Begini Cara Agus Bei & Mahasiwa GEMPA Meminimalisir Penipisan Ozon

Sumber: https://kaltim.tribunnews.com/2021/09/12/hari-ozon-sedunia-16-september-begini-cara-agus-bei-mahasiwa-gempa-meminimalisir-penipisan-ozon

Baca Yuk :

Streaming Now