Menjelang ujian, banyak hal yang mesti dipersiapkan Sobat Phi selain belajar. Nah, di bawah ini akan diulas sekilas mengenai hal-hal sepele yang bisa membantu kamu untuk menghadapi ujian. Yuk, disimak!

Mau Ujian? Jangan Cemas! Lakukan Ini Supaya Tenang

  1. Menjaga Kesehatan

Sebelum ujian sudah sewajarnya jika Sobat Phi menambah aktivitas belajar. Namun, jangan terlalu memaksakan, karena kondisi badan juga harus diperhatikan. Agar fisik selalu sehat, usahakan untuk selalu makan dan istirahat tepat waktu. Bila perlu minum vitamin dan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas yang padat. Jangan sampai kamu sakit di saat menjelang hari ujian, ya!



  1. Belajar Kelompok

Dibandingkan belajar sendiri, belajar secara kelompok bisa membantu Sobat Phi bertukar pikiran dengan teman lain. Terutama terkait soal-soal yang sulit dipecahkan atau belum dipahami. Sesekali lakukan pula belajar kelompok di tempat lain atau tempat umum yang nyaman untuk belajar.

Hal Sepele tapi Penting Diperhatikan Menjelang Ujian

  1. Jangan Lupa Refreshing

Meski dihadapkan dengan berbagai kesibukan, otak tentunya tetap membutuhkan penyegaran agar tidak tidak mudah stres. Jika bosan ke mall, Sobat Phi bisa melakukan aktivitas ringan di sekitar rumah. Seperti bersepeda, melakukan hobi, atau jalan-jalan di taman dekat rumah.

  1. Cari Dukungan

Seperti halnya capres, peserta ujian juga butuh dukungan. Sebab, tekanan saat menghadapi ujian bisa berdampak pada psikologis kamu, Sobat Phi. Hal ini bisa memengaruhi performa kamu saat ujian. Carilah dukungan dari orang terdekat. Jika dirasa amat membebani, ceritakan setiap kendala yang kamu rasakan. Berjuang bersama-sama tentu akan lebih mudah dibandingkan berjalan sendiri.

  1. Berdoa

Hal utama yang juga tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh, selanjutnya biarkan Tuhan yang melakukan sisanya. Berdoalah agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalani ujian.

Dalam menghadapi ujian, tentunya bukan fisik dan materi saja yang harus dipersiapkan. Tetapi juga mental. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Tapi tetap tidak memaksakan diri ya, Sobat Phi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
cerita pemuda wuhan yang sembuh dari corona
Cerita Pemuda Wuhan yang Sembuh dari Corona

festival-dan-jambore-budaya-baca-16-17-maret-2020
Acara Bandung : Festival Dan Jambore Budaya Baca 16-17 Maret 2020

mengenal program organisasi penggerak
Mengenal Program Organisasi Penggerak

Close