dLuz.club

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga. Kegiatan mendalami kandungan dari ayat suci Al-Qur’an ini tentu sangat bermanfaat. Bahkan orang yang menyimak bacaan Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang sama dengan yang membaca.

Tadarus Al-Qur’an merupakan kegiatan mempelajari atau mengkaji tentang bacaan dan kandungan dari ayat suci Al-Qur’an. Amalan yang satu ini tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja, namun pada hari hari biasa usai melaksanakan salat sekalipun.

Baca Yuk :

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-A’raf ayat 204 yang berbunyi:

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya: “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.”

Manfaat tadarus Al-Qur’an wajib diketahui, hal ini dimaksudkan agar kita semakin bersemangat untuk mengerjakan amalan yang satu ini. Dengan rajin bertadarus, kita akan semakin dekat kepada Allah SWT.

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga

Mengutip dari Kemenag, salah satu manfaat tadarus Al-Qur’an yang umum diketahui yaitu memperoleh pahala dan kebaikan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” (HR. Tirmidzi)

Masih banyak manfaat tadarus Al-Qur’an yang belum diketahui. Melansir buku Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, berikut merupakan 5 manfaat tadarus Al-Qur’an.

1. Dimudahkan masuk surga

Manfaat tadarus Al-Qur’an yang pertama yaitu memudahkan pembacanya masuk surga. Allah SWT sangat mencintai hambanya yang sering membaca Al-Qur’an.

Annas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah memiliki keluarga dari golongan manusia.” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Para ahli Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang orang khusus-Nya.”

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga

Tak sampai di situ, dalam hadits lain juga Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa pembaca Al-Qur’an yang memaknai isi dan mengamalkannya akan Allah berikan kemudahan di proses hisab saat hari kiamat kelak. Dengan begitu, ia akan lebih mudah masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengikuti ajaran yang ada di dalamnya, maka Allah SWT akan memberikan petunjuk dari kesesatan dan melindunginya darikeburukan hisab pada hari kiamat.” (HR. Muslim)

2. Mendapatkan syafa’at di alam kubur

Kemudian, manfaat tadarus Al-Qur’an lainnya yaitu akan memperoleh syafa’at pada saat hari kiamat. Imam Ahmad dan Nasa’i meriwayatkan hadits dari AbSyari’lah bin Amr, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa dan Al-Qur’an memberi syafa’at pada hamba di hari kiamat. Puasa berkata: “Wahai Rabb, telah kucegah ia dari makanan dan syahwat di siang hari maka berilah aku syafa’at untuknya. Sementara Al-Qur’an berkata: “Aku cegah ia dari tidur di malam hari maka berilah aku syafa’at untuknya. Keduanya pun lalu diberikan hak untuk memberikan syafa’at.” (HR. Muslim)

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga

3. Melancarkan rezeki

Dengan rajin melaksanakan tadarus Al-Qur’an akan melancarkan rezeki seseorang. Rezeki tidak hanya didefinisikan dengan uang, namun juga bisa berbentuk kesehatan dan kebahagiaan.

Abu Hurairah berkata, “Nabi SAW bertanya, “Apakah salah satu dari kalian senang jika saat kembali kepada keluarganya ia mendapati tiga ekor unta betina yang besar dan gemuk? Kami menjawab, “Ya”. Kemudian beliau bersabda, “Tiga ayat Al-Qur;an yang dibaca dalam salat lebih baik baginya dari tiga ekor unta betina yang besar dan gemuk.” (HR. Muslim)

Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan, akan Dimudahkan Masuk Surga

Sumber : www.detik.com/edu/detikpedia/d-6034924/rajin-tadarus-al-quran-di-bulan-ramadan-akan-dimudahkan-masuk-surga

Baca Yuk :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now