Manfaat Air Kelapa Hijau dan Dagingnya, Bisa Turunkan Gula Darah pada Kasus Diabetes. Mulai dari airnya hingga daging buahnya, semua berkhasiat. Saat kelapa matang dan berubah dari sebagian besar air menjadi daging, kandungan nutrisinya berubah drastis.

Kelapa hijau merupakan salah satu makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Melansir situs kesehatan Healthline, air dan daging kelapa hijau yang empuk kaya akan elektrolit dan mikronutrien.

Namun secara umum kelapa tetap sangat bermanfaat untuk kesehatan. Airnya bisa mencegah dehidrasi, baik untuk jantung, serta diabetes. Selain itu, daging kelapa juga tinggi antioksidan.

Manfaat Air Kelapa Hijau dan Dagingnya, Bisa Turunkan Gula Darah pada Kasus Diabetes

Minuman alami ini mengandung elektrolit tinggi, merupakan sumber hidrasi yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan merupakan minuman yang kaya akan nutrisi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung sedikit gula alami dan indeks glikemik yang rendah, sehingga cenderung aman bagi penderita diabetes.

Air kelapa bagi penderita diabetes

Dilansir dari HealthifyMe, air kelapa memiliki kandungan gula yang rendah dan mengandung potasium, magnesium, mangan, vitamin C, dan asam amino dalam jumlah yang wajar.

Kandungan gula yang rendah pada air kelapa tidak secara signifikan mempengaruhi kadar gula darah.

Selain itu, potasium, magnesium, mangan, vitamin C, dan asam amino yang tinggi dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Oleh karena itu, air kelapa dapat membantu mengelola gula darah dan cocok untuk penderita diabetes.

Indeks glikemik dan beban glikemik pada makanan, akan menentukan seberapa banyak ia akan meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Game WoW Level 688 Terbaru

Diketahui, indeks glikemik air kelapa adalah 54 dan beban glikemiknya adalah 3. Artinya, air kelapa aman bagi penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015, tikus penderita diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan kelompok kontrol.

Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Sebuah studi yang lebih baru pada tahun 2021 yang melibatkan tikus penderita diabetes juga menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah.

Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Manfaat tambahan lainnya dari air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Dengan mengingat semua hal ini, penting untuk diingat bahwa air kelapa mengandung karbohidrat (yang dipecah menjadi gula di dalam tubuh).

Jadi jika Anda menderita diabetes atau pradiabetes, bicarakan dengan dokter atau ahli diet sebelum menambahkannya ke dalam makanan Anda.

Manfaat Air Kelapa Hijau dan Dagingnya, Bisa Turunkan Gula Darah pada Kasus Diabetes

Membantu menurunkan gula darah

Sejalan dengan itu, dilansir dari Healthline, diketahui air kelapa dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 14 Januari 2024 Terbaru

Air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, dapat meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

Selain itu, diketahui bahwa, bahwa air kelapa mengandung karbohidrat, yang dipecah menjadi gula di dalam tubuh.

Namun, jika Anda hidup menderita diabetes atau pradiabetes, ada baiknya untuk. membicarakan dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkannya ke dalam menu diet Anda.

Tanyakan berapa batasan jumlah yang boleh Anda konsumsi. Selain itu, sebaiknya tidak menambahkan gula atau menggunakan air kelapa kemasan dengan tambahan pemanis.

Penelitian pada hewan percobaan

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan yang menderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian dari tahun 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol lain.

Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Sedangkan dalam penelitian terbaru pada 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes, ditemukan bahwa air kelapa dapat mengurangi glukosa darah.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Manfaat Air Kelapa Hijau dan Dagingnya, Bisa Turunkan Gula Darah pada Kasus Diabetes

Dapat mencegah dehidrasi

Air kelapa memiliki komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan kehilangan cairan akibat diare ringan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 15 Januari 2024 Update Terbaru Valid

Selain itu, dibanding minuman olahraga kelapa jadi opsi yang lebih alami.

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Air kelapa dapat membantu memperbaiki sindrom metabolik, yaitu sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sindrom metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah, trigliserida, dan kadar kolesterol LDL (jahat), serta kolesterol HDL (baik) yang rendah dan kelebihan lemak perut.

Dalam penelitian selama tiga minggu pada tikus dengan sindrom metabolik yang disebabkan oleh diet tinggi fruktosa, meminum air kelapa hijau memperbaiki tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Para peneliti mencatat tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dalam tubuh hewan, dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada pembuluh darah.

Kaya akan antioksidan

Baik daging kelapa hijau maupun airnya kaya akan senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel.

Dalam sebuah penelitian tabung, air kelapa dari salah satu varietas sel kelapa yang paling umum melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hidrogen peroksida.

Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa, seperti seng, tembaga, mangan, dan selenium, juga membantu mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh.

Manfaat Air Kelapa Hijau dan Dagingnya, Bisa Turunkan Gula Darah pada Kasus Diabetes

Semoga bermanfaat 🙂

 

 

Live Streaming