Labuan Bajo yang mempesona, Labuan Bajo yang  berada di Nusa Tenggara Timur.Labuan Bajo adalah nama sebuah pelabuhan kecil yang terletak di Nusa Tenggara (Timur), pintu gerbang menuju obyek wisata terkenal bernama Pulau Komodo dan keajaiban pulau lainnya. Labuan Bajo saat ini sedang disiapkan pemerintah sebagai destinasi super prioritas Indonesia.

Labuan Bajo yang mempesona

billyd1773dz

Labuan Bajo

Labuan Bajo

Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo sebelumnya adalah kelurahan sekaligus ibu kota Kecamatan Komodo dan juga merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sekarang dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo.

Wilayahnya meliputi Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kesambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, Pasar Baru, Pede, dan Gorontalo.

Arti Kata Labuan Bajo

Labuan Bajo berarti tempat berlabuhnya orang Bajo atau dalam bahasa setempat disapa sebagai Mbajo. Desa ini merupakan rumah bagi bermukimnya para pendatang asal Suku Bajo, Sulawesi, yang merantau dan mencari ikan di sekitar perairan Flores.

Gerbang Menuju Pertemuan dengan Hewan Purba

Komodo pertama kali teridentifikasi pada tahun 1910 oleh seorang pilot yang pesawatnya jatuh di sekitar Pulau Komodo di lepas pesisir Labuan Bajo. Kesaksian pilot tersebut akhirnya ditelusuri seorang pegawai administrasi Hindia Belanda dan dicatat dalam sebuah jurnal ilmiah tahun 1912 oleh Pieter Antonie Ouwens, Direktur Museum Zoologi Bogor.

Penemuan itu kemudian mengantarkan Labuan Bajo yang dikenal hari ini sebagai gerbang menuju pertemuan dengan hewan purba itu. Pulau Rinca dan Pulau Komodo adalah destinasi paling populer untuk secara langsung melihat komodo.

Gugusan pulau dengan pantai

Daerah di ujung barat Pulau Flores, NTT terkenal dengan alam yang masih natural, bukan hanya Pulau Komodo. Gugusan pulau dengan pantai cantik nan berair jernih, di sekitaran Labuan Bajo, sangat indah. Pesona pemandangan matahari terbenam atau sunset dengan semburat warna menambah cantik keindahan alam ini.

Labuan bajo memiliki pemandangan yang sangat indah diantaranya adalah:

Pink Beach

Pink Beach

Pink Beach

Pink beach merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna pink sesuai dengan namanya. Pink beach juga cocok untuk melalukan kegiatan snorkeling karna memiliki terumbu karang yang bagus. Banyak yang ikut labuan bajo tour karena ingin melihat pasir pantai pink yang indah.Pink Beach atau Pantai Pink merupakan salah satu dari 7 pantai berpasir berwarna merah yang ada di seluruh dunia

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau di Labuan Bajo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo merupakan tempat hewan komodo hidup, jumlah komodo yang hidup pada saat ini mencapai 2500 ekor. Selain terdapat hewan komodo, yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu eksotisme keindahan alam di sekitar pulau komodo.

Pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya sangat mempesona dengan air laut yang berwarna biru jernih dan masih bersih. Selain pulau komodo terdapat juga taman nasional komodo yang didirikan pada tahun 1980.

Taman tersebut dibuat dengan tujuan melindungi komodo dari kepunahan dan melindungi flora yang hidup di sekitar taman nasional komodo. UNESCO mengakui pulau komodo merupakan situs warisan dunia dan termasuk ke salah satu tujuh keajaiban dunia.

Pulau rinca

Pulau rinca

Pulau rinca

Pulau Rinca merupakan pulau yang penduduknya berinteraksi sangat dekat dengan binatang komodo dan binatang lain seperti kerbau dan burung.Kepulauan yang menjadi habitat asli binatang purba komodo, Keindahan Pulau Rinca tentunya sudah diakui dunia. Bahkan tempat wisata ini berhasil menyandang predikat “New 7 Wonders of Nature”.

Pulau ini adalah bagian dari situs warisan dunia atau lebih dikenal dengan nama UNESCO. Pasalnya, Pulau Rinca termasuk kawasan Taman Nasional Komodo sama halnya seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Gili Motang. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tak hanya Pulau Komodo, ternyata di Pulau Rinca pun Anda bisa melihat kehidupan hewan purba satu ini. Pulau Rinca yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan komodo tentu menjadi habitat asli komodo, dengan populasi jumlah komodo terbanyak kedua setelah Pulau Komodo.

Pulau padar

Pulau padar

Pulau padar

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga yang berada di kawasan taman nasional komodo. Pulau padar lebih dekat jarak nya dengan pulau rinca dibandingkan dengan pulau komodo. Popularitas pulau padar memang bisa dikatakan kalah dari pulau komodo maupun pulau rinca, tapi perlu kalian ketahui kecantikan pulau padar tidak kalah dengan pulau rinca maupun pulau komodo. ulau Padar pun diterima di cap sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Meski termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, akan tetapi di pulau ini tidak terdapat seekorpun komodo karena rantai makanan yang sudah terputus.

Pulau kelor

Pulau kelor

Pulau kelor

Pulau Kelor adalah Pulau yang Sepi tapi menawan dengan pesona alam yang menarik, memiliki pantai berpasir putih serta air laut yang terlihat biru. Pulau kelor merupakan rekomendasi untuk para wisatawan yang suka dengan kegiatan air seperti snorkeling dan diving.

Pulau kanawa

Pulau kanawa

Pulau kanawa

Aktivitas yang paling tepat untuk dilakukan di pulau kanawa adalah snorkeling dan diving. Karena pemandangan dibawah lautnya sangat memikat mata karena sangat indah.

Pulau Kalong

Pulau Kalong

Pulau Kalong

Pulau Kalong merupakan salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Komodo yang terletak diantara Pulau Papagarang dan Pulau Rinca. Sesuai namanya, Pulau Kalong atau pulau kelelawar adalah habitat favorit hewan nocturnal Kelelawar yang ada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dihuni oleh ribuan kelelawar yang hidup diantara pohon bakau disekitar Pulau Kalong.

Pulau Sabolo

Pulau Sabolo

Pulau Sabolo

Pulau Sabolo adalah pulau di Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan yang indah, laut biru dengan gradasi sedemikian rupa yang akan memanjakan mata Anda. ulau Sabolo berjarak satu jam perjalanan laut dari Labuan Bajo dan memiliki perjalanan yang berbukit bukit dan hampir sama dengan wilayah di Taman Nasional Komodo.

Gili lawa

Gili lawa

Gili lawa

Guide labuan bajo tour dan wisatawan selalu mengatakan dan mengakui bahwa gili lawa merupakan tempat trekking terbaik di taman nasional komodo setelah pulau padar. Selain itu, gili lawa menjadi pulau yang indah dengan savananya, kegiatan yang dapat dilakukan adalah melihat sunset dari bukit yang ada di pulau ini, melihat sunset melalui gili lawa akan terasa sangat memuaskan sebab tidak terhalang oleh apapun.

Desa Budaya Wae Rebo

Desa Budaya Wae Rebo

Desa Budaya Wae Rebo

Labuan Bajo terdapat sebuah desa yang bernama Desa Wae Rebo namanya. Berada pada 1.200 meter di atas permukaan laut, desa sejuk ini menawarkan wisata budaya nan unik.

Di desa mungil itu hanya ada tujuh rumah berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Terdiri dari lima lantai, beratap daun lontar ditutupi ijuk. Setiap Mbaru Niang hanya boleh diisi enam hingga delapan keluarga.

Setiap November, Wae Rebo merayakan upacara adat Penti sebagai bentuk syukur akan hasil panen.   Singgah ke Wae Rebo, kita akan disuguhi warga jamuan kopi flores yang mendunia.

Masyarakat Wae Rebo berasal dari Suku Minangkabau, Sumatra Barat. Merantau jauh hingga ke Flores dan menemukan lokasi ini. Mereka kemudian membangunnya sebagai tempat tinggal. Demikian artikel tentang Labuan Bajo yang mempesona, semoga bermanfaat.

Source: labuanbajotour.com, indonesia.go.id

Labuan Bajo yang mempesona

Read previous post:
Cek Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi
Cek Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Close