Kunci Jawaban SOAL PKN Halaman 160 Kelas 11 SMA SMK MA Kurikulum Merdeka, Uji Pemahaman Sengketa Batas Wilayah Indonesia. Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari oleh siswa kelas 11 SMA halaman 160 dalam mata pelajaran PKN kurikulum merdeka.

Berikut ini adalah pembahasan Soal dan Kunci Jawaban PKN kelas 11 SMA halaman 160 Kurikulum Medeka Uji Pemahaman pada Unit 1 Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia. Kunci jawaban PKN kelas 11 SMA halaman 160 Kurikulum Merdeka Uji Pemahaman Bagian 4, Unit 1 Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia.


Kunci Jawaban SOAL PKN Halaman 160 Kelas 11 SMA SMK MA Kurikulum Merdeka, Uji Pemahaman Sengketa Batas Wilayah Indonesia

Artikel dibawah ini akan membahas tentang soal dan Kunci jawaban PKN halaman 160 kelas 11 ini sebagai opsi membantu belajar siswa SMA dalam mengerjakan soal Uji Pemahaman.

a. Bagaimana sejarah munculnya sengketa batas wilayah blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?
Di antara kasus sengketa wilayah yang menyedot perhatian publik adalah blok ambalat, yang terjadi sejak 1969. Tanggal 27 Oktober 1969, Indonesia dan Malaysia menandatangani Perjanjian Tapal Batas Landas Kontinen.
Kemudian pada 7 November 1969, Indonesia meratifikasinya. Namun demikian, pada tahun 1979, secara sepihak Malaysia memasukkan Ambalat ke dalam wilayah negaranya.
Akibat yang ditimbulkan, Malaysia memperoleh protes tidak hanya oleh Indonesia, tetapi juga oleh negara-negara lain, seperti Inggris, Thailand, China, Filipina, Singapura, dan Vietnam.
Kunci Jawaban SOAL PKN Halaman 160 Kelas 11 SMA SMK MA Kurikulum Merdeka, Uji Pemahaman Sengketa Batas Wilayah Indonesia
b. Bagaimana proses penyelesaian sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?
Setelah cukup lama berselisih pendapat, hingga nyaris konflik terbuka, tahun 2009, kedua negara tersebut bersepakat untuk mengakhiri perselisihan, melakukan apa yang lazim disebut de-eskalasi.
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY ), Presiden Indonesia waktu itu, bersama Abdullah Ahmad Badawi, Perdana Menteri Malaysia, berusaha keras mencegah konflik kedua negara.
Pilihan damai dan mengakhiri konflik dalam kasus sengketa blok ambalat ini, bagi pemerintah Indonesia melalui Presiden SBY, memiliki sejumlah pertimbangan.
Pertama, kedekatan kultur atau budaya Indonesia dengan Malaysia yang sudah terjalin ratusan tahun lamanya.
Kedua, terdapat jutaan penduduk Indonesia yang berada di Malaysia. Ketiga, hubungan bilateral kedua negara yang sangat baik sebagai sesama pendiri ASEAN.
Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila
c. Bagaimana argumen yang dibangun oleh Malaysia dalam melakukan klaim terhadap kepemilikan Blok Ambalat?
Klaim Malaysia terhadap kepemilikan blok ambalat berdasarkan hasil Keputusan Mahkamah Internasional (International Court of Justice) No. 102 Tahun 2002, yang memutuskan Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan menjadi hak milik Malaysia.
Atas putusan ini, Malaysia melakukan klaim sepihak sebagai negara kepulauan yang telah memiliki hak legal terhadap pengelolaan kedua pulau tersebut.
d. Bagaimana sikap Indonesia dalam menghadapi sengketa batas wilayah Blok Ambalat dengan Malaysia?
Pada tahun 1980, Indonesai secara tegas menyatakan protes terhadap pelanggaran itu. Klaim Malaysia tersebut oleh Indonesia dinilai merupakan keputusan politik, dan sama sekali tidak mempunyai dasar hukum.
Bagi Indonesia, dan juga oleh negara-negara lain, garis batas yang ditentutakan Malaysia keluar dari ketentuan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), sejauh 200 mil laut.
Kunci Jawaban SOAL PKN Halaman 160 Kelas 11 SMA SMK MA Kurikulum Merdeka, Uji Pemahaman Sengketa Batas Wilayah Indonesia
e. Bagaimana argumen yang dibangun oleh Indonesia dalam melakukan klaim terhadap kepemilikan Blok Ambalat?
Indonesia tetap berpegang teguh pada UNCLOS 1982 yang menyebutkan bahwa landas kontinen dihitung sejauh 200 mil laut dari garis pangkalnya (UNCLOS 1982, Pasal 76 dan 57).
Selain itu, Indonesia telah lebih dulu dikenal sebagai negara kepulauan (archipelagic state) melalui Deklarasi Djuanda 1957, yang kemudian diperjuangan masuk ke dalam forum UNCLOS.

Demikian pembahasan mengenai jawaban soal dari PKN kelas 11 halaman 160. Seperti itulah sedikit pembahasan Semoga dapat dijadikan referensi dan menambah ilmu kita.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Disclaimer: artikel soal dan kunci jawaban ini hanya untuk membantu siswa SMA belajar PKN. Kebenaran kunci jawaban ini tidak mutlak, sehingga tidak menutup kemungkinan ada jawaban lainnya.

Kunci Jawaban SOAL PKN Halaman 160 Kelas 11 SMA SMK MA Kurikulum Merdeka, Uji Pemahaman Sengketa Batas Wilayah Indonesia

Sumber :


Tags : , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming