Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTS Halaman 82, Belajar Mengurutkan Urutan Cerpen Sesuai dengan Unsur. Tugas Bahasa Indonesia halaman 82 ini menampilkan unsur-unsur intrinsik cerpen, adik-adik diharuskan untuk menemukan jawaban yang sesuai pada cerpen seperti unsur orientasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kalian pahami terlebih dahulu mengenai materi penjelasan mengenai materi cerpen dan unsur intrinsiknya.

Artikel ini menampilkan pembahasan beserta penjelasan kunci jawaban dari tugas Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 82 tentang materi cerpen. Adik-adik diminta untuk membaca terlebih dahulu sebelum menentukan unsur intrinsik cerpen yang benar di buku Bahasa Indonesia.


Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTS Halaman 82, Belajar Mengurutkan Urutan Cerpen Sesuai dengan Unsur

Cerpen merupakan sebuah karya sastra yang dikarang oleh seseorang, dimulai dari pembuatan ide atau tema, kemudian menyusun sesuai urutan membuat cerpen. Pada karya tulis ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya karena cerita pendek hanyalah sebatas karangan saja.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 30 November 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

Adik-adik agar semakin maksimal jawaban di artikel ini, jangan patenkan kunci jawaban ini karena semua penjelasan dari soal hanyalah alternatif jawaban saja.

Semoga kunci jawaban ini bermanfaat dalam mengatasi kebingungan adik-adik dalam memahami materi cerpen, struktur atau urutannya. Berikut ini pembahasan mengenai kunci jawaban dari soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 82:

Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTS Halaman 82, Belajar Mengurutkan Urutan Cerpen Sesuai dengan Unsur

Jawaban:

Orientasi:

Pengenalan tokoh Mogu secara umum. Mogu adalah seorang anak yang sebatang kara yang hidup dari berladang dan mencari kayu bakar. Meski ia berusia 7 tahun, ia rajin membaca.

Rangkaian peristiwa:

Pada suatu hari Mogu tersesat di hutan dan bertemu dengan Tule, pohon pengetahuan. Tule menguji Mogu tentang kegunaan ilmu pengetahuan. Mogu lolos dan kemudian Tule mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepadanya hingga Mogu menjadi pemuda yang tampan. Tule meminta Mogu mengembara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan ilmu pengetahuan hingga akhirnya Mogu sampai di Ibu kota. Raja mendengar kepintaran Mogu dan terkesan dengannya.

Baca Juga :  Kode Kupon Game The Spike Volleyball Story 30 November 2022 Terbaru Terupdate

Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTS Halaman 82, Belajar Mengurutkan Urutan Cerpen Sesuai dengan Unsur

Komplikasi:

Namun, pejabat Monda iri pada Mogu. Monda mengajukan pertanyaan kepada Mogu di depan raja. Raja terkagum-kagum dan bertanya kepada Mogu, di mana letak pohon pengetahuan. Mogu pun mengantarkan raja ke Tule dengan satu syarat: tidak memberitahukan siapa pun. Raja ingin belajar pada Tule, tetapi Tule menolaknya karena waktunya hampir habis. Tiba-tiba Monda muncul beserta pasukannya dan meminta Tule mengajarinya juga. Tule menolak dan Monda marah hingga membakar Tule meski telah dihalangi oleh Mogu dan raja.

Resolusi:

Monda dan pengikutnya mendapatkan hukuman dari raja, tetapi mereka disambar petir hingga tewas terbakar. Sebelum meninggal, Tule memberikan buku. Mogu menjadi raja baru bertahun-tahun kemudian.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 30 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

Itulah pembahasan mengenai kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 82. Artikel ini ditulis oleh Donna Evita Hafidi, S.Pd Alumni Institut Agama Islam Negeri Kediri.

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban dan bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 82 ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Kunci Jawaban SOAL Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTS Halaman 82, Belajar Mengurutkan Urutan Cerpen Sesuai dengan Unsur

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming