Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban SMA Kelas 11 Soal Sejarah Indonesia Semester 1 Bab 1A Halaman 23, Antara Kolonialisme & Imperialisme. Tujuan dari artikel kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme ini dibuat yaitu agar bisa dijadikan panduan dalam mengerjakan soal.

Artikel kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme ini bersifat terbuka, sehingga memungkinkan untuk siswa-siswi dan guru mendapatkan jawaban lain.

Baca Yuk :

Berikut ini adalah pembahasan kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme. Pembahasan yang ada pada kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme didapatkan dari berbagai sumber.

Kunci Jawaban SMA Kelas 11 Soal Sejarah Indonesia Semester 1 Bab 1A Halaman 23, Antara Kolonialisme & Imperialisme

Simak penjabaran kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme.

Latih Uji Kompetensi

1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara!

Jawab:

Perubahan ini dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat. Sedangkan keberlanjutan adalah rangkaian peristiwa yang ada. Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang, dan masa mendatang. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain.

Contoh dari prinsip perubahan dan keberlanjutan dari peristiwa kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara adalah adanya perjanjian Saragosa yang membagi wilayah menjadi dua bagian yaitu wilayah utara dan selatan. Wilayah utara menjadi wilayah Spanyol, dan wilayah selatan menjadi wilayah Portugis. Adanya perjanjian Saragosa merupakan keberlanjutan dari Perjanjian Tordesilas yang juga dilakukan oleh Spanyol dan Portugis untuk membagi bumi menjadi dua bagian yaitu barat dan timur.

Kunci Jawaban SMA Kelas 11 Soal Sejarah Indonesia Semester 1 Bab 1A Halaman 23, Antara Kolonialisme & Imperialisme

2. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut!

Jawab:

Kondisi ekonomi Eropa

Setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki, situasi perdagangan Eropa mengalami stagnasi. Karena Turki Utsmani memberlakukan banyak peraturan, pelayaran Eropa menjadi sulit, terutama dalam hal memperoleh rempah-rempah.

Kondisi Politik

Jatuhnya Konstantinopel berdampak sedemikian rupa sehingga mengubah peta kekuatan di kawasan Mediterania dan memperjelas ancaman bagi pemangku kepentingan dan negara Kristen.

3. Pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa?

Jawab:

Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa karena:

– penemuan rute ke India melalui laut oleh Vasco da Gama pada tahun 1498

– penaklukkan kota Malaka, pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara oleh Portugis pada tahun 1511 dan
– penemuan rute ke asal tanaman rempah-rempah di Maluku pada tahun 1512.

4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku Portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi.

Kunci Jawaban SMA Kelas 11 Soal Sejarah Indonesia Semester 1 Bab 1A Halaman 23, Antara Kolonialisme & Imperialisme

Jawab:

Penilaian dan perasaan terhadap perilaku Portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao di setiap daerah yang disinggahi adalah kecewa karena tindakan egois Portugis.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

Bangsa Portugis merupakan bangsa yang pertama kali melakukan penjelajahan samudra dalam rangka melakukan ekspedisi ke dunia timur. Dalam perjalanannya tersebut, Portugis sering memasang padrao di setiap daerah yang disinggahinya.

Padrao adalah prasasti berukuran besar bergambar lambang Kerajaan Portugis. Pembangunan Padrao merupakan hasil dari kerjasama dengan penguasa lokal. Selain itu, Padrao juga menyimbolkan bahwa daerah tersebut merupakan kepemilikan Portugis, sehingga dianggap sebagai simbol kejayaan bangsa Portugis.

Penilaian dan perasaan kita terhadap perilaku Portugis yang memasang Padrao di setiap daerah yang disinggahinya adalah kecewa karena tindakan egois Portugis. Seharusnya, Portugis tidak dapat seenaknya mengklaim suatu wilayah hanya dengan adanya sebuah Padrao. Dengan adanya Padrao, maka kedudukan bangsa Portugis semakin menguat dan hal ini merugikan bangsa Indonesia.

5. Buat suatu telaah kritis, mengapa waktu itu bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing?

Jawab:

Bangsa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa asing karena:

(1) Bangsa Asing mendapat faktor internal => Seperti jatuhnya konstatinopel ke tangan Turki usmani yang menyebabkan bangsa Eropa lainnya mengalami kesulitan untuk berinteraksi jual beli rempah-rempah. Oleh karena itu, masing-masing bangsa Eropa mencari alternatif lain yakni melakukan ekspedisi mencari “Mutiara dari Timur”. Akhirnya, Indonesia ditemukan dan jatuh menjadi jajahan bangsa asing karena rempah-rempah yang dimilikinya dan bangsa asing ada rasa ingin menguasai dan memiliki daerah rempah tersebut.

(2) Bangsa Indonesia belum mempunyai pertahanan yang cukup kuat dari segi Militer dan Non-Militer. Dari segi militer, Indonesia belum mempunyai senjata canggih dan lainnya yang bisa mengalahkan teknologi bangsa asing. Dari segi non-militer, Indonesia belum mempunyai persatuan dan kesatuan yang cukup kuat. Indonesia mudah di adu domba (saat itu mudah melakukan Devide Et Impera oleh bangsa Asing terhadap bangsa Indonesia).

Bangsa Indonesia juga sudah melakukan perlawanan tapi masih bersifat “kedaerahan”, jadi, hanya kekuatan sedaerah saja yang diandalkan dan itu jauh lebih kecil dibandingkan kekuatan bangsa asing yang menjajah.

Beberapa waktu bangsa Indonesia juga terlihat belum terlalu pintar dalam mengetahui “tujuan sebenarnya” bangsa asing datang dan tak diragukan juga kadang bersikap baik dan lembut terhadap bangsa Indonesia. Disana dapat dilihat Bangsa Indonesia masih belum memiliki pendidikan yang memadai terkait hal itu.

Demikian artikel kunci jawaban Sejarah Indonesia Semester 1 SMA Kelas 11 Bab 1A Halaman 23: Antara Kolonialisme dan Imperialisme. semoga memberikan manfaat.

Kunci Jawaban SMA Kelas 11 Soal Sejarah Indonesia Semester 1 Bab 1A Halaman 23, Antara Kolonialisme & Imperialisme

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,