Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Subtema 3 Halaman 132 Keseimbangan Ekosistem. Pada Tema 5 ini siswa kelas 5 akan belajar Subtema 3 yang berjudul Keseimbangan Ekosistem. Materi yang dijabarkan menjelaskan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 5 tentang Ekosistem.

Ulasan materi soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Subtema 3 Halaman 132 Keseimbangan Ekosistem

Ayo Berkreasi (Halaman 132)

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan informasi penting pada setiap paragraf.

Paragraf 1

Pikiran utama yaitu Keseimbangan lingkungan dapat terwujud apabila terjadi keselarasan dan

keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik.

Informasi penting yaitu dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami yang menyebabkan perubahan keseimbangan lingkungan adalah peristiwa alam. Faktor lain penyebab perubahan keseimbangan ekosistem adalah faktor manusia yang melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :  Hukum Sholat Tahajud Usai Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan 2024, Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Paragraf 2

Pikiran utama yaitu Penebangan pohon-pohon di hutan jelas akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen.

Informasi penting yaitu pembakaran hutan berakibat terbunuhnya berbagai jenisorganisme hutan yang mempunyai peran untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem.

Baca Juga: Perjuangan Raja Purnawarman dan Sikap Kepahlawanan yang Dimilikinya, Ini Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Paragraf 3

Pikiran utama yaitu berbagai jenis kegiatan manusia dapat menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem.

Informasi penting yaitu kegiatan yang akan menimbulkan pencemaran lingkungan berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya.

Lalu, buatlah kesimpulan bacaan pada tempat yang tersedia.

Kesimpulanku

Keseimbangan lingkungan dapat terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Penebangan pohon-pohon di hutan jelas akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Berbagai jenis kegiatan manusia dapat menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem

Baca Juga :  Cek Jam Masuk ASN di Ramadhan 2024, Link Download PDF Jam Kerja PNS Sesuai Perpres No 21 Tahun 2023

Baca Juga: Adik Alvin Faiz, Ameer Azzikra Meninggal Akibat Infeksi Liver: Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?

Dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia.

2. Mengapa manusia mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem?

Karena manusia yang melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Apa saja kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem? Penebangan pohon-pohon di hutan, pembakaran hutan, perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan hewan langka dan dilindungi. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa kegiatan lainnya yang mencemari lingkungan.

Ayo Berlatih (Halaman 137)

1. Sebutkan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.

Dua jenis faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia

2. Sebutkan beberapa kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Penebangan pohon-pohon di hutan, pembakaran hutan, perburuan hewan hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan hewan langka dan dilindungi. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, kegiatan pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa kegiatan lainnya yang mencemari lingkungan.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Subtema 3 Halaman 132 Keseimbangan Ekosistem

*) Disclaimer : Pembahasan soal dan jawaban dalam artikel ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar.

**) Jawaban tidak bersifat mutlak, untuk pertanyaan terbuka siswa dan orang tua dapat mengembangkan jawaban yang lebih baik.