Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara. Kunci jawaban ini bisa digunakan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak. Artinya, siswa bisa mempunyai jawaban berbeda dengan yang ada di kunci jawaban ini.

Berikut kunci jawaban tema 5 Kelas 5 SD halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 tentang Keseimbangan Ekosistem. Namun itu yang perlu dipahami adalah beberapa soal adalah pertanyaan terbuka.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 SD / MI Subtema 3 pembelajaran 4 halaman 126 dan 127 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Halaman 126

Jawaban:

Sektor Ekonomi

Dahulu Kala:

-Jaman dahulu pasar perdagangan lebih sempit.
-Jaman dahulu pembeli dan penjual harus bertemu di pasar saat melakukan transaksi perdagangan.
-Jaman dahulu pendistribusian barang berjalan dengan lambat.
Saat Ini:

-Saat ini target pemasaran perdagangan lebih luas karena dukungan teknologi komunikasi
-Saat ini penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk bertransaksi
-Saat ini distribusi barang lebih cepat berkat dukungan transportasi

Sistem Komunikasi

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara

Dahulu Kala:

– Jaman dulu, komunikasi harus dilakukan dengan tatap muka.
– Persebaran informasi berlangsung dari mulut ke mulut

Saat Ini:

-Saat ini komunikasi dapat dilakukan dari jarak jauh dengan telepon.
-Saat ini informasi disebarkan melalui berbagai media.

Sistem transportasi

Dahulu Kala:

– Jaman dulu alat transportasi masih mengandalkan tenaga hewan atau manusia.
– Jaman dulu kecepatan transportasi masih lambat.
– Jaman dulu alat transportasi hanya mengangkut sedikit penumpang.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara

Saat Ini:

– Dibangunnya terminal-terminal pelabuhan, salah satunya Terminal Teluk Lamong yang merupakan terminal semi otomatis dan ramah lingkungan.
– Alat-alat, baik di sektor maritim dan agraris, banyak menggunakan listrik dan bersifat otomatis.

Lani : “Negara kita memang hebat, ya, Din! Semua yang diperlukan oleh warga negaranya ada!”

Udin : ”Aku setuju denganmu, Lan! Negara kita punya segalanya. Maka, tidak heran sedari dulu banyak bangsa ingin memanfaatkan dan mengambil kekayaan bangsa kita, ya?”

Lani : ”Betul, Din! Beruntung sekali para pemimpin bangsa kita menyadari hal itu. Mereka bersepakat untuk melindungi bangsa kita dari segala macam perpecahan. Mereka meyakinkan seluruh warga negara bahwa semua kekayaan alam dan kegiatan ekonomi di Indonesia ini harus memberikan manfaat kepada seluruh warga negara!”

Udin : ”Wah, hebat sekali kamu! Dari mana kamu tahu itu semua, Lan?”

Lani : ”Baca, dong! Nih, ada artikelnya!”

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara

Halaman 127

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama artikel berikut ini. Lalu, lakukanlah beberapa kegiatan bersama dengan teman sekelompokmu.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. Oleh karenanya, Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) mengenalkan konsep cara pandang nasional yang dikenal dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan Nusantara ini dapat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara ini mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional. Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Dalam kesatuan ekonomi, Wawasan Nusantara mencakup hal-hal berikut.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Pembelajaran 4 Wawasan Nusantara

1. Semua kekayaan yang terdapat di wilayah Nusantara merupakan modal dan milik bersama bangsa. Kebutuhan untuk keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.

2. Tingkat perkembangan ekonomi haruslah seimbang untuk seluruh wilayah di Indonesia, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh setiap daerah dalam upaya pengembangan kehidupan ekonominya.

Sumber :

 

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,